yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop UKM Sampai 31 Desember 2017 Salurkan KUR Rp 96,7 Triliun

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan realisasi penyaluran Kredit Usaha rakyat (KUR) sampai 31 Desember 2017 sebesar Rp 96,7 triliun (87,9%) dari pagu kredit sebesar Rp110 triliun. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tol Belmera Tersambung Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi April 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Konstruksi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 (Tanjung Morawa-Parbarakan) sepanjang 10,75 km ditargetkan selesai April 2018. Dengan selesainya seksi tersebut maka Tol MKTT akan tersambung dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang 34 km yang dikelola oleh PT. Jasa Marga.  

Read more...

Kemenko PMK: Pemuda Jadi Harapan Untuk Cegah dan Tangani Konflik

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Masmun Yan Mangesa mengatakan untuk menjawab berbagai ancaman konflik sosial, bersatunya masyarakat khususnya kaum muda menjadi modal utama dalam rangka membangun social resiliance (ketahanan sosial).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Masmun Yan Mangesa mengatakan untuk menjawab berbagai ancaman konflik sosial, bersatunya masyarakat khususnya kaum muda menjadi modal utama dalam rangka membangun social resiliance (ketahanan sosial).

 

“Pemuda menjadi harapan bangsa yang paling penting. Mereka memiliki potensi strategis jika dikelola dengan baik dalam upaya pencegahan dan penanganan konflik sosial,” ucap Yan Manggesa di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Senin (13/11/2017).

Menurut Yan Manggesa, pemuda saat ini seringkali terlibat dalam konflik sosial. Hal tersebut karena dipicu oleh perkelahian atau perselisihan antar pemuda yang kemudian menyulut konflik kekerasan yang luas, seperti di Ambon, Poso, Kalimantan Barat dan beberapa daerah lainnya.  

“Konflik kekerasan yang terjadi di Indonesia selalu menempatkan kaum muda menjadi bagian terbesar dari pelaku atau aktor konflik kekerasan. Dengan memberikan ruang partisipasi yang besar kepada kaum muda maka mereka bisa menjadi peace maker bukan conflict maker,” kata Yan Manggesa.

Purnawirawan Jenderal bintang dua TNI AU itu menambahkan, mendorong pemuda  sebagai subyek penggerak dalam penanganan konflik sosial merupakan cara paling efektif untuk memberikan pengakuan dalam komunitasnya. “Memberikan apresiasi terhadap semangat kesukarelaan kaum muda bisa dilakukan dengan dukungan anggaran untuk menjaga ritme semangat mereka,” katanya.

Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya Kementerian Sosial yang dalam hal ini mempunyai program Pemuda Pelopor Perdamaian (PPP). Dalam program tersebut, para relawan direkrut dari berbagai latar belakang yang berbeda seperti dari Karang Taruna, Pecinta Alam, Organisasi Masyarakat, Organisasi Politik, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, Relawan dan lain-lain, di daerah-daerah dengan tingkat kerawanan konflik yang cukup tinggi.

“Dengan latar belakang yang majemuk seperti itu, upaya transformasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa dapat dimainkan sedemikian terbuka,” tuturnya.

Di lain sisi, upaya penanganan konflik sosial juga telah diwujudkan dalam Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang tentang Gerakan nasional Revolusi Mental (GNRM). Salah satu dukungan program GNRM yakni Indonesia Bersatu. “Dalam gerakan tersebut terdapat peningkatan kebijakan yang mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dan peningkatan perilaku yang mendukung kesadaran nasionalisme, patriotisme, dan kesetiakawanan sosial.”

Terakhir, Yan Manggesa melihat semangat Hari Pahlawan 10 November harus tetap dijaga. Caranya dengan menempatkan kaum muda sebagai inti dalam penanganan konflik sosial di Indonesia.

“Kaum muda adalah kaum yang sedang dalam masa pembentukan kepribadian dan pencarian jati diri. Tenaga dan energi kaum muda yang besar akan sangat positif dan konstruktif jika diarahkan pada tindakan-tindakan yang bisa membantu mereka untuk mencapai pengakuan jati diri dari komunitasnya,” tuturnya lagi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Resmikan Embung di NTT

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Infrastruktur menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa dan pemerataan hasil pembangunan.

Pulau Rote sebagai pulau paling selatan Indonesia dikenal sebagai daerah rawan air. Kementerian PUPR telah melakukan program penyediaan dan pengelolaan air tanah dan air baku melalui pembuatan sumur bor dan embung.

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1). 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...