yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Kemenko PMK: Pemuda Jadi Harapan Untuk Cegah dan Tangani Konflik

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Masmun Yan Mangesa mengatakan untuk menjawab berbagai ancaman konflik sosial, bersatunya masyarakat khususnya kaum muda menjadi modal utama dalam rangka membangun social resiliance (ketahanan sosial).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Masmun Yan Mangesa mengatakan untuk menjawab berbagai ancaman konflik sosial, bersatunya masyarakat khususnya kaum muda menjadi modal utama dalam rangka membangun social resiliance (ketahanan sosial).

 

“Pemuda menjadi harapan bangsa yang paling penting. Mereka memiliki potensi strategis jika dikelola dengan baik dalam upaya pencegahan dan penanganan konflik sosial,” ucap Yan Manggesa di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Senin (13/11/2017).

Menurut Yan Manggesa, pemuda saat ini seringkali terlibat dalam konflik sosial. Hal tersebut karena dipicu oleh perkelahian atau perselisihan antar pemuda yang kemudian menyulut konflik kekerasan yang luas, seperti di Ambon, Poso, Kalimantan Barat dan beberapa daerah lainnya.  

“Konflik kekerasan yang terjadi di Indonesia selalu menempatkan kaum muda menjadi bagian terbesar dari pelaku atau aktor konflik kekerasan. Dengan memberikan ruang partisipasi yang besar kepada kaum muda maka mereka bisa menjadi peace maker bukan conflict maker,” kata Yan Manggesa.

Purnawirawan Jenderal bintang dua TNI AU itu menambahkan, mendorong pemuda  sebagai subyek penggerak dalam penanganan konflik sosial merupakan cara paling efektif untuk memberikan pengakuan dalam komunitasnya. “Memberikan apresiasi terhadap semangat kesukarelaan kaum muda bisa dilakukan dengan dukungan anggaran untuk menjaga ritme semangat mereka,” katanya.

Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya Kementerian Sosial yang dalam hal ini mempunyai program Pemuda Pelopor Perdamaian (PPP). Dalam program tersebut, para relawan direkrut dari berbagai latar belakang yang berbeda seperti dari Karang Taruna, Pecinta Alam, Organisasi Masyarakat, Organisasi Politik, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, Relawan dan lain-lain, di daerah-daerah dengan tingkat kerawanan konflik yang cukup tinggi.

“Dengan latar belakang yang majemuk seperti itu, upaya transformasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa dapat dimainkan sedemikian terbuka,” tuturnya.

Di lain sisi, upaya penanganan konflik sosial juga telah diwujudkan dalam Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang tentang Gerakan nasional Revolusi Mental (GNRM). Salah satu dukungan program GNRM yakni Indonesia Bersatu. “Dalam gerakan tersebut terdapat peningkatan kebijakan yang mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dan peningkatan perilaku yang mendukung kesadaran nasionalisme, patriotisme, dan kesetiakawanan sosial.”

Terakhir, Yan Manggesa melihat semangat Hari Pahlawan 10 November harus tetap dijaga. Caranya dengan menempatkan kaum muda sebagai inti dalam penanganan konflik sosial di Indonesia.

“Kaum muda adalah kaum yang sedang dalam masa pembentukan kepribadian dan pencarian jati diri. Tenaga dan energi kaum muda yang besar akan sangat positif dan konstruktif jika diarahkan pada tindakan-tindakan yang bisa membantu mereka untuk mencapai pengakuan jati diri dari komunitasnya,” tuturnya lagi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...