yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Zumrotin: Bila Pemerintahan Jokowi-JK Tidak Pandai Menyikapi, Bonus Demografi Bisa Jadi Bencana Demografi

Anggota Majelis Wali Amanah Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia Zumrotin K. Susilo mengatakan apabila pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla tidak pandai-pandai menyikapi masalah kependudukan, bonus demografi bisa menjadi bencana demografi.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Anggota Majelis Wali Amanah Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia Zumrotin K. Susilo mengatakan apabila pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla tidak pandai-pandai menyikapi masalah kependudukan, bonus demografi bisa menjadi bencana demografi.

 

“Pemerintah harus mulai sekarang menyikapi masalah kependudukan ini, dengan meningkatkan angka literasi masyarakat sehingga angka perkiraan kasar (APK) penduduk yang mendapat pendidikan bisa meningkat,” kata Anggota Majelis Wali Amanah Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia Zumrotin K. Susilo dalam diskusi yang bertajuk “Peningkatan Produktivitas yang Inklusif untuk Mengentaskan Kemiskinan” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Tampil sebagai narasumber lainnya dalam diskusi tersebut Enny Sri Hartati (Direktur Indef, pakar Ekonomi) dan Lukas Adhyakso (Deputi Direktur Eksekutif MCA Indonesia).

Menurut Zumrotin, sesuai dengan Nawacita Jokowi-JK yang kelima, yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat, pengentasan kemiskinan adalah prioritas penting untuk pemerintah Indonesia.

“Data BPS mencatat bahwa penduduk miskin per Maret 2017 mencapai 10,64% atau setara dengan 27,8 juta orang,” katanya.

Menurut dia, dalam jangka panjang Indonesia menargetkan kemiskinan dapat tuntas terhapus pada 2045.

“Untuk mencapainya, ada target berjenjang yaitu 10,4% tahun ini, di bawah 10% tahun depan, 7-8% pada 2019 (tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015- 2019) dan 5% pada 2025,” ujarnya.

Direktur Indef Enny Sri Hartati mengatakan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan erat.

“Para ekonom memprediksi setiap persen pertumbuhan ekonomi nasional akan menyerap tenaga kerja sebanyak 250 ribu-300 ribu, sehingga makin banyak rakyat dapat mengentaskan diri dari kemiskinan,” katanya.

Menurut Deputi Direktur Eksekutif MCA Indonesia Lukas Adhyakso, untuk mencapai target- target tersebut pemerintah Indonesia perlu bekerja dengan banyak pihak, mulai dari masyarakat, pihak swasta, pemerintah daerah hingga pemerintah negara lain dan lembaga pembangunan internasional.

“Termasuk di antaranya ialah Hibah Compact dari Millenium Challenge Corporation (MCC), salah satu pilar utama Kemitraan komprehensif AS- Indonesia,” kata Lukas.

Menurut dia, Program Compact ini bertujuan mengurangi kemiskinan melalui amanat Millenium Challenge Account – Indonesia pada periode 2013-2018.

“Pemerintah Indonesia menyambut baik Hibah Compact karena adanya kesamaan misi antara pemerintah dan MCC untuk menanggulangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” ujarnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...