yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Kemenkop dan UKM Bersama Tiga Koperasi Serahkan Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Ibu Bintang Puspayoga mengunjungi pengungsi Gunung Agung di posko Balai Banjar Desa Tegak, Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu (14/10). Kedatangan Menkop dan UKM dan rombongan disambut antusias para pengungsi, pengurus adat dan pecalang. Balai Banjar Desa Tegak menampung  614 pengungsi dari berbagai desa di Klungkung.KLUNGKUNG, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Ibu Bintang Puspayoga mengunjungi pengungsi Gunung Agung di posko Balai Banjar Desa Tegak, Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu (14/10). Kedatangan Menkop dan UKM dan rombongan disambut antusias para pengungsi, pengurus adat dan pecalang. Balai Banjar Desa Tegak menampung  614 pengungsi dari berbagai desa di Klungkung.

 

 

 

Kehadiran Menteri turut didampingi Ketua Kospin Jasa Andi Djunaid, Ketua Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) Edi Kartika dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. 

 

 

Dalam kunjungan tersebut diserahkan sejumlah bantuan kepada pengungsi  terutama anak-anak dan pengurus adat. 

 

 

Secara khusus Menteri Puspayoga memberikan bantuan berupa voucher kepada para pengurus adat dan pecalang. Bantuan tersebut berasal dari sumbangan pembaca Balipost dan pemirsa Bali TV.

 

 

Sementara itu, Kemenkop dan UKM memberikan bantuan berupa 500 paket buku anak-anak yang diserahkan Bintang Puspayoga. 

 

 

"Bantuan ini diharapkan akan tetap menjaga semangat anak-anak untuk belajar meski berada dipengungsian" kata Bintang Puspayoga. 

 

 

Dia mengemukakan paket bantuan itu juga berisi buku bacaan anak-anak tentang 4 pilar kebangsaan, kotak pensil dan buku tulis. 

 

 

Selain itu, ada juga bantuan dari Kospin Jasa, KWSG dan Kodanua berupa 900 galon air dan 200 tabung gas. 

 

 

Ketua Kospin Jasa Andi Djunaid mengatakan pihaknya tergerak memberi bantuan sebagai bentuk kebersamaan karena koperasi adalah lembaga ekonomi rakyat. Mengingat juga, Kospin Jasa juga memiliki kantor cabang di Bali.

 

 

"Koperasi menunjukkan kepedulian dan sebagai bentuk empati kepada pengungsi," kata Andi. 

 

 

Ketua KWSG Edi Kartika juga mengatakan bantuan mereka karena ingin berbagi kepada masyarakat yang menghadapi situasi sulit. 

 

 

Jero Bendesa Besakih Jero Mangku Widiarta mengatakan sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Dia juga  menyebutkan kunjungan ini merupakan bentuk perhatian luar biasa kepada pengungsi Gunung Agung. (Agus)

 

 

 

Caption 

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Ibu Bintang Puspayoga mengunjungi pengungsi Gunung Agung di posko Balai Banjar Desa Tegak, Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu (14/10).

Kehadiran Menteri turut didampingi Ketua Kospin Jasa Andi Djunaid, Ketua Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) Edi Kartika dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...