yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Pola Kemitraan di Agribisnis Jagung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi Menteri Koperasi dan UKM Bidang Restrukturisasi Usaha Abdul Kadir Damanik mengatakan, dalam model atau sistem kemitraan agribisnis jagung yang akan dikembangkan, harus mempertimbangkan berbagai keunggulan dan kelemahan para pelaku yang terlibat.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

ALGIERS, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong kontraktor dan konsultan Indonesia, meningkatkan kompetensi dan kualitasnya sehingga memiliki daya saing dalam kompetisi global.

Read more...

Prof Supancana: Pengaturan Ruang Udara Indonesia Sangat Penting

Prof IB Rahmadi Supancana mengatakan pengaturan ruang udara di Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan rentan bencana, sangat penting.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Prof IB Rahmadi Supancana mengatakan pengaturan ruang udara di Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan rentan bencana, sangat penting.

 

"Buku ini saya dedikasikan kepada alm Prof Dr. H Priyatna Abdurrasyid, SH, PhD yang merupakan Bapak dan Pelopor Hukum Angkasa Indonesia yang memberikan gambaran secara sistematis tentang visi, misi, kebijakan, program dan pengaturan kegiatan keantariksaan," kata  Prof IB Rahmadi Supancana ketika meluncurkan buku "Undang-Undang Keantariksaan: Visi, Formulasi dan Tantangan ImplementasI" di Kampus Unika Atma Jaya, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam peluncuran buku tersebut juga diselenggarakan diskusi dengan topik "Mengawal Visi Keantariksaan Indonesia". Sebagai pembicara dalam diskusi tersebut selain Prof IB Rahmadi Supancana, adalah Prof Dr Zhao Yun (pakar Hukum Antariksa Internasional dan Head of Law Department dari Hongkong University) serta Ir Agus Hidayat, MSi (Kepala Pusat KajIan Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN).

Menurut Prof Supancana, suatu negara mungkin tidak mempunyai akses ke laut, tapi tidak ada satu negara pun yang tidak mempunyai ruang udara.

"Wilayah suatu negara tidak hanya dibatasi oleh tanah dan air, tapi juga dibatasi ruang udara yang merupakan tiga dimensi," tambahnya.

"Begitu pentingnya ruang udara dan antariksa, namun belum dianggap sebagai suatu kepentingan nasional," ujarnya.

Alasan lain mengapa Prof Supancana meluncurkan buku itu adalah karena sejak 1983 sampai 2013, yaitu selama 30 tahun dia  mengikuti proses studi awal dari UU Kedirgantaraan menjadi UU No 21/2013 tentang   Keantariksaan, kemudian ratifikasi perjanjian-perjanjian terkait, sampai penulisan naskah akademik, penyusunan rancangan UU.

"Sampai kemudian pembahasan di DPR, Saya ikut mengawal dari keseluruhan proses ini," katanya.

Menurut dia, buku itu merupakan pengarsipan dari catatan, ingatan, dinamika dan proses dari penyusunan Undang-undang Keantariksaan untuk mengawal visi keantariksaan bangsa Indonesia.

"Setelah Sputnik diluncurkan 4 Oktober 1957, pada tahun 1958 Amerika Serikat mendirikan NASA, tahun 1963 Indonesia sudah membuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)," katanya.

"Ketika itu, Indonesia sudah meluncurkan roket Kartika," tambahnya.

Menurut Supancana, ketika itu Indonesia sudah mempunyai Dewan Penerbangan  dan Antariksa RI (DEPANRI).

Dia menyayangkan DEPANRI yang didirikan pada era Presiden Soekarno, telah dibubarkan pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terlepas dari pertimbangan efisiensi yang menjadi dasar pertimbangan, pembubaran tersebut merupakan suatu kemunduran bagi kemajuan keantariksaan Indonesia," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Integrasi Transaksi Tol JORR Berlaku Efektif 29 September 2018 Pukul 00.00 WIB

Pemerintah terus mendorong terwujudnya sistem transportasi nasional yang efektif dan efisien untuk memperlancar mobilitas manusia, barang dan jasa. Di sektor jalan tol, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol dan mendukung sistem logistik nasional, Pemerintah menerapkan kebijakan integrasi transaksi tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau _multi lane free flow_ (MLFF) yang akan diberlakukan pada tahun 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah terus mendorong terwujudnya sistem transportasi nasional yang efektif dan efisien untuk memperlancar mobilitas manusia, barang dan jasa. Di sektor jalan tol, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol dan mendukung sistem logistik nasional, Pemerintah menerapkan kebijakan integrasi transaksi tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau _multi lane free flow_ (MLFF) yang akan diberlakukan pada tahun 2019.

Read more...