yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Satgas Daerah Diminta Perketat Pengawasan Terhadap Koperasi

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Satuan Tugas (Satgas) pengawasan koperasi memperkuat tugas dan fungsinya di daerah. Penguatan pengawasan sangat penting agar koperasi di daerah tumbuh sehat dan berkualitas.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dirjen Bina Marga Arie S. Moerwanto Terima IHE Delft Alumni Award Pertama dari Asia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menerima penghargaan dari IHE Delft, sebuah universitas terkemuka di Belanda tempatnya menyelesaikan pendidikan S2 yakni penghargaan IHE Delft Alumni Award 2017. Penghargaan tersebut diberikan kepada alumnus yang berprestasi dalam karier dan menjadi teladan di bidang sumber daya air.

Read more...

Prof Supancana: Pengaturan Ruang Udara Indonesia Sangat Penting

Prof IB Rahmadi Supancana mengatakan pengaturan ruang udara di Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan rentan bencana, sangat penting.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Prof IB Rahmadi Supancana mengatakan pengaturan ruang udara di Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di khatulistiwa dan rentan bencana, sangat penting.

 

"Buku ini saya dedikasikan kepada alm Prof Dr. H Priyatna Abdurrasyid, SH, PhD yang merupakan Bapak dan Pelopor Hukum Angkasa Indonesia yang memberikan gambaran secara sistematis tentang visi, misi, kebijakan, program dan pengaturan kegiatan keantariksaan," kata  Prof IB Rahmadi Supancana ketika meluncurkan buku "Undang-Undang Keantariksaan: Visi, Formulasi dan Tantangan ImplementasI" di Kampus Unika Atma Jaya, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam peluncuran buku tersebut juga diselenggarakan diskusi dengan topik "Mengawal Visi Keantariksaan Indonesia". Sebagai pembicara dalam diskusi tersebut selain Prof IB Rahmadi Supancana, adalah Prof Dr Zhao Yun (pakar Hukum Antariksa Internasional dan Head of Law Department dari Hongkong University) serta Ir Agus Hidayat, MSi (Kepala Pusat KajIan Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN).

Menurut Prof Supancana, suatu negara mungkin tidak mempunyai akses ke laut, tapi tidak ada satu negara pun yang tidak mempunyai ruang udara.

"Wilayah suatu negara tidak hanya dibatasi oleh tanah dan air, tapi juga dibatasi ruang udara yang merupakan tiga dimensi," tambahnya.

"Begitu pentingnya ruang udara dan antariksa, namun belum dianggap sebagai suatu kepentingan nasional," ujarnya.

Alasan lain mengapa Prof Supancana meluncurkan buku itu adalah karena sejak 1983 sampai 2013, yaitu selama 30 tahun dia  mengikuti proses studi awal dari UU Kedirgantaraan menjadi UU No 21/2013 tentang   Keantariksaan, kemudian ratifikasi perjanjian-perjanjian terkait, sampai penulisan naskah akademik, penyusunan rancangan UU.

"Sampai kemudian pembahasan di DPR, Saya ikut mengawal dari keseluruhan proses ini," katanya.

Menurut dia, buku itu merupakan pengarsipan dari catatan, ingatan, dinamika dan proses dari penyusunan Undang-undang Keantariksaan untuk mengawal visi keantariksaan bangsa Indonesia.

"Setelah Sputnik diluncurkan 4 Oktober 1957, pada tahun 1958 Amerika Serikat mendirikan NASA, tahun 1963 Indonesia sudah membuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)," katanya.

"Ketika itu, Indonesia sudah meluncurkan roket Kartika," tambahnya.

Menurut Supancana, ketika itu Indonesia sudah mempunyai Dewan Penerbangan  dan Antariksa RI (DEPANRI).

Dia menyayangkan DEPANRI yang didirikan pada era Presiden Soekarno, telah dibubarkan pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terlepas dari pertimbangan efisiensi yang menjadi dasar pertimbangan, pembubaran tersebut merupakan suatu kemunduran bagi kemajuan keantariksaan Indonesia," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

BUJT & Perbankan Sediakan Program Khusus Kartu Perdana Uang Elektronik Nol Rupiah

Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. 

Read more...