yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Satgas Daerah Diminta Perketat Pengawasan Terhadap Koperasi

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Satuan Tugas (Satgas) pengawasan koperasi memperkuat tugas dan fungsinya di daerah. Penguatan pengawasan sangat penting agar koperasi di daerah tumbuh sehat dan berkualitas.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dirjen Bina Marga Arie S. Moerwanto Terima IHE Delft Alumni Award Pertama dari Asia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menerima penghargaan dari IHE Delft, sebuah universitas terkemuka di Belanda tempatnya menyelesaikan pendidikan S2 yakni penghargaan IHE Delft Alumni Award 2017. Penghargaan tersebut diberikan kepada alumnus yang berprestasi dalam karier dan menjadi teladan di bidang sumber daya air.

Read more...

Big Applause Jawara UNPSA untuk Denpasar

Usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa dan Chairman of the State Agency of Public Service and Social Innovations under the President of the Republic of Azerbaijan (ASAN Xidmat) Inam Karimov mengunjungi pelayanan publik di Kota Denpasar, Selasa (25/07).DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa dan Chairman of the State Agency of Public Service and Social Innovations under the President of the Republic of Azerbaijan (ASAN Xidmat) Inam Karimov mengunjungi pelayanan publik di Kota Denpasar, Selasa (25/07).

 

Diah mengajak delegasi Azerbaijan untuk melihat seluruh pelayanan yang ada di Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar Bali. Inam Karimov merasa terkesan dengan gedung ini. "Big applause for Denpasar," ujarnya sambil tersenyum.

Graha Sewaka Dharma ini menyediakan pelayanan one stop service dari Kota Denpasar, antara lain pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pelayanan Perizinan Satu Pintu dan Penanaman Modal, Dinas Kominfo, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Masyarakat tidak perlu datang ke berbagai tempat untuk mengurus pelayanan yang diberikan oleh sejumlah OPD di Kota Denpasar. Cukup datang ke satu tempat, Graha Sewaka Dharma sudah selesai. Inam Karimov menilai, Walikota Denpasar sudah bekerja dengan baik untuk membuat pelayanan yang tidak merepotkan masyarakat.

Tidak berhenti di situ. Delegasi Azerbaijan juga diajak berkunjung ke Denpasar Cyber Monitor (Damayana), ruang tempat untuk memantau semua kegiatan yang berhubungan dengan Kota Denpasar dengan menggunakan sistem Teknologi Informasi (TI).

Inam mengatakan bahwa Denpasar dan Azerbaijan memiliki kesamaan, yakni menyajikan pelayanan publik dalam satu tempat. "Kita memiliki keunggulan yang sama. Saya sangat senang dapat bekerja sama. Saya undang Ibu Diah Natalisa dan Walikota Denpasar untuk datang ke Azerbaijan," ujarnya menambahkan.

Inam Karimov merupakan kepala institusi yang terkenal sebagai pusat pelayanan publik dan menjadi contoh internasional, yakni ASAN Xidmat. Lembaga ini merupakan pelayanan terpadu, bukan hanya untuk pelayanan pemerintahan, tetapi juga untuk pelayanan swasta atau bisnis. Dengan berbagai inovasi yang telah dilakukannya, ASAN Xidmat mendapat penghargaan United Nations Public Service Awards (UNPSA) di bidang pelayanan publik oleh PBB pada tahun 2015.

Diah Natalisa pun bangga, lantaran pelayanan publik di Indonesia mendapatkan apresiasi dari negara yang memiliki pelayanan publik lebih baik dari Indonesia. Ia pun menyambut baik dan akan terus memacu Denpasar untuk meningkatkan lagi pelayanan.

"Sudah baik tapi jangan berpuas diri. Kita akan ambil hal-hal lain di Azerbaijan yang dapat diterapkan di sini," jelasnya.

Diah juga mendorong seluruh daerah untuk mengikuti jejak Kota Denpasar. "Daerah yang lain jangan kalah," imbuhnya.

Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sangat terpacu untuk terus meningkatkan pelayanan. Dirinya akan menggali dan berbagi pengetahuan dengan Azerbaijan agar pelayanan di Kota Denpasar dapat lebih baik lagi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

BUJT & Perbankan Sediakan Program Khusus Kartu Perdana Uang Elektronik Nol Rupiah

Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. 

Read more...