yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Bersama IBM Sasar Perempuan dan Disabilitas

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan IBM menggelar pemasyarakatan dan pelatihan kewirausahaan bagi para perempuan dan penyandang disabilitas. Pelatihan bagi perempuan dan penyandang disabilitas penting karena merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Kuningan Mampu Menampung 25 juta m3, Sumber Irigasi dan Air Baku Baru di Pantura Jawa

CIREBON, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Cirebon untuk mengecek perkembangan proyek strategis bidang sumber daya air yang tengah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jumat (20/10/2017).

Read more...

Gunung Marapi Meletus, Radius 3 Km Tidak Boleh Ada Aktivitas

Gunung Marapi (2.891 m dpal) yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat meletus sebanyak dua kali pada Minggu (4/6/2017). BUKITTINGGI, JURNAL IBUKOTA. COM:  Gunung Marapi (2.891 m dpal) yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat meletus sebanyak dua kali pada Minggu (4/6/2017).

 

Berdasarkan laporan PVMBG yang disampaikan kepada Posko BNPB disebutkan, letusan pertama terjadi pukul 10:01 WIB, kolom abu tebal dengan tekanan sedang mengepul mencapai ketinggian 300 meter. Letusan kedua pada pukul 10:22 WIB mencapai ketinggian 700 meter dari puncak. Tidak terdengar suara gemuruh dan dentuman dari Pos Marapi di Kota Bukittinggi yang berjarak 14 km di barat laut puncak.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi DAN Humas BNPB, erupsi ini termasuk tipe vulkanian kecil berupa lontaran bom vulkanik yang menyebar sekitar kawah, juga disertai kepulan abu hitam tebal yang menyebar sesuai arah angin. Erupsi ini merupakan ciri khas G. Marapi yang jarang disertai awan panas dan letusan berlangsung dalam waktu singkat.

Hujan abu tipis terjadi di Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Letusan yang terjadi adalah wajar karena status Waspada. Tidak ada peningkatan status gunungapi. Statusnya Waspada (level II) sejak 3/8/2011 hingga sekarang. PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak. 

Hingga saat ini tidak ada pengungsian. Permukiman masyarakat berada di luar dari radius 3 km sehingga kondisinya aman yang tidak perlu mengungsi. Kondisi Gunung Marapi tetap tenang pasca letusan tadi. Tidak terlihat adanya kenaikan aktivitas vulkanik. BPBD Kabupaten Solok dan BPBD Tanah Datar terus berkoordinasi dengan aparat setempat sekaligus mengambil upaya antisipasi.

BPBD melakukan pemantauan dampak letusan khususnya sebaran abu vulkanik. Bagi masyarakat sekitar G. Marapi letusan dan hujan abu ini adalah berkah karena menyuburkan lahan pertaniannya. Apalagi daerah di sekitar G. Marapi adalah sentral produksi sayur-sayuran bagi Sumatera Barat dan sekitarnya.

Masyarakat diimbau tetap tenang. Tidak terpancing isu-isu menyesatkan. PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan.

Sementara itu, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara terus meletus. Beberapa letusan pada hari ini yang dicatat Pos Sinabung PVMBG antara lain:

1. Pkl. 02:14 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

2. Pkl. 07:01 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 2.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

3. Pkl. 11:37 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

4. Pkl. 11:40 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.500 m. Angin bertiup sedang kearah Timur - Tenggara.

5. Pkl. 12:21 WIB; terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1.100 m. Angin bertiup sedang - kencang  ke arah Timur - Tenggara. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Akses Keluar via GT Karawang Barat 2 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kembali Normal

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.

Read more...