yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Penurunan Pajak UMKM 0,5% Disambut Gembira Pelaku Usaha

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah menurunkan PPh final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018. Penurunan pajak ini disambut gembira oleh para pelaku UMKM. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tahun 2018 Kementerian PUPR Alokasikan Rp 127,83 Miliar untuk Lanjutkan Pembangunan Jalan Wisata Mandeh

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2018 melanjutkan pembangunan jalan akses ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalan akses ke destinasi wisata Mandeh sepanjang 41,18 km ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018. Pada tahun 2017, telah diselesaikan pengaspalan jalan sepanjang 16 km dengan lebar 6 meter. 

Read more...

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

 

"Pemerintah sampai saat ini sudah melakukan upaya sebaik mungkin dalam pencegahan kebakaran hutan. Namun bagaimana kesadaran, kemampuan, dan kemauan seluruh pihak itu juga perlu dilakukan," ucap Menko Puan Maharani.

Puan mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan sosialisasi ke penduduk desa supaya tidak membuka lahan dengan membakar. Namun sosialisasi tersebut, kata Puan, itu tidak cukup dilakukan sekali saja tetapi harus dilakukan setiap waktu, khususnya ketika musim kemarau sudah tiba. 

"Kita tidak ingin terjadi lagi kebakaran hutan karena disebabkan hal tersebut, yang akhirnya menjadikan kita saling menyalahkan. Jadi memang gotong royong terkait pelaksanaan mitigasi kebakaran hutan ini sangat penting," terang Puan.

Puan juga menyoroti bahwa kebakaran hutan itu akan memberikan dampak buruk di berbagai macam aspek dan yang pasti efek buruk tersebut menimpa masyarakat sekitar. Baik anak sekolah, kesehatan, atau ispa dan ispu yang disebabkan oleh bencana kabut asap.

 "Jika kebakaran hutan terjadi, kesejahteraan masyarakat juga tidak bisa tercapai sebagaimana mestinya," jelas Puan.

Hal utama yang penting dilakukan menurut Puan adalah penguatan kapasitas lingkungan sebagai langkah mitigasi, bangunan kanal bersekat, embung di lahan bergambut, deteksi kebakaran dan e warning system dan upaya bersama dalam memperkuat kapasitas pemadaman. 

"Kita memerlukan langkah evaluasi dan edukasi secara terus-menerus, bukan hanya ke masyarakat tetapi pemerintah daerah. Karena yang paling tahu kondisi daerah tentu pemerintah daerah," ungkap Puan.

"Saya juga berharap kementerian teknis ikut terus menerus bisa mengundang teman-teman yang ada di daerah untuk memberikan penjelasan dan semangat tentang hal yang harus dilakukan," katanya lagi.

Diketahui, Menko Puan mengikuti rangkaian forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pencegahan Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla) Tahun 2017 di Jakarta, Selasa (19/12/2017) yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam acara tersebut, hadir Kemenko PMK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BPN)/Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Informasi Geospasial, Kelapa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), POLRI, TNI. (***)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pasuruan

Panjang Jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km

 

"Jalan Tol dari Merak hingga Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional. Tetapi kita harapkan akhir tahun 2018 sudah rampung dan beroperasi. Kemudian dilanjutkan hingga Banyuwangi, tahun 2019 insyaAllah selesai," kata Presiden Jokowi. Pada saat peresmian turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani.

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Guna mengurai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta, Jasa Marga dan Kepolisian Berlakukan Contra Flow dari Km 47 Sampai dengan Km 35

Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.

Read more...