yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop UKM Sampai 31 Desember 2017 Salurkan KUR Rp 96,7 Triliun

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan realisasi penyaluran Kredit Usaha rakyat (KUR) sampai 31 Desember 2017 sebesar Rp 96,7 triliun (87,9%) dari pagu kredit sebesar Rp110 triliun. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tol Belmera Tersambung Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi April 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Konstruksi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 (Tanjung Morawa-Parbarakan) sepanjang 10,75 km ditargetkan selesai April 2018. Dengan selesainya seksi tersebut maka Tol MKTT akan tersambung dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang 34 km yang dikelola oleh PT. Jasa Marga.  

Read more...

Dukung Pengelolaan KPH Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Lingkungan

Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.


Ruang lingkup kerja sama ini terdiri dari bidang pengembangan ekonomi berbasis lingkungan (bioeconomy) di tingkat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), efisiensi dan keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam, bioenergi, pengelolaan hutan lestari, pengembangan industri berbasis kayu berkelanjutan, ekowisata, pengendalian hama dan penyakit hutan, perlindungan dari kebakaran, serta peningkatan kapasitas.
“Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut implementasi kerja sama antara Indonesia dan Finlandia yang dimulai bulan April lalu (07/04/2017). Fokus utama kerja sama ini adalah konsep bioeconomy atau yang dikenal di Indonesia sebagai green economy,” ujar Siti Nurbaya.
Pada lokasi yang sama, juga dilakukan pertemuan lanjutan oleh Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK, Dr. Henry Bastaman, bersama dengan Wakil Badan Peneliti Finlandia, Dr. Johanna Bucher. Pertemuan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut pembentukan joint working group yang diwakili oleh BLI KLHK, sebagai wakil Delegasi Indonesia (DELRI), dan Badan Litbang Finlandia.
Kerja sama ini meliputi produksi biomassa, perencanaan sumber daya dan pengambilan keputusan, pemanenan dan logistik, penyulingan biologis dan simbiosis industri, produksi bioekonomi, pelayanan, dan rantai bisnis.
Delegasi Indonesia menekankan pembelajaran dalam pelaksanaan dan pengelolaan program Perhutanan Sosial di Indonesia, khususnya perlunya penguatan kelembagaan, penguatan tata kelola hutan, penguatan kewiraswastaan (entrepreneurship), serta penguatan dan integrasi pendekatan hulu hilir untuk peningkatan nilai tambah produk hasil hutan.
Guna memantapkan diskusi pertemuan bilateral ini, Menteri LHK membahas proposal penelitian bersama Indonesia – Finlandia, serta membahas lebih lanjut terkait peran KPH dalam meningkatkan industri kehutanan berbasis masyarakat dan perangkat kebijakan yang diperlukan. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Resmikan Embung di NTT

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Infrastruktur menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa dan pemerataan hasil pembangunan.

Pulau Rote sebagai pulau paling selatan Indonesia dikenal sebagai daerah rawan air. Kementerian PUPR telah melakukan program penyediaan dan pengelolaan air tanah dan air baku melalui pembuatan sumur bor dan embung.

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1). 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...