yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Arie Tepis Isu Integrasi JORR untuk Naikkan Pendapatan BUJT

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menepis isu bahwa integrasi tarif tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) untuk menaikkan pendapatan para badan usaha jalan tol (BUJT). 

Read more...

Semangat Lestari Lingkungan Dari Pekanbaru: Green Economy Forum

Provinsi Riau dengan luas 87.024 km2 memiliki potensi biofisik yang sangat besar, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan sumber ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA : Provinsi Riau dengan luas 87.024 km2 memiliki potensi biofisik yang sangat besar, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan sumber ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah eksplorasi yang dilandasi rasa kecintaan terhadap alam.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Green Radio Pekanbaru bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi Riau dan Bank Indonesia menyelenggarakan Green Economy Forum pada Minggu (23/7/ 2017). Forum ini mengusung tema “Riau Economic Growth, Where Will It Go?”. Forum yang dihadiri oleh berbagai stakeholder; pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, pelaku usaha, pelajar dan mahasiswa ini bertujuan mempersatukan komitmen bersama untuk membangun gerakan ekonomi hijau di Provinsi Riau.

Aktivitas pembangunan yang tidak ramah lingkungan diduga kuat menjadi faktor penyebab timbulnya kerusakan ekosistem sumberdaya hayati. Gerakan ekonomi hijau (green economy) menjadi salah satu upaya konkret untuk mengatasi permasalahan ini. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono dalam sambutannya mengingatkan pentingnya menghasilkan produk yang ramah lingkungan dalam konsep ekonomi hijau; “Dalam ekonomi hijau (green economy), sangat penting untuk dapat dihasilkan suatu produk yang ramah lingkungan, serta penerapan teknologi ramah lingkungan, tidak lupa juga dengan dukungan kearifan lokal. Ekonomi hijau akan mendorong pergerakan industri hijau, dengan prinsip efisiensi dalam proses produksi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan”.

Narasumber pada forum ini adalah Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau, Detri Karya dan Direktur Yayasan Mitra Insani, Muslim Rasyid dan Dimoderatori oleh News Coordinator Green Radio Pekanbaru Zamie Arli.

Pada forum ini juga dilakukan proses simbolik cap jari dengan tinta hijau pada kanvas sebagai sebuah simbol komitmen dan konsistensi untuk pembangunan hijau yang berkelanjutan.

Penghargaan diberikan kepada satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) atas kerja keras dan dedikasinya dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau Penghargaan tersebut diberikan oleh Green Radio Pekanbaru dan Garuda Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh General Manager Garuda Indonesia kepada Ketua Satgas Karhuta. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Layani 461 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hingga H+4 Lebaran

Customer & Employee Relations Asst. Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Panji Satriya mengatakan sampai dengan H+4 (20/06) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta masih tinggi. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Customer & Employee Relations Asst. Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Panji Satriya mengatakan sampai dengan H+4 (20/06) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta masih tinggi. 

Read more...