yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) Perluas Akses Kredit bagi Masyarakat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Jika Konstruksi SPAM Semarang Barat Rampung , 420 Ribu Warga Akan Nikmati Layanan Air Bersih Perpipaan

SEMARANG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani  meresmikan dimulainya konstruksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat yang dibangun dengan biaya investasi Rp 1,15 Triliun dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). 

Read more...

Bambang: Kementerian LHK Siapkan 900.000 Ha sebagai Pengganti Lahan yang Kena Program FLEG

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyiapkan lahan 900.000 ha sebagai pengganti lahan yang terkena program Fungsi Lindung Ekosistem Gambut (FLEG).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyiapkan lahan 900.000 ha sebagai pengganti lahan yang terkena program Fungsi Lindung Ekosistem Gambut (FLEG).

 

“Land Swap sesuai Program FLEG tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri LHK No P. 40/MenLHK/Setjen/Kum.1/6/2017 tentang fasilitasi pemerintah pada usaha hutan tanaman industri dalam rangka perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut,” kata Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono dalam press briefing di Kementerian LHK Jakarta, Kamis (13/7/ 2017).

Menurut Bambang, tata cara pengajuan arela lahan usaha pengganti (land swap) dilakukan secara bertahap.

“Untuk lahan usaha yang arealnya kurang dari 10.000 ha diselesaikan dalam satu tahap,” katanya.

Sedangkan, katanya, untuk areal yang luasnya 10.000-45.000 ha diselesaikan dalam 3 tahap masing-masing tahapan paling banyak seluas 15.000 ha.

“Untuk areal lebih banyak daripada 45.000 ha diselesaikan secara bertahap, masing-masing tahap paling banyak seluas 15.000 ha,” tambahnya.

Menurut dia, dokumen persyaratan berupa akte pendirian perusahaan, NPWP, peta skala minimal 1:50.000 beserta file elektronik dengan format shapefile dan surat pernyataan kesanggupan mempertahankan FLEG dituangkan dalam akta notaris.

Tujuan Permen itu, katanya, adalah untuk penyelesaian permasalahan di areal IUPHHK-HTI dan untuk optimalisasi areal kerja IUPHHK, upaya tata kelola ekosistem gambut dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Menurut dia, bentuk fasilitasi pemerintah dalam Permen 40 tersebut berupa dukungan penanganan dan penyelesaian konflik dalam IUPHHK-HTI dan dukungan pengembangan perhutanan sosial melalui kerjasama dalam bentuk HTR.

“Fasilitasi pemerintah dalam bentuk mediasi di lapangan dengan penugasan aparat dan apabila diperlukan dapat dilakukan penugasan detasering,” katanya.

Menurut dia, permohonan disampaikan kepada Menteri disertai daftar lokasi wilayah konflik.

“Pemerintah bersama-sama pemegang IUPHHK-HTI melaksanakan langkah-langkah penyelesaian konflik,” ujarnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sragen-Ngawi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, pada Rabu, (28/11). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km ini, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, pada Rabu, (28/11). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km ini, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Komitmen Wujudkan Prinsip GCG, Jasa Marga Raih 2 Penghargaan IICD

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sukses meraih dua penghargaan dalam ajang _10th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award_ di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (10/12). JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sukses meraih dua penghargaan dalam ajang _10th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award_ di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (10/12). 

Read more...