yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Percepat UMKM Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Peran Pendamping Usaha

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM mengoptimalkan peran pendamping usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan memberdayakan koperasi di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan daya saing KUMKM sehingga tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala lebih besar atau ‘naik kelas’ sekaligus dalam rangka mendukung kemandirian perekonomian nasional.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki : Penyederhanaan Regulasi dan Inovasi Akan Tingkatkan Daya Saing Infrastruktur Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tengah persaingan global, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan infrastruktur di segala bidang mulai dari pembangunan jalan, jembatan, bendungan, saluran irigasi, air bersih, perumahan dan penataan kawasan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, infrastruktur merupakan kunci untuk meningkatkan peringkat daya saing Indonesia.

Read more...

Sukses Pulihkan Gambut di Sumatera Selatan, Implementasi Nyata Litbang dan Inovasi KLHK

Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Penelitian & Pengembangan Lingkungan Hidup & Kehutanan (BP2LHK) Palembang telah berhasil merestorasi lahan gambut bekas terbakar di Kedaton, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

PALEMBANG, JURNAL IBUKOTA: Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Penelitian & Pengembangan Lingkungan Hidup & Kehutanan (BP2LHK) Palembang telah berhasil merestorasi lahan gambut bekas terbakar di Kedaton, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Read more...

Dukung Pengelolaan KPH Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Lingkungan

Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.

Read more...

Pelaku Perdagangan Ilegal Trenggiling Ditangkap di Medan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Penyidik dan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Balai Penegakan Hukum Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berhasil menggagalkan kegiatan perdagangan illegal satwa liar dilindungi di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Sebanyak 225 ekor trenggiling, 5 (lima) karung kulit /sisik trenggiling kering,  dan 4 (empat) kulit/sisik trenggiling basah, yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp. 2,5 Miliar, telah disita dari pelaku yang ditangkap hari Selasa (13/06/2017).

Read more...

Semangat Lestari Lingkungan Dari Pekanbaru: Green Economy Forum

Provinsi Riau dengan luas 87.024 km2 memiliki potensi biofisik yang sangat besar, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan sumber ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA : Provinsi Riau dengan luas 87.024 km2 memiliki potensi biofisik yang sangat besar, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan sumber ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah eksplorasi yang dilandasi rasa kecintaan terhadap alam.

Read more...

Lindungi Alam Kita, Lindungi Indonesia Kita

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Saat ini upaya perlindungan lingkungan dan alam tengah menghadapi berbagai tantangan yang nyata. Hal ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di awal arahannya, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni, di Plaza Gedung Manggala Wanabakti Jakarta (05/06/2017).

Read more...

Bambang: Kementerian LHK Siapkan 900.000 Ha sebagai Pengganti Lahan yang Kena Program FLEG

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyiapkan lahan 900.000 ha sebagai pengganti lahan yang terkena program Fungsi Lindung Ekosistem Gambut (FLEG).

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyiapkan lahan 900.000 ha sebagai pengganti lahan yang terkena program Fungsi Lindung Ekosistem Gambut (FLEG).

Read more...

Menteri LHK: Indonesia Tetap Berkomitmen terhadap Perjanjian Paris Soal Perubahan Iklim

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk melakukan pengendalian terhadap perubahan iklim sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Paris.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk melakukan pengendalian terhadap perubahan iklim sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Paris.

Read more...

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Buka Sertifikasi 3.255 Tenaga Konstruksi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka sertifikasi bagi 3.255 tenaga kerja konstruksi secara serentak yang meraih rekor MURI. “Kita membutuhkan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, sebab pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilaksanakan pemerintah tidak bisa menunggu lagi, harus didukung oleh SDM yang andal dan kompeten,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika membuka acara tersebut di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/8/2017). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka sertifikasi bagi 3.255 tenaga kerja konstruksi secara serentak yang meraih rekor MURI. “Kita membutuhkan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, sebab pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilaksanakan pemerintah tidak bisa menunggu lagi, harus didukung oleh SDM yang andal dan kompeten,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika membuka acara tersebut di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Mentan Amran Sulaiman Ingin Menghentikan Impor Bibit

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ingin menghentikan impor bibit. Dia mengajak seluruh jajaran Kementerian Pertanian dan para ahli pertanian bekerja sama memproduksi bibit terbaik.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sukses Pulihkan Gambut di Sumatera Selatan, Implementasi Nyata Litbang dan Inovasi KLHK

Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Penelitian & Pengembangan Lingkungan Hidup & Kehutanan (BP2LHK) Palembang telah berhasil merestorasi lahan gambut bekas terbakar di Kedaton, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.PALEMBANG, JURNAL IBUKOTA: Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Penelitian & Pengembangan Lingkungan Hidup & Kehutanan (BP2LHK) Palembang telah berhasil merestorasi lahan gambut bekas terbakar di Kedaton, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Read more...

Transportasi

Dalam Rangka Mendukung GNNT, Jasa Marga Berikan Diskon 10% bagi Pengguna Uang Elektronik

Untuk meningkatkan penetrasi penggunaan uang elektronik dan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menerapkan 100% transaksi non tunai di jalan tol mulai 31 Oktober 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol sebesar 10% bagi pengguna uang elektronik yang melakukan transaksi di jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan penetrasi penggunaan uang elektronik dan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menerapkan 100% transaksi non tunai di jalan tol mulai 31 Oktober 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol sebesar 10% bagi pengguna uang elektronik yang melakukan transaksi di jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Read more...