yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM Dorong Industri Jasa Boga Lestarikan Kuliner Tradisional

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Pesatnya pertumbuhan sektor pariwisata akan banyak berimbas ke sektor lain seperti industri jasa boga yang sebagian besar adalah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas Belanja Anggaran

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kualitas belanja anggaran infrastruktur yang memberikan manfaat sebesar-besarnya (value for money). Hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo bahwa APBN menjadi instrumen fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. 

Read more...

Kementerian PUPR Terima Penghargaan Sebagai Kementerian Responsif dalam Pelayanan Informasi Arus Mudik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) dan Komisi Informasi Pusat (KIP) atas Peran Pemanfaatan Informasi Publik Dalam Pelayanan Arus Mudik 2018 untuk kategori Responsif. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) dan Komisi Informasi Pusat (KIP) atas Peran Pemanfaatan Informasi Publik Dalam Pelayanan Arus Mudik 2018 untuk kategori Responsif. 

 

 

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemen Kominfo Rosarita Niken mewakili Menteri Kominfo Rudiantara beserta Ketua KIP Gede Narayana dan diterima oleh Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti selaku Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sesuai  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, di Istana Presiden, Cipanas, Jawa Barat, Rabu (8/8/2018).

 

Penghargaan diberikan karena Kementerian PUPR dianggap dapat memberikan informasi yang responsif, cepat, akurat, dan juga bermanfaat bagi publik yang menggunakan ruas-ruas jalan nasional dan jalan tol yang menjadi tanggungjawab Kementerian PUPR. 

 

Ketua KIP Gede Narayana mengungkapkan bahwa penghargaan atas pelayanan informasi publik pada saat mudik Lebaran merupakan yang pertama kali, dan diharapkan akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. "Kami monitor sendiri ke lapangan semua layanan publik yang dilakukan kementerian/lembaga terkait selama arus mudik. Kami melihat peran aktif Kementerian/Lembaga salah satunya dengan mendirikan posko-posko sepanjang jalur mudik, termasuk Kementerian PUPR, Kemenhub dan Kepolisian," ujarnya. 

 

Usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Endra berharap penghargaan tersebut lebih memacu kinerja Kementerian PUPR dalam hal pelayanan publik, utamanya dalam pelayanan informasi saat mudik Lebaran. 

 

"Pelayanan informasi publik saat arus mudik juga akan terus ditingkatkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2019, sehingga masyarakat benar-benar bisa menikmati masa liburan dengan lebih aman, nyaman dan waktu yang lebih efisien. Semua itu dilakukan untuk mewujudkan mudik sebagai the real happiness sesuai pesan Menteri PUPR," ujar Endra. 

 

Ia menyatakan, penghargaan tersebut dapat tercapai atas kerjasama dan kekompakan seluruh unit kerja dan tim komunikasi publik di Kementerian PUPR yang terus berupaya memberikan pelayanan publik terbaik selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.  

 

"Mudik Lebaran tahun 2018 ini memang ditandai dengan satu peningkatan yang signifikan  dari panjang jumlah jalan tol Trans Jawa sepanjang 525 km yang sudah operasional , dan fungsional 235 km,  serta didukung dengan kemantapan kondisi jalan nasional. Hal ini tentunya memberikan pengaruh yang besar bagi kelancaran mudik Lebaran," ujar Endra.

 

Kementerian/Lembaga lain yang mendapat perhargaan Peran Pemanfaatan Informasi Publik dalam Pelayanan Arus Mudik tahun 2018

yakni Kementerian Perhubungan untuk kategori badan publik informatif dan badan publik responsif, Korlantas Polri untuk kategori badan publik informatif, dan Pertamina untuk kategori badan publik inovatif. 

 

Dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2018 lalu, Kementerian PUPR tidak hanya menyiapkan infrastruktur jalan, tetapi juga mobile toilet umum dan fasilitas pendukung lainnya. Kementerian PUPR juga  menyiapkan layanan informasi dan pengaduan yang dapat diakses melalui website, call center, whatsapp maupun Aplikasi Jalan Kita.  

 

Kementerian PUPR telah menyiagakan sebanyak 588 Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat, air minum, mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam. 

 

Informasi mengenai lokasi-lokasi Posko Sapta Taruna dapat diakses melalui website http://pu.go.id/mudik2018 yang juga dapat diakses melalui telepon selular. Selain itu juga terdapat layanan live streaming untuk mengetahui kondisi lalu lintas dari hasil pantauan CCTV yang dipasang dibeberapa lokasi dan dukungan mobil streaming monitoring system (SMS) yang terkoneksi dengan modem satelit sehingga bisa melaporkan secara real time. 

 

Para pemudik juga dapat meminta informasi kondisi jalan atau melaporkan apabila menemui jalan nasional yang mengalami kerusakan melalui nomer telepon 0812-8383-5757. Informasi dan pengaduan kondisi jalan juga dapat melalui “Aplikasi Jalan Kita” yang dapat diunduh di IOS maupun Android.  (*)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kunjungi Tol Trans Jawa, Komisi VI DPR RI Tekankan Soal Sosialisasi Tarif

Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. SOLO, JURNAL IBUKOTA: Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. 

Read more...