yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Suparno: Kembalikan Jati Diri Koperasi Diperlukan Pengawasan Ketat

BENGKULU, JURNAL IBUKOTA: Koperasi harus dikembalikan sebagai lembaga yang memberikan kesejahteraan kepada para anggotanya. Oleh karena itu, ke depannya diperlukan pengawasan yang lebih ketat agar koperasi bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pembangunan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa (PBJ) agar pembangunan infrastruktur mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. 

Read more...

Pejabat Fungsional PUPR Motor Penggerak Pembangunan Infrastruktur

 Para pejabat fungsional (Jafung) bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan motor penggerak pembangunan infrastruktur, sementara pejabat struktural berperan sebagai pembina. Demikian disampaikan Sekjen PUPR Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada acara launching Sistem Informasi Manajemen Motor Penggerak PUPR (SI-Mentor PUPR) yang menjadi bagian acara Temu Ilmiah Tahunan I Jabatan Fungsional Bidang PUPR di Jakarta, Senin (9/7/2018). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Para pejabat fungsional (Jafung) bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan motor penggerak pembangunan infrastruktur, sementara pejabat struktural berperan sebagai pembina. Demikian disampaikan Sekjen PUPR Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada acara launching Sistem Informasi Manajemen Motor Penggerak PUPR (SI-Mentor PUPR) yang menjadi bagian acara Temu Ilmiah Tahunan I Jabatan Fungsional Bidang PUPR di Jakarta, Senin (9/7/2018). 

 

 

“Peran Jafung sangat penting sehingga perlu terobosan baru dalam pengembangannya. Posisi dan peran Jafung juga perlu diatur lebih jelas dalam unit organisasi sesuai dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil,” jelas Sekjen PUPR Anita Firmanti.  

 

Jabatan fungsional Bidang PUPR adalah Jafung dibawah pembinaan Kementerian PUPR yakni Teknik Pengairan, Teknik Jalan dan Jembatan, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan, Teknik Penyehatan Lingkungan, dan Pembina Jasa Konstruksi. Jumlah Jafung bidang PUPR sebanyak 2.879 orang dari 3.866 orang Jafung yang ada. 

Sisanya sebanyak 987 orang merupakan Jafung yang pembinanya adalah Kementerian/Lembaga lain seperti Jafung Peneliti, Perencana, Pranata Humas, dan Perpustakaan. 

 

“Jumlah Jafung bidang PUPR masih 10% dari jumlah ASN (Aparatur Sipil Negara) Kementerian PUPR sekitar 22.914 orang. Jumlah ini akan ditambah melalui inpassing dan pengangkatan CPNS 2017-2018 dalam formasi Jafung sebanyak 982 orang,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Lolly Martina Martief Lolly Martina Martief. 

 

Dalam berkarir di Kementerian PUPR juga dimungkinkan pola zig-zag yakni Jafung ditugaskan untuk menjabat jabatan struktural dan nanti kembali lagi menjadi Jafung. Dengan demikian akan memperkaya wawasan dan kemampuannya. 

 

Tantangan yang dihadapi Jafung yakni masih adanya penugasan pekerjaan yanh tidak sesuai dengan tugas Jafung. Akibatnya yang bersangkutan kesulitan mendapatkan angka kredit untuk peningkatan karirnya ke depan. Kompetensi Jafung juga perlu terus ditingkatkan sehingga menjadi ahli pada bidangnya.   

 

“Pada tahun 2018, BPSDM memprogramkan untuk memberikan pelatihan dengan target peserta sebanyak 1.200 orang bersertifikat. Artinya ada peningkatan keahlian,” kata Lolly. 

 

Dalam acara tersebut diselenggarakan diskusi mengenai Akselerasi Pejabat Fungsional PUPR Sebagai Motor Penggerak Pembangunan Infrastruktur yang menghadirkan narasumber Deputi SDM Aparatur Kementetian PAN dan RB Setiawan Wangsa Atmaja,  Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putranto, Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Asep Arofah Permana. 

 

Pada sesi berikutnya menghadirkan narasumber Direktur Utama PT. Wijaya Karya Tumiyana dan Wartawan Senior Majalah Tempo Daru Priyambodo yang menyampaikan materi Kiat-Kiat Menulis Ilmiah. Serta sesi berbagi pengalaman dari beberapa Jafung tingkat Madya. 

 

Kepala Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional Nicodemus Daud selaku Ketua Pelaksana mengatakan tujuan penyelenggaraan Temu Ilmiah Tahunan I Jabatan Fungsional pada dasarnya merupakan _Knowledge Management Sharing_, pemutakhiran data Pejabat Fungsional, mendapatkan komitmen dari Pejabat Fungsional, dan mendapatkan masukan terhadap permasalahan yang dihadapi Jafung di lapangan yang dibahas dalam masing-masing desk. 

 

Turut hadir dalam acara tersebut Inspektur Jenderal Rildo Ananda Anwar, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi AH, Dirjen Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Luthfiel Anam Achmad dan Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Adang Saf Ahmad.  

 

Dalam acara tersebut juga menampilkan booth pameran asosiasi profesi seperti HATHI (Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia), IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), IATPI (Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia), PII (Persatuan Insinyur Indonesia) dan IAMPI (Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia) sebagai sarana promosi kepada para calon Jafung. Setiap Jafung disyaratkan menjadi anggota salah satu asosiasi profesi. (*)

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _Elevated_ Akan Komisioning _Launcher Gantry_ untuk _Erection Steel Box Girder_

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.

Read more...