yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM: Pariwisata Akar Pengembangan KUMKM

GARUT, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan, bila suatu daerah intens mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya, maka otomatis produk hasil koperasi dan UMKM akan turut maju dan berkembang. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Sambut Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Susun Big Data Industri Jasa Konstruksi

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi internet untuk menyusun sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi yang akan menjadi _big data_ rantai pasok industri jasa konstruksi. 

Read more...

Presiden Jokowi Meresmikan Tol Gempol - Pasuruan Sepanjang 20,5 Km

Panjang Jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km.PASURUAN, JURNAL IBUKOTA: Panjang Jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km.

 

 

"Jalan Tol dari Merak hingga Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional. Tetapi kita harapkan akhir tahun 2018 sudah rampung dan beroperasi. Kemudian dilanjutkan hingga Banyuwangi, tahun 2019 insyaAllah selesai," kata Presiden Jokowi. Pada saat peresmian turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani. 

 

Tol Trans Jawa dari Merak - Banyuwangi sepanjang 1.150 Km ditargetkan tersambung tahun 2019. Untuk Merak - Pasuruan sepanjang 920 Km, saat ini 607 Km sudah operasional dan sisanya 313 Km ditargetkan rampung akhir 2018. 

 

Salah satu yang akan selesai Desember 2018 adalah Tol Gempol-Pasuruan Seksi 3 Pasuruan-Grati (13,65 km) saat ini masih dalam konstruksi dengan progres fisik 36%. 

 

Tersambungnya ruas-ruas tol menjadi satu sistem jaringan jalan tol akan menurunkan biaya logistik transportasi, mempersingkat waktu tempuh dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. "Dengan kecepatan mobilitas barang distribusi logistik, kita harapkan biayanya akan jauh lebih murah," jelas Presiden Jokowi. 

 

Presiden Jokowi menyatakan pembangunan jalan tol harus terintegrasi dengan titik-titik pertumbuhan ekonomi baik itu kawasan industri, pelabuhan maupun kawasan wisata. "Sehingga betul-betul bermanfaat maksimal baik untuk dunia usaha, pariwisata dan industri," kata Presiden.

 

Kehadiran tol Gempol-Pasuruan meningkatkan kemudahan arus logistik karena Gate Tol Rembang berdekatan dengan Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Disamping itu menjadi jalur alternatif  menuju Kota Pasuruan yang selama ini dilayani oleh jalan arteri nasional. 

 

Selain itu, dampak positif lain  pembangunan jalan tol tersebut adalah para investor mulai banyak yang melirik daerah tersebut sebagai tempat pembangunan bagi perusahaan ataupun pabrik-pabrik mereka. 

 

Pengusahaan Tol Gempol-Pasuruan dilakukan oleh PT. Jasamarga Gempol Pasuruan dengan nilai investasi Rp 4,03 triliun dengan masa konsesi 45 tahun. Tol ini tersambung dengan Tol Surabaya Waru -Gempol sepanjang 30 Km yang sudah beroperasi dan Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 44 Km yang masih dalam tahap konstruksi.

 

Percepatan pembangunan jalan tol sebagai bagian dari sistem jaringan jalan nasional merupakan langkah nyata mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing bangsa. 

 

Tol Trans Jawa dibutuhkan guna meningkatkan kelancaran konektivitas di Pulau Jawa yang memiliki kontribusi lebih dari 50 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

 

Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry TZ, Sekretaris BPJT Darda Daraba, Direktur Jalan Bebas Hambatan Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah Sugiyartanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya I Ketut Darmawahana, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.(*)

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Sinergi BUMN Wujudkan Kenyamanan Pengguna Jalan Tol, Siap Fasilitasi 8 SPBU di Tol Trans Jawa

Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.

Read more...