yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Asian Games Buka Peluang UMKM Tembus Pasar Ekspor

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:Ajang olahraga terbesar di Asia Asian Games 2018 membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk bisa memasarkan produknya sekaligus menembus pasar ekspor.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pengiriman Sapras Air Bersih dan Sanitasi Bagi Korban Gempa Lombok Terus Dilanjutkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pengiriman sarana dan prasarana (Sapras) air bersih dan sanitasi yang sangat dibutuhkan para pengungsi korban gempa bumi di Pulau Lombok terus dilanjutkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Read more...

Venue Layar Ditargetkan Rampung Akhir Juni 2018

Pembangunan Venue Layar di Pantai Barat Ancol untuk digunakan pada Asian Games ke-18 ditargetkan selesai akhir Juni 2018. Seluruh fasilitas dan kelengkapan venue layar telah disetujui dan memenuhi standar kejuaraan internasional oleh pihak technical delegates resmi untuk Asian Games Mr. Takao Otani dari Jepang dengan pendampingan Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan Venue Layar di Pantai Barat Ancol untuk digunakan pada Asian Games ke-18 ditargetkan selesai akhir Juni 2018. Seluruh fasilitas dan kelengkapan venue layar telah disetujui dan memenuhi standar kejuaraan internasional oleh pihak technical delegates resmi untuk Asian Games Mr. Takao Otani dari Jepang dengan pendampingan Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi). 

 

 

Demikian disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Sri Hartoyo pada saat meninjau progres venue layar sekaligus buka bersama dengan para pekerja dan atlet layar sekaligus Soft Launching Venue Layar, pada tanggal 10 Juni 2018 lalu. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PB PORLASI  Laksamana Muda TNI Darwanto, Direktur Bina Penataan Bangunan Iwan Suprijanto dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Venue Jetski dan Layar, Eki Arsita Rizki.

 

“Saya mengucapkan terima kasih atas komitmen dari semua pihak termasuk para pekerja yang telah bekerja keras menyelesaikan venue lebih cepat dari jadwal,” kata Sri Hartoyo. 

 

Penyelesaian venue yang relatif lebih cepat dari rencana ini yakni kurang dari 6 bulan, mendapat apresiasi dari organisasi Asian Sailing Federation (ASAF). Dalam situs resmi ASAF yakni www.asiansailing.org dibahas mengenai venue layar Indonesia dengan judul   _“The new National Sailing Centre at Jakarta, Indonesia is reaching its capacity limits. Built in a record time of six months, the new centre offers state of the art facilities for sailors, officials, spectators and those keen to join the sport”_.

 

Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo mengharapkan gedung dan venue layar yang telah dibangun dapat dimanfaatkan secara optimal guna menunjang peningkatan prestasi olah raga layar di Indonesia.

 

Sementara itu Ketua Porlasi Laksamana Muda TNI Darwanto mengatakan impian Porlasi untuk memiliki gedung kantor dan venue layar tetap akhirnya bisa terwujud. “Ini harus dibayar dengan prestasi atlet kita di ajang Asian Games nanti” kata Darwanto. 

 

Meski belum rampung secara keseluruhan, namun fasilitas utama sudah dapat digunakan untuk test event. Pada tanggal 18 – 25 Juni 2018 akan diselenggarakan Kejuaraan Asian Sailing Championship (ASC) 2018 yang merupakan test event mandiri sebelum Asian Games XVIII 2018 berlangsung. 

 

Kejuaraan ASC 2018  ini adalah ajang test event bagi negara-negara asia sebelum mereka menseleksi dan meregister nama-nama atlet mereka untuk Asian Games XVIII 2018. Kejuaraan ini melibatkan sekitar 224 atlet layar dari 15 negara dengan 12 cabang / kelas perlombaan menggunakan sekitar 170 perahu layar.

 

Pembangunan venue layar dikerjakan oleh kontraktor PT. Nindya Karya (Persero – Wilayah VI) dan PT. Virama Karya  (Persero) sebagai konsultan Manajemen Konstruksi. 

 

Fasilitas Venue layar dengan total luas lahan 1,4 Ha yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum diantaranya _Floating Jetty_ / Ponton berkapasitas 89 boat (untuk kepentingan official), _Floating Breakwater_ sepanjang 230 m, _Ramp Slipway_ untuk perahu layar menuju laut (lebar 50 m sepanjang 33 m), dan area rigging / perakitan perahu layar untuk kepentingan atlet seluas 4000 m2. 

 

Selain itu juga dilengkapi oleh bangunan kantor Porlasi merangkap traning center lengkap dengan ruang kelas, ruang rapat, kamar penginapan dan ruang fitness (3 Lantai seluas 628 m2), Gudang & Workhsop merangkap ruang observasi dan kontrol (3 lantai seluas 508  m2), Ruang Shower / Bilas ( 1 lantai seluas 80 m2), Parkir utama berkapasitas 25 mobil dan 25 kontainer, dan Parkir penunjang berkapasitas dan 24 kontainer. 

 

Mari jadikan momentum Asian Games XVIII 2018 ini sebagai kesempatan menoreh tinta emas sejarah bagi kita bersama. (***)

 

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...