yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Menunda Penerapan Integrasi Sistem Transaksi Tol JORR

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Memperhatikan dengan seksama pertimbangan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait dengan penerapan Integrasi Sistem Transaksi Tol Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), Kementerian PUPR menunda penerapan sistem tersebut untuk memberikan kesempatan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait untuk dapat melakukan sosialisasi secara lebih intensif kepada masyarakat.

Mudik Bareng Para Pekerja Konstruksi di Kompleks GBK

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan kegiatan mudik bareng yang diikuti para pekerja konstruksi proyek pembangunan dan renovasi venue Asian Games XVIII 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Selasa (12/6/2018).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan kegiatan mudik bareng yang diikuti para pekerja konstruksi proyek pembangunan dan renovasi venue Asian Games XVIII 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Selasa (12/6/2018).

Acara mudik bareng tersebut juga didukung oleh para kontraktor tempat para pekerja bekerja yakni PT. Jaya Konstruksi, PT. Adhi Karya, dan PT. WIKA-PT. Arkonim (KSO). 

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa tradisi mudik merupakan kebahagiaan yang nyata  (_real happiness_) bagi masyarakat. “Untuk itu kami berupaya optimal memberikan pelayanan yang baik bagi pemudik agar mudik lebih efisien dari sisi waktu, lebih mudah, lebih aman dan nyaman," ungkapnya beberapa waktu lalu.

 

Mudik bareng yang diikuti oleh sekitar 500 orang dengan mengambil tema “Mudik Bareng Pejuang Asian Games 2018” dilepas oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Sri Hartoyo pada pukul 07.00 WIB dari Halte Panahan GBK. “Ini merupakan bentuk apresiasi (Kementerian PUPR) kepada para pekerja konstruksi yang telah bekerja dalam pembangunan dan renovasi di Kompleks GBK," ujar Sri.

 

Demikian halnya dengan proyek pembangunan infrastruktur lainnya, Kementerian PUPR menjamin terpenuhinya hak-hak para pekerja konstruksi untuk cuti bersama Lebaran 2018 ini.

 

Sri Hartoyo lebih lanjut berharap agar perjalanan mudik bersama tersebut diberikan keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan serta dapat  kembali dengan selamat sesuai waktu yang ditetapkan, mengingat target penyelesaian seluruh venue pada akhir Juni 2018 yang akan datang. Sri juga mengingatkan jajaran kontraktor untuk menjaga Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi selama proyek berlangsung di masa cuti bersama Lebaran.

 

Sebanyak total 13 bus diberangkatkan, yang terdiri dari 7 bus merupakan pekerja PT.Adhi Karya yang mengerjakan lanjutan penataan kawasan, termasuk trotoar GBK, 4 bus adalah pekerja PT. Jaya Konstruksi yang mengerjakan Cofftea House dan Elevated Parking serta 2 bus dari PT.WIKA-PT. Arkonin (KSO) yang mengerjakan lanjutan venue GBK, seperti venue squash. 

 

Sebelumnya PT.Nindya Karya juga telah melepas 3 bus mudik bareng pekerja proyek Jetski dan Layar. Beberapa tujuan para peserta mudik bareng yakni di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, melalui jalur Pantura maupun Pansela Jawa.

 

Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto menyampaikan bahwa mudik bareng baru dilaksanakan pada tahun ini. Mudik bareng dilaksanakan 4 hari setelah libur cuti bersama sebagai bukti bahwa Kementerian PUPR tetap berkomitmen menyelesaikan seluruh proyek pembangunan venue dan non venue AG. 

 

"Sebagian proyek masih berjalan, terutama vendor asing yang tetap bekerja di masa Lebaran ini. Kami berkomitmen untuk memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik untuk negeri demi suksesnya penyelenggaraan dan prestasi dalam Asian Games 18 mendatang," jelasnya. (***)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Guna mengurai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Berkoordinasi dengan Kepolisian Lakukan Beberapa Upaya Rekayasa Lalu Lintas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 20.40 WIB, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian telah memperpanjang pemberlakuan satu arah (ke arah Jakarta) mulai dari Km 72 sampai dengan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.