yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Masa Depan Industri Pariwisata Ubud Bali, Butuh Entrepreneurship Berbalut Kearifan Lokal

UBUD, BALI, JURNAL IBUKOTA: Meski masih menjadi destinasi utama dunia,  namun industri pariwisata (tourism) Bali dituntut melakukan inovasi dan jangan hanya mengandalkan anugerah keindahan dan budaya yang selama ini melekat di pulau Dewata.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Menerima Penghargaan Pengelola Surat Berharga Syariah Negara

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menerima penghargaan sebagai Pengelola Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Terbaik Tahun Anggaran (TA) 2017 dari Kementerian Keuangan. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Kas Negara Rudy Widodo dan diterima oleh Sekretaris Ditjen Bina Marga, Soebagiono di Jakarta, pada Kamis (19/7).

Read more...

Smesco Luncurkan Konsep Penataan Baru Paviliun Provinsi

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) pengelola Gedung Smesco Indonesia meluncurkan konsep dan penataan baru Paviliun Provinsi yang menyajikan produk-produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) pengelola Gedung Smesco Indonesia meluncurkan konsep dan penataan baru Paviliun Provinsi yang menyajikan produk-produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Gedung Smesco harus menjadi referensi bagi turis asing untuk mendapatkan souvenir asli Indonesia," kata Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla pada acara relaunching Produk Unggulan Provinsi di Smesco Indonesia yang ditandai dengan event Smesco Minang Festival, di Jakarta, Sabtu (31/4).

 

Mufidah berpesan agar produk yang ada di Smesco Indonesia harus mempunyai karakter kuat dan unggul dari daerah masing-masing yang berbasis pada kreativitas dan inovasi putra-putri bangsa."Jadi, harus ada kurasi produk yang baik agar terjaga kualitasnya. Saya ingin agar Gedung Smesco dimanfaatkan oleh daerah di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produk unggulannya," kata Mufidah.

 

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, Gedung Smesco kini dikelola dengan konsep baru sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. "Terutama fesyen, mebeler, alas kaki, dan kuliner. Karena keempat produk ini yang mempunyai potensi besar untuk diekspor ke mancanegara," kata Puspayoga.

 

Menurut Menkop dan UKM, produk yang ada di Gedung Smesco terutama di Paviliun Provinsi merupakan produk-produk unggulan karya anak bangsa sehingga siapapun yang ingin mendapatkan produk terbaik dari berbagai provinsi. "Kami juga mengajak para kepala daerah untuk memanfaatkan Gedung Smesco sebagai sarana promosi," kata Puspayoga.

 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan bahwa peluncurkan Paviliun Provinsi dengan menggunakan tema Minang Festival diharapkan bisa menjadi ajang untuk mempromosikan produk dari provinsinya secara lebih luas.

 

Dalam acara itu, Minang menjadi tema utama yang rencananya akan diikuti oleh daerah lain dalam festival Smesco berikutnya. "Banyak produk di daerah kami tidak terbeli karena belum banyak dikenal publik. Kami berharap dengan adanya Smesco produk-produk unggulan daerah kami bisa terpromosikan pada publik yang lebih luas," kata Irwan seraya mengajak gubernur daerah lain untuk memanfaatkan Smesco sebagai sarana mempromosi produk unggulan daerah.

 

Sedangkan Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengatakan, revitalisasi Paviliun Provinsi akan menampilkan wajah baru Produk Unggulan Provinsi sekaligus citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan "local heritage" dan produk unik. "Revitalisasi Paviliun Propinsi yang berlangsung sejak Januari 2018 merupakan langkah strategis yang dilakukan LLP-KUKM untuk mengintegrasikan semua potensi yang ada agar Smesco Indonesia menjadi icon baru atau citra baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk unggulan Koperasi dan UKM", jelas Emilia.

 

Revitalisasi dimaksudkan untuk menghasilkan Smesco Indonesia yang tampil beda, berdaya saing, dan mampu menghasilkan "values" bagi pengunjung. "Sebagai citra baru Smesco Indonesia akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi KUKM Indonesia", pungkas Emilia. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Rombongan Komisaris dan Direksi Pantau Penyelenggaraan Jalan Tol Jasa Marga di Sumatera

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun beserta Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Belmera, Sumatera Utara, Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7). Selain memantau perkembangan terkini Jalan Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa, rombongan juga memantau progres pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun beserta Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Belmera, Sumatera Utara, Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7). Selain memantau perkembangan terkini Jalan Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa, rombongan juga memantau progres pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). 

Read more...