yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM: Pariwisata Akar Pengembangan KUMKM

GARUT, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan, bila suatu daerah intens mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya, maka otomatis produk hasil koperasi dan UMKM akan turut maju dan berkembang. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Sambut Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Susun Big Data Industri Jasa Konstruksi

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi internet untuk menyusun sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi yang akan menjadi _big data_ rantai pasok industri jasa konstruksi. 

Read more...

Menteri Basuki Sampaikan Rekomendasi Kepada Menteri BUMN Terkait Kecelakaan Kerja Rusun Pasar Rumput

Berdasarkan hasil evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2), pada tanggal 23 Maret 2018 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan rekomendasi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno selaku pembina BUMN Karya, terkait kecelakaan kerja pada proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput, Jakarta yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya pada Minggu, 18 Maret 2018 lalu.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan hasil evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2), pada tanggal 23 Maret 2018 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan rekomendasi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno selaku pembina BUMN Karya, terkait kecelakaan kerja pada proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput, Jakarta yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya pada Minggu, 18 Maret 2018 lalu.

 

 

Tiga poin utama dalam rekomendasi tersebut mencakup : Pertama, PT Waskita Karya selaku kontraktor Rusun Pasar Rumput agar memastikan rasa aman pada masyarakat melalui menambah _safety net vertical_ di seluruh sisi bangunan; menambah _safety deck_ pada lantai dan segmen tertentu; menyempurnakan metode dan SOP (Standar Operasi Prosedur) Pelaksanaan Pekerjaan serta memastikan SOP dilaksanakan secara konsisten; serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar bahwa proyek telah memperhatikan syarat – syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

 

Kedua, PT. Waskita Karya harus melakukan upaya tindak lanjut dengan melakukan risk assessment ulang melalui Rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontrak (RK3K) dan menyempurnakan SOP; menyiapkan respon tertulis dan langkah – langkah dalam bentuk rencana kerja khusus di bidang K3 yang dilengkapi gambar kerja; menyusun rencana pengawasan internal terkait penerapan K3; menyiapkan bahan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana lanjutan pekerjaan pasca kejadian; dan memperkuat tim sosialisasi dari aspek _social engineering_.

 

Ketiga, kepada Menteri BUMN untuk memberikan sanksi PT. Waskita Karya dengan mengganti Kepala Proyek Rusun Pasar Rumput. 

 

Disamping ketiga rekomendasi di atas, Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada konsultan manajemen konstruksi PT. Ciriajasa Cipta Mandiri untuk mendukung kontraktor dalam menciptakan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan seluruh rekomendasi dilaksanakan kontraktor.  

 

Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada Satuan Kerja Pengembangan Perumahan untuk memastikan hal-hal yang direkomendasikan kepada kontraktor dan konsultan manajemen konstruksi melaksanakan seluruh butir rekomendasi dan meningkatkan pengawasan. 

 

Rusun Pasar Rumput dibangun oleh Kementerian PUPR dan ditargetkan rampung pada akhir 2018. Rusun tersebut terdiri dari tiga tower dengan jumlah 1.985 unit tipe 36. (***)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Sinergi BUMN Wujudkan Kenyamanan Pengguna Jalan Tol, Siap Fasilitasi 8 SPBU di Tol Trans Jawa

Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.

Read more...