yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kembangkan Usaha, Pelaku WP Antusias Sambut Program Bantuan Modal dari Kemenkop dan UKM

PALOPO, JURNAL IBUKOTA: Sejumlah pelaku Wirausaha Pemula (WP) di Sulawesi Selatan antusias menyambut program Kementerian Koperasi dan UKM dalam hal pemberian bantuan dana WP. Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui program Nawa Cita guna meningkatkan daya saing di pasar internasional dan untuk mewujudkan kemandirian perekonomian bangsa.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Instruksikan Menteri PUPR Segera Perbaiki RSUD dan Pasar Tanjung

LOMBOK UTARA, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo pagi ini, Selasa 14 Agustus 2018, meninjau RSUD Tanjung yang berada di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Read more...

Kemendikbud dan TNI AD Adakan Rakornis TMMD ke-101 TA 2018

Mendikbud Muhadjir Effendy beserta Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis TMMD (Rakornis TMMD) ke-101 di Hotel Ciputra, Jakarta, Selasa (13/3/ 2018).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Mendikbud Muhadjir Effendy beserta Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis TMMD (Rakornis TMMD) ke-101 di Hotel Ciputra, Jakarta, Selasa (13/3/ 2018).

 

 

"Pada TMMD ke-101 ini, TNI bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mempercepat tercapaainy visi Kemendikbud tahun 2015- 2019 dan Agend Nawacita dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)," kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika bersama Kasad Jenderal Mulyono membuka Rakornis TMMD ke-101.

 

Menurut Muhadjir, Kemendikbud mendorong sekolah untuk mengoptimalkan peran Tripusat Pendidikan yaitu kolaborasi antara sekolah, keluarga dan masyarakat dalam meluaskaaan akses dan meningkatkan kualitas pendidikan.

 

"Dalam menerapkan layanan pendidikan dan menguatkan PPK, perlu sekali keterlibtan dalam berbagai pihak, salah satu nya TNI," ujarnya.

 

Menurut dia, tidak hanya PPK karena personel TNI menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

 

"Saya harap kolaborasi ini dapat menjangkau aspek yang lebih luas di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Mengingat tidak semua pihak dapat menjangkau daerah tersebut. Dengan kebutuhan itu dan keberadaan TNI, maka layanan pendidikan akan mudah diatasi," katanya.

Menurut dia, berbagai keterlibatan TNI dalam dunia pendidikan bukan hal baru. Pesalnya, kata Muhadjir, peran dan kesigpan prajurit TNI dalam suksesnya pelaksanaan pendidikan di berbagai daerah sudah terbukti, di antaranya anggota TNI yang mengajar di sekolah- sekolah daerah 3T, pengembalian ribuan anak putus sekolah ke sekolah yang merupakan kerja sama antara Pemda dan Babinsa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

 

"Juga ada anggota TNI yang membentu melancarkan akses bagi siswa ke sekolah dengan menggunakan perahu karet menyeberangi sungai di Kabupaten Aceh Barat karena jembatan yang biasa digunakaan rusak akibat banjir," tuturnya.

 

Menurut dia, banyak sekolah yang dibangun juga karena inisiatif dan kepedulian dari pihak TNI bekerjaa sama dengan Pemda di banyak daerah di Indonesia.

 

"Bahkan ada program Srawung TNI kegiatan rutin yang dilakukan oleh semua prajurit di lapangan, sehingga terjalin dan terbentuk jiwa patriot pada diri pelajar, karakter dan kemandirian bangsa. Hal ini menunjang tercapainya pendidikan karakter yang kita gelorakan," tambahnya.

 

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan agar pelaksanaan program TMMD ke-101 TA 2018 dapat berjalan dengan baik, maka pada Rakornis ini para peserta akan dibekali materi dan beberapa narasumber antara lain dari Sekjen Kemendikbud RI, Deputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, perwakilan dari Mabes Polri dan lainnya.

 

"Pelaksanaan TMMD ke-101 TA 2018 akan berlangsung selama 30 hari, dimulai pada tanggal 28 Maret sampai dengan 26 April 2018 di 50 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Adapun jumlah personel yang terlibt sekitar 7.500 orang terdiri dari unsur TNI/Polri, kementerian/LPNK, pemda dan masyarakat," katanya.

 

Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkelanjutan.

 

"Mulai tahun 2017 yang lalu,  kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Adapun tema yang diusung tahun ini yaitu "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa," tuturnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...