yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden: Monumen Kapsul Waktu Miliki Semangat Para Avengers

MERAUKE, JURNAL IBUKOTA: Pagi ini, Jumat 16 November 2018, Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua. Tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

Read more...

Menteri Basuki : DWP Punya Peran Besar Menjauhkan Keluarga dari Narkoba dan Korupsi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa para istri pegawai Kementerian PUPR yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) berperan besar dalam mendukung pencapaian target pembangunan infrastruktur yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa para istri pegawai Kementerian PUPR yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) berperan besar dalam mendukung pencapaian target pembangunan infrastruktur yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR.

 

“Keberhasilan melaksanakan tugas, pasti karena didukung penuh oleh istri/ibu. Untuk itu saya berpesan kepada para ibu DWP untuk menjauhkan keluarga dari 2 hal yakni narkoba dan korupsi. Narkoba tidak pandang bulu. Peran ibu-ibu sangat besar dalam menjauhkan anggota keluarga baik suami maupun anak tidak terkena jerat narkoba yang akan membuat keluarga hancur,” kata Menteri Basuki dalam sambutannya pada acara Peluncuran Buku dan Dialog PUPR yang diselenggarakan dalam rangka HUT DWP ke-18 di Gedung Auditorium, Kementerian PUPR, Jakarta (7/12/2017).

Kementerian PUPR telah melaksanakan beberapa kali tes narkoba kepada pegawai baik yang berada di Pusat maupun Daerah di semua tingkatan jabatan. 

Pesan kedua yakni menjauhkan keluarga dari tindak pidana korupsi, mengingat anggaran yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR sangat besar dan harus bisa dipertanggungjawabkan. Godaan untuk melakukan perilaku koruptif bisa datang dari mana saja terutama pegawai yang menjabat Kepala Satuan Kerja (Satker), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa.

Menteri Basuki juga mendorong DWP menjadi bagian dari kampanye KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) saat ini yakni gerakan Perempuan Anti Korupsi. “Salah kunci untuk terhindar dari perilaku koruptif adalah menerapkan pola hidup sederhana,” tegasnya. Terkait tahun 2018 sebagai tahun politik, Menteri Basuki juga berpesan kepada para ibu DWP untuk mengingatkan suaminya agar tidak berpolitik praktis dan senantiasa fokus bekerja saja.

Usai pembukaan, dilakukan peluncuran buku berjudul Rekam Jejak Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR yang ditandai penyerahan buku secara simbolis oleh Penasihat DWP Ibu Kartika Basuki kepada Menteri Basuki dan para pejabat tinggi Madya yang hadir. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol peringatan HUT DWP ke-18. Pada kesempatan itu juga diluncurkan perangko seri jembatan yakni dengan gambar Jembatan Merah Putih di Ambon, Jembatan Soekarno di Manado dan Jembatan Tayan di Sanggau.

Sementara itu Dialog PUPR mengangkat topik Bakti PUPR Membangun Daya Saing Bangsa dengan narasumber Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah Tahun 2000-2001, Erna Witoelar dan Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti. 

Erna Witoelar menceritakan pengalamannya saat menjabat menteri di antaranya pernah didemo oleh Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini) pada saat membangun infrastruktur di daerah permukiman nelayan di Jawa Barat bagian selatan. Ditambahkannya perspektif perempuan dalam pembangunan infrastruktur diperlukan, karena infrastruktur yang dibangun tidak hanya untuk pria tapi untuk satu keluarga.

Sementara Anita Firmanti menyampaikan pembangunan infrastruktur terus didorong untuk mendukung pengarusutamaan gender di mana manfaatnya juga mengakomodir kebutuhan tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan dan difabel.

Pengarusutamaan gender juga diterapkan dalam pemilihan pegawai yang akan mengisi jabatan melalui _assesment center_ Badan Pengembangan SDM, sehingga seseorang menduduki jabatan semata berdasarkan kemampuan, bukan gender. Saat ini di Kementerian PUPR memiliki 4 wanita yang menempati jabatan tinggi madya yakni Sekjen Anita Firmanti, Dirjen Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, Kepala BPSDM Lolly Martina Martief dan Staf Ahli Menteri PUPR Baby Setiawati Dipokusumo. Satu hal yang unik memgingat karakteristik tugas Kementerian PUPR.

Peringatan hari ulang tahun DWP tahun ini yang mengangkat tema tema "Pengembangan Kualitas Istri ASN Menuju Ketahanan Keluarga". Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahmi pengurus DWP dari seluruh balai-balai di lingkungan Kementerian PUPR.

HUT DWP ke-18 yang menjadi rangkaian peringatan Hari Bakti PU ke- 72, juga diisi dengan kegiatan sosial di antaranya penanaman pohon secara serentak di 35 kota dari Aceh hingga Jayapura pada 28 November 2017 bersamaan dengan Hari Menanam Pohon, bazar sembako. Di samping itu dalam rangka mendukung program bulan peduli kanker dilakukan sosialisasi deteksi dini, kanker serviks dan payudara yang diikuti lebih dari 5.000 peserta serta pemeriksaan Pap Smear bagi pegawai perempuan dengan peserta 2.866 partisipan di balai-balai Kementerian PUPR di daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut Ibu Akbar Tanjung, Ibu Radinal Moochtar, Ibu Rahmadi BS, Ibu Rozik B. Soetjipto, Ibu Djan Faridz, Ibu M. Yusuf Asyári, dan Ibu Djoko Kirmanto. (***)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Dalam Sepekan, Jasa Marga Raih Empat Penghargaan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. 

Read more...