yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Jembatan Kelok Sembilan dalam Bingkai Pariwisata dan Bendung Gerak Jabung Lampung

Tayangan Lentera Indonesia akhir pekan ini menyuguhkan kepada anda Kawasan Strategis Masjid Raya Padang serta Groundsill Jembatan Kelok Sembilan nan elok.JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Tayangan Lentera Indonesia akhir pekan ini menyuguhkan kepada anda Kawasan Strategis Masjid Raya Padang serta Groundsill Jembatan Kelok Sembilan nan elok.

 

Masjid Raya Padang, salah satu ikon baru di jantung Kota Padang. Kementerian PUPR melakukan penataan Kawasan Strategis Masjid Raya Padang guna mendukung wisata religi yang tengah berkembang.

1. Sementara nan jauh di antara Bukit Barisan, Kementerian PUPR terus kembangkan Groundsill Jembatan Kelok Sembilan. Pengembangan ini dilakukan guna mengendalikan kecepatan air sungai agar pilar penyangga jembatan tak cepat tergerus sekaligus mempercantik kawasan Jembatan Kelok 9.

Dua infrastruktur tersebut menjadi contoh kerja nyata bagaimana infrastruktur mendukung pengembangan pariwisata di Sumbar. Kementerian PUPR menghadirkan kepada anda sebuah kisah pembangunan infrastruktur dari salahsatu destinasi wisata unggulan di Tanah Air.

Selengkapnya di *Lentera Indonesia* – tayang di NET TV, Hari Minggu, 22 Oktober 2017 Pukul 14.30 WIB.

2. Lampung sebagai jalur perlintasan utama dari dan menuju Pulau Sumatera. Kementerian PUPR memperkuat konektivitas yang menyambungkan seluruh wilayah Sumatera.

Salah satunya Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 51 km, mempersingkat waktu para pelintas yang membawa logistik karena tak perlu lagi melintasi pusat perkotaan.

Kementerian PUPR juga mendukung Lampung sebagai lumbung pangan nasional dengan dibangunnya Bendung Gerak Jabung sebagai sumber air serta perikanan yang mampu mengairi lahan sekitar 12.000 hektar.

Kedua infrastruktur merupakan wujud nyata pelaksanaan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk memperkuat konektivitas dan ketahanan pangan di wilayah Barat Indonesia.

Saksikan geliat pembangunan infrastruktur dan dampaknya di Provinsi Lampung dalam *Journey* – tayang di Metro TV, Hari Minggu, 15 Oktober 2017 Pukul 16.00 WIB. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...