yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Mengembalikan Peran Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

15 Venue Olahraga di Kompleks GBK Sudah Rampung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Pengarah Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 atau disebut Panitia Nasional Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee) memimpin rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII di Wisma Serbaguna, Gedung INASGOC, Senayan Jakarta, Senin (19/2/2018). 

Read more...

MMS Ciptakan Lingkungan Sehat Mendukung Hari Kesehatan Nasional

PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku badan usaha jalan tol Tangerang-Merak merupakan bagian dari Grup Astra, konsisten menunjukkan dukungannya terhadap Hari Kesehatan Nasional (HKN). Pada peringatan HKN ke-52 ini MMS kembali mengadakan Seminar dan Talkshow Kesehatan yang bertajuk “Atur Aktivitasmu, Sehatkan Badanmu” oleh Lembaga Konsil Bangunan Hijau dan Harry Pantja yang mewakili sosok public figure yang sukses dengan pola hidup sehatnya.CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA. COM: PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku badan usaha jalan tol Tangerang-Merak merupakan bagian dari Grup Astra, konsisten menunjukkan dukungannya terhadap Hari Kesehatan Nasional (HKN).

 

Pada peringatan HKN ke-52 ini MMS kembali mengadakan Seminar dan Talkshow Kesehatan di Ciujung, Kamis (2411/2016) yang bertajuk “Atur Aktivitasmu, Sehatkan Badanmu” oleh Lembaga Konsil Bangunan Hijau dan Harry Pantja yang mewakili sosok public figure yang sukses dengan pola hidup sehatnya.

Peringatan ini dihadiri lebih dari 100 karyawan dan keluarga MMS. Acara ini sekaligus menjadi ajang pengumuman penilaian Program Green Act yang telah diterapkan dan dilombakan di seluruh lingkungan kerja MMS dalam rangka menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang sehat.

Setiap tahun MMS secara aktif mengadakan peringatan HKN dengan berbagai program pengembangan secara berkelanjutan dari Departemen Environment, Social and Responsibility (ESR). 3 tahun terakhir MMS menggalakkan program perubahan perilaku pola hidup sehat untuk menekan angka penyakit akibat kerja yang setiap tahunnya diukur melalui medical check up. Hal ini selain menurunkan keluhan penyakit akibat kerja juga mampu mengubah mindset karyawan secara bertahap untuk bergaya hidup sehat. Tahun ini melalui program Green Act, MMS melakukan kampanye pengelolaan lingkungan kerja melalui produksi bersih, tata rumah tangga yang baik (goodhousekeeping) dan penghijauan di setiap unit kerja. Program Green Act juga mengajak seluruh karyawan untuk menerapkan budaya 3R (Reuse, Reduce, Recycle) serta hemat dalam penggunaan listrik dan air.

Dalam sambutannya Direktur Teknik dan Operasi MMS, Sunarto Sastrowiyoto menyatakan apresiasinya kepada seluruh karyawan yang sudah menerapkan Green Act di unit kerjanya. “Green Act merupakan langkah promotif dalam membangun dan mengupayakan pelestarian dan kesehatan lingkungan dimulai dari lingkungan terkecil di unit kerja MMS hingga dapat menjadi budaya bersama dan merangsang gaya hidup masing-masing individu karyawan untuk lebih peduli lingkungan dan hidup sehat. Dan pencapaian karyawan dalam menerapkan Green Act perlu didukung serta diapresiasikan untuk terus berjalan secara berkelanjutan”, jelas Sunarto.

MMS menyadari peran penting lingkungan dalam menciptakan kesehatan. Berawal dari lingkungan yang bersih dan nyaman tidak hanya dapat mencegah timbulnya wabah penyakit juga dapat meningkatkan produktivitas kinerja karyawan. Pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan. Dalam membentuk lingkungan yang berkualitas diperlukan ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, dibutuhkan juga keterlibatan aktif secara berkesinambungan dari seluruh komponen baik perusahaan maupun keluarga. Untuk memberikan pemahaman mengenai hal tersebut, Seminar dan Talkshow Kesehatan yang diadakan dalam peringatan HKN tahun ini membahas mengenai Intervensi Perusahaan dan Keluarga dalam Penerapan Pola Hidup Sehat yang disampaikan oleh Lembaga Konsil Bangunan Hijau Indonesia atau Green Building Council Indonesia (GBCI) serta menghadirkan Harry Pantja untuk berbagi tips and trik sukses menerapkan pola hidup sehat ditengah rutinitas kerja.

Manajer Departemen ESR, Rury Purwantoko menjelaskan kepedulian MMS terhadap lingkungan dan kesehatan juga ditunjukkan dengan berbagai kegiatan 4 pilar Corporate Social Responsibility (CSR) dan inovasi fasilitas yang diterapkan di jalan Tol Tangerang-Merak. Selain melakukan kegiatan penanaman pohon setiap tahun yang telah mencapai 77.269 batang pohon sejak 2010 s.d. 2016 dan 1.342 kantong darah pada periode Januari s.d. Oktober 2016, MMS juga selalu berusaha untuk melaksanakan program hijau baik dalam layanan, proses kerja maupun penyadaran tentang lingkungan. Beberapa upaya penghematan energi dan air, memanfaatkan energi terbarukan seperti pemakaian solar cell, lampu LED, pengelolaan sampah, menggunakan bahan ramah lingkunganuntuk menciptakan lingkungan yang sehat di sekitar jalan tol.

“Kami selalu memperhatikan konsep Triple Bottom Line: People, Planet dan Profitdalam mewujudkan lingkungan yang sehat. MMS memandang perlunya gerakan dan komitmen bersama untuk peduli lingkungan. Untuk itu melalui peringatan HKN dapat menjadi momentum penggerak bagi kita semua dalam upaya penerapan pola hidup sehat juga pelestarian lingkungan hidup baik di lingkungan kerja maupun bagi lingkungan jalan tol Tangerang-Merak”, ungkap Rury. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau Program Kotaku di Ambon

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff. 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...