yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Masa Depan Industri Pariwisata Ubud Bali, Butuh Entrepreneurship Berbalut Kearifan Lokal

UBUD, BALI, JURNAL IBUKOTA: Meski masih menjadi destinasi utama dunia,  namun industri pariwisata (tourism) Bali dituntut melakukan inovasi dan jangan hanya mengandalkan anugerah keindahan dan budaya yang selama ini melekat di pulau Dewata.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Menerima Penghargaan Pengelola Surat Berharga Syariah Negara

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menerima penghargaan sebagai Pengelola Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Terbaik Tahun Anggaran (TA) 2017 dari Kementerian Keuangan. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Kas Negara Rudy Widodo dan diterima oleh Sekretaris Ditjen Bina Marga, Soebagiono di Jakarta, pada Kamis (19/7).

Read more...

Kemenkop dan UKM-UI Dorong Gerakan Mahasiswa Pengusaha

Deputi Bidang Pemberdayaan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS mengajak mahasiswa Universitas Indonesia (UI) untuk mulai melangkah menggeluti dunia wirausaha sejak masih berstatus mahasiswa.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Deputi Bidang Pemberdayaan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS mengajak mahasiswa Universitas Indonesia (UI) untuk mulai melangkah menggeluti dunia wirausaha sejak masih berstatus mahasiswa.

"Kalau sudah ada ide bisnis, langsung jalankan, jangan banyak pertimbangan, dan jangan takut gagal", tegas Prakoso pada acara sosialisasi program Gerakan Mahasiswa Pengusaha, di kampus Universitas Indonesia, Kota Depok, Senin (19/3). Gerakan Mahasiswa Pengusaha merupakan program yang diinisiasi Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan 59 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, termasuk UI.

Di hadapan para mahasiswa UI, Prakoso berharap para mahasiswa memulai bisnis yang sesuai dengan hobinya. Pasalnya, bila bidang usaha sesuai dengan hobi biasanya akan memiliki kelanggengan usaha yang lebih lama dan stabil. "Selain itu, pilihlah bidang usaha yang belum digarap orang. Atau, pilih usaha yang spesifik pasarnya dan unik, sehingga masih jarang pesaingnya. Jangan pilih bisnis yang sudah dimasuki banyak orang", papar Prakoso.

 

Yang jelas, kata Prakoso, Gerakan Mahasiswa Pengusaha ini bertujuan untuk mengubah mindset para mahasiswa dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Jangan gengsi untuk memulai diri menjadi wirausaha. Kalau kita sudah terbelit gengsi ya akan susah melangkah. "Selain itu, tujuan program gerakan ini juga untuk menumbuhkan jumlah wirausaha di Indonesia. Saat ini, rasio kewirausahaan kita masih di level 3,1%. Masih jauh bila dibandingkan dengan negara seperti Singapura, Malaysia, AS, dan Jepang", imbuh Prakoso.

 

Meski begitu, Prakoso mengakui bahwa kendala utama bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha justru datang dari orangtuanya. "Jujur saja, masih banyak orangtua yang keberatan ketika anaknya memilih jalur hidup menjadi wirausaha. Masih banyak orangtua yang menginginkan anak-anaknya kerja kantoran atau menjadi pejabat. Di samping itu, banyak orangtua keberatan anaknya berbisnis saat masih menjadi mahasiswa karena takut kuliahnya ketinggalan", ungkap Prakoso lagi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI Pribadi Setiyanto mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong anak muda khususnya mahasiswa UI untuk menjadi wirausaha sejak dini. "Banyak contoh wirausaha sukses yang belajar dari banyak kegagalan. Ada teman saya yang sukses menjadi pengusaha setelah 11 kali mengalami kegagalan. Artinya, sejak muda menjadi wirausaha jangan pernah takut gagal, jalankan terus", tandas dia.

 

Oleh karena itu, Pribadi menegaskan bahwa UI menyambut baik bergulirnya program Gerakan Mahasiswa Pengusaha di kalangan kampus. "Diharapkan dengan turut mensukseskan program tersebut dunia kampus mampu meningkatkan jumlah rasio kewirausahaan di Indonesia", pungkas Pribadi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Rombongan Komisaris dan Direksi Pantau Penyelenggaraan Jalan Tol Jasa Marga di Sumatera

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun beserta Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Belmera, Sumatera Utara, Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7). Selain memantau perkembangan terkini Jalan Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa, rombongan juga memantau progres pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun beserta Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Belmera, Sumatera Utara, Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7). Selain memantau perkembangan terkini Jalan Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa, rombongan juga memantau progres pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). 

Read more...