yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Target Ekspor Produk Furniture dan Kerajinan Indonesia Tahun 2018 Capai USD 2 M

Pemerintah Indonesia memberi target ekspor produk furniture dan kerajinan pada tahun 2018 mencapai USD 2 miliar. Ekspor Indonesia akan menyasar pasar tradisional seperti Amerika, Eropa, dan China, serta pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Indonesia memberi target ekspor produk furniture dan kerajinan pada tahun 2018 mencapai USD 2 miliar. Ekspor Indonesia akan menyasar pasar tradisional seperti Amerika, Eropa, dan China, serta pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur.

 

 

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan industri kerajinan dan furniture merupakan sektor yang padat karya dimana dapat menyerap banyak tenaga kerja hingga 500 ribu orang per USD 1 miliar. 

 

“Sehingga sektor ini tidak hanya memberikan nilai tambah, namun juga multiplier effect bagi perekonomian Indonesia,” kata Wayan pada pembukaan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

 

Dalam rangka program promosi dan perluasan pasar produk UKM potensial ekspor Indonesia, Kemenkop dan UKM memfasilitasi UKM Indonesia pada pameran IFEX 2018 yang berlangsung mulai 9 – 12 Maret 2018 di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. 

 

Pameran untuk kategori furniture dan home dècor ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. IFEX merupakan penyelenggaraan ke-5 kalinya ini menampilkan lebih dari 500 exhibitor dari kategori produk home décor dan furniture dari seluruh Indonesia.

 

IFEX 2018 secara resmi telah dibuka pada tanggal 9 Maret 2018 dengan dihadiri Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif, serta perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kemenkop dan UKM. 

 

Dalam pameran kali ini, Kemenkop dan UKM memfasilitasi 15 UKM yang berasal dari Jakarta, Bali, Yogyakarta, Banten, Jabar, dan Jateng. Hasil transaksi yang diperoleh selama pameran berlangsung adalah sebesar Rp 4,8 miliar, dengan penjualan ritel sebesar Rp 1,3 miliar dan order potensial sebesar Rp 3,4 miliar

 

“Terjadi peningkatan baik dari jumlah UKM yang difasilitasi (dari 11 UKM menjadi 15 UKM), maupun transaksi yang dibukukan dari tahun sebelumnya (transaksi total 2017 Rp 1,9 miliar, menjadi Rp 4,8 miliar pada tahun 2018),” kata Wayan.

 

Adapun negara potensial ekspor yang dijangkau oleh UKM fasilitasi Kemenkop dan UKM diantaranya adalah dari Arab Saudi, Jerman, Singapura, Australia, India, Pakistan, Inggris, Amerika, Meksiko, Jepang, Spanyol, Afrika Selatan, Korea Selatan, dan Mongolia. 

 

Sedangkan kategori produk yang diminati adalah wooden flooring, wooden handicraft, dan handweaving bamboo basket.

 

Wayan mengungkapkan bahwa produktivitas UKM Indonesia dari kategori home décor dan furniture dalam menghadapi tantangan ekspor telah teruji dengan kontribusinya yang signifikan terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan devisa negara. 

 

“Oleh karena itu, sektor ini harus terus dikembangkan sebagai salah satu tonggak perekonomian nasional,” ujarnya.

 

Asisten Deputi Pemasaran, Herustiati menambahkan bahwa IFEX merupakan salah satu agenda tahunan yang signifikan dalam pengembangan pemasaran UKM Indonesia khususnya di sektor furniture dan home décor sehingga Kemenkop dan UKM memilih event ini sebagai salah satu prioritas agenda promosi tahunan. 

 

Kemenkop dan UKM memiliki berbagai agenda promosi dalam negeri baik untuk kategori pameran berskala internasional, nasional, maupun kedaerahan yang memberikan kesempatan bagi UKM Indonesia untuk memperkuat eksistensinya di pasar domestik maupun menjangkau buyers internasional yang datang ke Indonesia. 

 

“Pemasaran produk UKM Indonesia menjadi perhatian dari pemerintah karena aspek tersebut masih perlu didorong terutama agar UKM agar memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas lagi,” ucap Herustiati.

 

“Sejalan dengan perkembangan jaman mau tidak mau UKM Indonesia harus beradaptasi dengan permintaan pasar global yang dinamis dan menuntut inovasi tanpa henti,” tambahnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...