yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menteri Puspayoga : Peran Koperasi Bisa Tekan Angka Pengiriman TKW Ilegal

TULUNGAGUNG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengatakan apabila koperasi dikelola secara baik (koperasi berkualitas) akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan begitu, kata Puspayoga, peran koperasi bisa menekan angka pengiriman tenaga kerja Indonesia, maupun wanita (TKI/TKW) secara ilegal ke luar negeri.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Terus Mendorong Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 di Semarang merupakan salah satu bentuk nyata keseriusan Pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau dan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Read more...

Target Ekspor Produk Furniture dan Kerajinan Indonesia Tahun 2018 Capai USD 2 M

Pemerintah Indonesia memberi target ekspor produk furniture dan kerajinan pada tahun 2018 mencapai USD 2 miliar. Ekspor Indonesia akan menyasar pasar tradisional seperti Amerika, Eropa, dan China, serta pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah Indonesia memberi target ekspor produk furniture dan kerajinan pada tahun 2018 mencapai USD 2 miliar. Ekspor Indonesia akan menyasar pasar tradisional seperti Amerika, Eropa, dan China, serta pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur.

 

 

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan industri kerajinan dan furniture merupakan sektor yang padat karya dimana dapat menyerap banyak tenaga kerja hingga 500 ribu orang per USD 1 miliar. 

 

“Sehingga sektor ini tidak hanya memberikan nilai tambah, namun juga multiplier effect bagi perekonomian Indonesia,” kata Wayan pada pembukaan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

 

Dalam rangka program promosi dan perluasan pasar produk UKM potensial ekspor Indonesia, Kemenkop dan UKM memfasilitasi UKM Indonesia pada pameran IFEX 2018 yang berlangsung mulai 9 – 12 Maret 2018 di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. 

 

Pameran untuk kategori furniture dan home dècor ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. IFEX merupakan penyelenggaraan ke-5 kalinya ini menampilkan lebih dari 500 exhibitor dari kategori produk home décor dan furniture dari seluruh Indonesia.

 

IFEX 2018 secara resmi telah dibuka pada tanggal 9 Maret 2018 dengan dihadiri Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif, serta perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kemenkop dan UKM. 

 

Dalam pameran kali ini, Kemenkop dan UKM memfasilitasi 15 UKM yang berasal dari Jakarta, Bali, Yogyakarta, Banten, Jabar, dan Jateng. Hasil transaksi yang diperoleh selama pameran berlangsung adalah sebesar Rp 4,8 miliar, dengan penjualan ritel sebesar Rp 1,3 miliar dan order potensial sebesar Rp 3,4 miliar

 

“Terjadi peningkatan baik dari jumlah UKM yang difasilitasi (dari 11 UKM menjadi 15 UKM), maupun transaksi yang dibukukan dari tahun sebelumnya (transaksi total 2017 Rp 1,9 miliar, menjadi Rp 4,8 miliar pada tahun 2018),” kata Wayan.

 

Adapun negara potensial ekspor yang dijangkau oleh UKM fasilitasi Kemenkop dan UKM diantaranya adalah dari Arab Saudi, Jerman, Singapura, Australia, India, Pakistan, Inggris, Amerika, Meksiko, Jepang, Spanyol, Afrika Selatan, Korea Selatan, dan Mongolia. 

 

Sedangkan kategori produk yang diminati adalah wooden flooring, wooden handicraft, dan handweaving bamboo basket.

 

Wayan mengungkapkan bahwa produktivitas UKM Indonesia dari kategori home décor dan furniture dalam menghadapi tantangan ekspor telah teruji dengan kontribusinya yang signifikan terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan devisa negara. 

 

“Oleh karena itu, sektor ini harus terus dikembangkan sebagai salah satu tonggak perekonomian nasional,” ujarnya.

 

Asisten Deputi Pemasaran, Herustiati menambahkan bahwa IFEX merupakan salah satu agenda tahunan yang signifikan dalam pengembangan pemasaran UKM Indonesia khususnya di sektor furniture dan home décor sehingga Kemenkop dan UKM memilih event ini sebagai salah satu prioritas agenda promosi tahunan. 

 

Kemenkop dan UKM memiliki berbagai agenda promosi dalam negeri baik untuk kategori pameran berskala internasional, nasional, maupun kedaerahan yang memberikan kesempatan bagi UKM Indonesia untuk memperkuat eksistensinya di pasar domestik maupun menjangkau buyers internasional yang datang ke Indonesia. 

 

“Pemasaran produk UKM Indonesia menjadi perhatian dari pemerintah karena aspek tersebut masih perlu didorong terutama agar UKM agar memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas lagi,” ucap Herustiati.

 

“Sejalan dengan perkembangan jaman mau tidak mau UKM Indonesia harus beradaptasi dengan permintaan pasar global yang dinamis dan menuntut inovasi tanpa henti,” tambahnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga Terkait Waktu Pemberlakuan Integrasi JORR

Sehubungan dengan maraknya infografis terkait pemberlakuan integrasi JORR, dapat kami sampaikan bahwa tanggal pemberlakuan integrasi Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tercantum dalam infografis tersebut bukan merupakan tanggal pemberlakuan resmi integrasi JORR.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sehubungan dengan maraknya infografis terkait pemberlakuan integrasi JORR, dapat kami sampaikan bahwa tanggal pemberlakuan integrasi Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tercantum dalam infografis tersebut bukan merupakan tanggal pemberlakuan resmi integrasi JORR.

Read more...