yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengawasan Koperasi di Perancis Dinilai Sangat Kuat

PARIS, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Perancis tumbuh secara luar biasa dan menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Di negara tersebut, PDB koperasi menyumbang 12% terhadap PDB nasional.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani Cek Kesiapan Arena Olahraga di Kompleks GBK

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau beberapa arena olahraga di Kawasan GBK guna memastikan pekerjaan selesai sesuai target yang akan digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018.

Read more...

Kemenkop dan UKM: Perlu Sinergi Penguatan Modal UMKM Perbatasan

Kementerian Koperasi dan UKM, berpendapat bahwa untuk membangun suatu daerah perbatasan perlu ada sinergi program antar berbagai stakeholders. Misalnya dengan mendorong peran UMKM supaya bisa tumbuh dan berkembang.BELU, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM, berpendapat bahwa untuk membangun suatu daerah perbatasan perlu ada sinergi program antar berbagai stakeholders. Misalnya dengan mendorong peran UMKM supaya bisa tumbuh dan berkembang.

 

Begitu juga perlu mendukung penguatan permodalan dan pengembangan UMKM perbatasan negara berbasis potensi lokal. Dalam hal ini diharapkan adanya sinergi antara Kemenkop dan UKM, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), dengan pemda, maupun KL.

Pendapat itu dikemukakan Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Pembiayaan, Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Pengelolaan Potensi dalam Rangka Penguatan Permodalan Masyarakat Perbatasan Negara di Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), di Belu, NTT, Jumat (10/11/2017).

Rakor dihadiri Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Timur, Perwakilan BNPP Provinsi Nusa Tenggara Timur, SKPD terkait di Kabupaten Belu, Camat, Lurah, maupun Pengurus Koperasi dan UMKM.

"Sehingga perekonomian di daerah perbatasan tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan pemerintah," kata Luhur.

Meski begitu, menurut Luhur, dukungan permodalan bagi UMKM melalui kegiatan pengembangan wirausaha pemula sangat strategis, dan peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan pelatihan. Selain itu, juga perlu ada tenaga pendamping.

Dengan adanya tenaga pendamping, diharapkan, para UMKM maupun koperasi dapat didorong untuk dapat mengakses pembiayaan yang bersumber dari lembaga perbankan maupun lembaga non bank.

"Tugas pendamping tidak hanya mendapatkan permodalan tapi juga membimbing pemanfaatan dana, bagaimana mengemas suatu produk yang baik dan bahkan mencarikan pasar yang potensial termasuk di daerah perbatasan," katanya.

Dengan demikian, diharapkan usaha UMKM dan Koperasi dapat berkembang, pendapatan masyarakat meningkat sehingga masyarakat di daerah perbatasan hidup sejahtera dan akan memperkokoh NKRI.

Dalam kesempatan yang sama Petrus Bere, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, menyampaikan bahwa sebagai wilayah perbatasan negara yang merupakan beranda negara, maka Pos Lintas Batas Negara (PLBN) harus lebih bagus dari Negara tetangga.

"Prasarana yang telah dibangun pemerintah harus dimaksimalkan pemanfaatannya, masyarakat harus peduli termasuk para UMKM," ungkap Petrus.

Sementara Boitenjeri, Deputi Pengelolaan Potensi Darat, BNPP menyampaikan, sebagai beranda negara harus menjaga pertahanan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar PLBN dan lingkungan. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Pasca Penyesuaian Tarif Kondisi Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Berjalan Lancar

Manager Humas Theresia Dyah memberikan Souvenir dan Tabel Penyesuaian Tarif kepada pengguna jalanTANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejak diberlakukannya penyesuaian tarif tol Ruas Cikupa-Merak pada 21 November pukul 00.00 WIB, kondisi lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak berlangsung lancar.

Read more...