yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Dorong Pengusaha UKM Indonesia Tingkatkan Hubungan Bisnis dengan Korea

 Kemenkop dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Kemenkop dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.

 

"Keunggulan SDA  (Sumber Daya Alam) dan produk sumberdaya alam berdaya saing tinggi yang dimiliki UKM Indonesia, bisa dipadukan dengan pengusaha Korea yang dikenal unggul dalam teknologi, sehingga selain bisa meningkatkan volume perdagangan antar dua negara, juga bisa terjadi transfer of knowledge, atau transfer of technology" ujar  Agus Muharram, Sekretaris Kemenkop dan UKM, dalam acara Korea- Indonesia SMEs Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

 

Hadir dalam acara tersebut, Lim Chae Un, President Small Medium Business Corporation (SBC) Korea, No Tae Jin, Chairman INN Biz Club, I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Kelembagaan, Hermawan Kartajaya, President Asia Council Small Business (ACSB) dan ICSB (Indonesian Council Small Business), dan Nita Yudi,  Ketua Umum IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia). 

 

Agus memaparkan, UMKM merupakan mayoritas pelaku ekonomi di Indonesia dengan jumlah lebih dari 59 juta, dimana 98 persennya merupakan pengusaha mikro dan kecil. 

 

Yang dimaksud pengusaha mikro, adalah usaha dengan omset sampai dengan Rp 300 juta dan aset sampai dengan Rp 50 juta. Sedang usaha kecil, dengan omset Rp 300 Ribu - Rp 2,5 Milyar dengan aset sampai dengan Rp 500 Juta.

 

" Tentu di Korea ada penggolongan sendiri mengenai kriteria UKM, nah disinilah kita upayakan adanya sinergi dengan UKM Korea," kata Agus.

 

Dalam hal ini Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan Small Medium Business Coorporation (SBC ) Korea menyelenggarakan kegiatan Korea - Indonesia SMEs Cooperation Forum untuk meningkatkan kerjasama business matching, pemagangan dan transfer of technology and knowledge  bagi kemakmuran UKM Indonesia dan Korea. 

 

Komitmen Kembangkan UKM

 

Sementara itu Lim Chae Un ,President SBC  Korea mengatakan,  pemerintah Korea memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan UKM di Korea dan melakukan kerjasama dengan UKM negara lain khususnya Indonesia.

 

"Ini terbukti dengan dinaikkannya status SMBA (Small and Medium Business Administration) menjadi Ministry of SME and Startups pada tahun ini (2017) dengan anggaran 8 juta USD, dimana SBC (Small and medium Business Corporation) merupakan salah satu institusi yang bertugas meningkatkan kerjasama usaha UKM." Katanya.

 

No Tae Jin, Chairman INN BIZ Club (Asosiasi Pengusaha Korea di Indonesia), menambahkan ada banyak UKM Korea yang siap melakukan kerjasama dengan Indonesia.

 

" Perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia juga banyak yang melakukan kerjasama dengan UKM disini. Hal itu karena kami melihat potensi UKM ini sangat besar, " tambahnya.

 

Kerjasama IWAPI - SBC Korea

 

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani kerjasama antara IWAPI dengan SBC Korea.

 

Menurut Ketum IWAPI, Nita Yudi, kerjasama ini mencakup empat hal.

 

Pertama, business matching antara perusahaan anggota IWAPI dengan  anggota SBC Korea agar data menjadi bagian dari mata rantai perusahaan manufaktur atau industri Korea.

 

Kedua, assistensi program terutama dalam E Commerce dimana melanjutkan kerjasama dengan Inni BIZ Club ( asosiasi pengusaha Korea di Indonesia) yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Ketiga, inovasi produk melalui kreasi IWAPI belia, bisnis star-up dibidang kreatif seperti animasi, film, art (seni) dan craft (kerajinan).

 

Keempat, kerjasama pemagangan atau pengiriman tenaga kerja melalui mekanisme bisnis, dimana tenaga kerja Indonesia selain bisa memberikan kontribusi tenaga, juga dapat menyerap alih teknologi dan pengetahuan, selama magang di Korea. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...