yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Mengembalikan Peran Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

15 Venue Olahraga di Kompleks GBK Sudah Rampung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Pengarah Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 atau disebut Panitia Nasional Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee) memimpin rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII di Wisma Serbaguna, Gedung INASGOC, Senayan Jakarta, Senin (19/2/2018). 

Read more...

Kemenkop dan UKM Dorong Pengusaha UKM Indonesia Tingkatkan Hubungan Bisnis dengan Korea

 Kemenkop dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Kemenkop dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.

 

"Keunggulan SDA  (Sumber Daya Alam) dan produk sumberdaya alam berdaya saing tinggi yang dimiliki UKM Indonesia, bisa dipadukan dengan pengusaha Korea yang dikenal unggul dalam teknologi, sehingga selain bisa meningkatkan volume perdagangan antar dua negara, juga bisa terjadi transfer of knowledge, atau transfer of technology" ujar  Agus Muharram, Sekretaris Kemenkop dan UKM, dalam acara Korea- Indonesia SMEs Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

 

Hadir dalam acara tersebut, Lim Chae Un, President Small Medium Business Corporation (SBC) Korea, No Tae Jin, Chairman INN Biz Club, I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Kelembagaan, Hermawan Kartajaya, President Asia Council Small Business (ACSB) dan ICSB (Indonesian Council Small Business), dan Nita Yudi,  Ketua Umum IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia). 

 

Agus memaparkan, UMKM merupakan mayoritas pelaku ekonomi di Indonesia dengan jumlah lebih dari 59 juta, dimana 98 persennya merupakan pengusaha mikro dan kecil. 

 

Yang dimaksud pengusaha mikro, adalah usaha dengan omset sampai dengan Rp 300 juta dan aset sampai dengan Rp 50 juta. Sedang usaha kecil, dengan omset Rp 300 Ribu - Rp 2,5 Milyar dengan aset sampai dengan Rp 500 Juta.

 

" Tentu di Korea ada penggolongan sendiri mengenai kriteria UKM, nah disinilah kita upayakan adanya sinergi dengan UKM Korea," kata Agus.

 

Dalam hal ini Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan Small Medium Business Coorporation (SBC ) Korea menyelenggarakan kegiatan Korea - Indonesia SMEs Cooperation Forum untuk meningkatkan kerjasama business matching, pemagangan dan transfer of technology and knowledge  bagi kemakmuran UKM Indonesia dan Korea. 

 

Komitmen Kembangkan UKM

 

Sementara itu Lim Chae Un ,President SBC  Korea mengatakan,  pemerintah Korea memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan UKM di Korea dan melakukan kerjasama dengan UKM negara lain khususnya Indonesia.

 

"Ini terbukti dengan dinaikkannya status SMBA (Small and Medium Business Administration) menjadi Ministry of SME and Startups pada tahun ini (2017) dengan anggaran 8 juta USD, dimana SBC (Small and medium Business Corporation) merupakan salah satu institusi yang bertugas meningkatkan kerjasama usaha UKM." Katanya.

 

No Tae Jin, Chairman INN BIZ Club (Asosiasi Pengusaha Korea di Indonesia), menambahkan ada banyak UKM Korea yang siap melakukan kerjasama dengan Indonesia.

 

" Perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia juga banyak yang melakukan kerjasama dengan UKM disini. Hal itu karena kami melihat potensi UKM ini sangat besar, " tambahnya.

 

Kerjasama IWAPI - SBC Korea

 

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani kerjasama antara IWAPI dengan SBC Korea.

 

Menurut Ketum IWAPI, Nita Yudi, kerjasama ini mencakup empat hal.

 

Pertama, business matching antara perusahaan anggota IWAPI dengan  anggota SBC Korea agar data menjadi bagian dari mata rantai perusahaan manufaktur atau industri Korea.

 

Kedua, assistensi program terutama dalam E Commerce dimana melanjutkan kerjasama dengan Inni BIZ Club ( asosiasi pengusaha Korea di Indonesia) yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Ketiga, inovasi produk melalui kreasi IWAPI belia, bisnis star-up dibidang kreatif seperti animasi, film, art (seni) dan craft (kerajinan).

 

Keempat, kerjasama pemagangan atau pengiriman tenaga kerja melalui mekanisme bisnis, dimana tenaga kerja Indonesia selain bisa memberikan kontribusi tenaga, juga dapat menyerap alih teknologi dan pengetahuan, selama magang di Korea. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau Program Kotaku di Ambon

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff. 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...