yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Dukung Ormas Tingkatkan Kewirausahaan dengan Teknologi

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menyampaikan, peran Ormas tidak hanya menentukan kondisi ekonomi negara, tetapi juga berperan dalam menentukan stabilitas negara. Hal tersebut disampaikan Agus dalam pelantikan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) yang juga diisi dengan talk show tentang kewirausahaan yang bertema JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menyampaikan, peran Ormas tidak hanya menentukan kondisi ekonomi negara, tetapi juga berperan dalam menentukan stabilitas negara. Hal tersebut disampaikan Agus dalam pelantikan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) yang juga diisi dengan talk show tentang kewirausahaan yang bertema "Pemanfaatan tekhnologi informasi untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan”, Jumat (3/11/2017) di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan.

 

Acara tersebut turut dihadiri Walikota Jaksel Tri Kurniadi, Kesbangpol Jaksel Muhammad Masani, Dandim 0504 Jaksel diwakili Sunarko selaku Kasdim, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan, AKBP Dri Astuti selaku kasat Bimas, Ketua FLO Jaksel KH Zaini Ahmad, Camat Setiabudi Dian Erlangga, Danramil Setiabudi Mayor Budi Winoto, Ketua FLO Jagakarsa Purwanto, dan para Lurah se-kecamatan Setiabudi.

"Kami dari pemerintah mendukung aktivitas dari Ormas dalam menjaga stabilitas keamanan dan perekonomian nasional, yang tentunya mempunyai peran dalam mempertahankan integritas kita sebagai Bangsa Indonesia. Kita harus bekerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas, serta kerja bersama atau bergotong royong membangun bangsa", kata Agus dalam sambutannya.

Selain itu, menurut Agus, acara pelantikan yang dikemas dengan talkshow tentang teknologi dalam kewirausahaan tersebut merupakan hal yang penting, mengingat teknologi sudah menjadi alat penunjang yang mutlak bagi keberhasilan dunia kewirausahaan di Indonesia. "Sekarang sepertinya tidak ada yang bisa membendung kemajuan teknologi, kecuali diri kita sendiri dan peraturan yang ditegakkan secara tegas dan konsisten, " tegasnya.

Sementara itu, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kopersi dan UKM yang telah memfasilitasi kegiatan pelantikan pengurus FLO tersebut, dan mempersilakan para anggota Ormas untuk berpartisipasi dalam program kewirausahaan Kemenkop dan UKM.

"Forum Lintas Ormas didirikan untuk membangun dan mengembangkan kesetiakawanan sosial dengan toleransi antar Ormas, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dengan terbentuknya pengurus Lintas Ormas tingkat Kecamatan, akan dapat menjadi media menjaga keharmonisan hidup Ormas itu sendiri," tutur Tri Kurniadi.

Dalam kesempatan yang sama pula, Kapolres Jakarta Selatan Iwan Kurniawan mengatakan, "Ini luar biasa, Forum Lintas Ormas ini mengemas acara dengan talkshow kewirausahaan. Terlebih kewirausahaan yang ditunjang dengan teknologi," kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengapresiasi adanya Talkshow tentang kewirausahaan yang menurutnya mampu meningkatkan ekonomi Indonesia. "Kalau ekonomi kita kuat, maka bangsa kita akan kuat dan tidak mudah diadu domba. Dan pengkhianatan itu terjadi karena ekonomi kita lemah," tegas Iwan.

Tim Sosial Media Kemenkop dan UKM Freddy Yakob juga menegaskan, bahwa teknologi telah menjadikan pasar baru di dunia maya. "Maka itu terjadilah penjual dan pembeli di online shop. Kalau dulu itu jualannya di Kaskus, nah kita punya peluang di sini. Kemenkop UKM punya followers di sosial media sudah puluhan ribu di akun @kemenkopukm, baik Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube," jelasnya.

Karena peluang inilah, menurut Freddy, pihaknya membuat program Pasar Senen UKM. Program tersebut guna membantu para UKM yang berjualan online. "Program pasar Senen UKM ini ada di instagram kemenkopukm. Hanya tinggal foto produknya setiap hari Senin jam 8 sampai jam 12 siang tag ke kita, nanti akan kita promosikan di akun resmi Kementerian Koperasi dan UKM. Di instagram kita itu sekarang terdapat 25.933 followers, dengan total reach minggu kemarin 161.000. Bahkan dilihat dari analisanya GdiLab akun instagram Kemenkop dan UKM, potensial dilihat mencapai 38,9 juta akun. Peluangnya sangat besar nih. Program ini gratis," jelas Freddy.

Maka, lanjut Freddy, bagi para pelaku usaha yang masih belum online, dibuat online. Kalau belum bisa, kontak ke kita. Kita akan bantu semaksimal mungkin. Kalau bapak ibu ngga ngerti kirim pesan ke akun sosmed kita. Kita akan membantu ukm-ukm untuk berjualan secara online. Jadi biasanya kita sabtu Minggu sudah sosialisasi tuh jangan lupa ikut program pasar Senen UKM.

Pakar Informasi dan Teknologi sekaligus Konseptor Sistem Informasi KUMKM Gemma Sasmita mengharapkan, bahwa Kemenkop dan UKM menginginkan anggota FLO bisa memaksimalkan teknologi informasi untuk berwirausaha. “Setiap gerakan jari di gadget kita usahakan dapat menghasilkan uang,” harap Gemma Sasmita yang juga selaku Penasihat di FLO periode 2017-2022.

Forum Lintas Ormas (FLO) adalah sebuah organisasi lintas organisasi kemasyarakatan sebagai sarana silaturahmi dan tempat berkumpulnya ormas-ormas di Setiabudi. FLO yang terdiri dari 18 Ormas ini berharap supaya kecamatan Setiabudi lebih aman, kondusif dan berguna bagi masyarakat serta dapat membantu program keamanan dan kenyamanan bagi aparat di Setiabudi. FLO juga ingin berperan bagi pembangunan daerah khususnya di Setiabudi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...