yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengawasan Koperasi di Perancis Dinilai Sangat Kuat

PARIS, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Perancis tumbuh secara luar biasa dan menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Di negara tersebut, PDB koperasi menyumbang 12% terhadap PDB nasional.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani Cek Kesiapan Arena Olahraga di Kompleks GBK

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau beberapa arena olahraga di Kawasan GBK guna memastikan pekerjaan selesai sesuai target yang akan digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018.

Read more...

Benvika: Indonesia Harus Bebas Topeng Monyet pada 2016

Suasana pelepasliaran monyet ekor panjang yang ditangkap dari sirkus topeng monyet di Jakarta, Rabu (24/9/2014)JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Benvika mengatakan Indonesia harus terbebas dari pertunjukan topeng monyet pada 2016, karena atraksi topeng monyet itu kental dengan penyiksaan terhadap hewan.

 

"Dalam sirkus hewan, pasti ada kekerasan," kata Benvika, Ketua JAAN, saat jumpa pers mengenai pelepasan monyet di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI), Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, di Jakarta Selatan, pada Rabu (24/9/2014).

Menurut Benvika, pelatihan terhadap semua hewan yang akan ditampilkan sebagai bintang pertunjukan cenderung menggunakan kombinasi kekerasan dan penyiksaan. Topeng monyet, misalnya, monyet yang dilatih harus diikat dan hanya diberi makan satu kali.

Padahal, jelasnya, kekerasan pada hewan melanggar KUHP pasal 302 tentang larangan kekerasan terhadap satwa. Selain itu, topeng monyet di Jakarta juga berpotensi mengganggu ketertiban umum sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No 8 tahun 2007.

"Karena mereka sering mengadakan pertunjukan di perapatan jalan sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas," katanya.

JAAN juga mengusulkan agar monyet yang saat ini dipergunakan untuk atraksi topeng monyet segera dilepaskan ke alam bebas. Sebab monyet pada dasarnya bukan jenis binatang peliharaan, selain mencegah penyakit menular seperti rabies.

Sebanyak delapan ekor monyet hasil razia topeng monyet di Jakarta selama Oktober 2013, telah dilepas ke hutan di kawasan Cikepu, Sukabumi, pada Rabu (24/9/2014). Pelepasan dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta. Monyet yang dilepas ke hutan itu, dijamin telah bebas dari rabies. Dan 90 persen diyakini akan mampu bertahan hidup di alam liar.

JAAN selama ini telah merehabilitasi 87 monyet di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan, Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta. Kini masih ada 67 satwa yang berada dalam pengawasan JAAN dan BKHI Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

Menurut Benvika, tempat pelepasliaran tersebut berada di sebuah pulau yang terletak di tengah danau, sehingga warga tidak bisa masuk ke daerah yang diawasi ketat itu.

"Pada tahap berikutnya akan dilepaskan 16 ekor monyet berekor panjang yang sudah membentuk koloni dalam kandang rehabilitasi di BKHI," katanya. (Ags/maN)

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Pasca Penyesuaian Tarif Kondisi Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Berjalan Lancar

Manager Humas Theresia Dyah memberikan Souvenir dan Tabel Penyesuaian Tarif kepada pengguna jalanTANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejak diberlakukannya penyesuaian tarif tol Ruas Cikupa-Merak pada 21 November pukul 00.00 WIB, kondisi lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak berlangsung lancar.

Read more...