yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Asian Games Buka Peluang UMKM Tembus Pasar Ekspor

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:Ajang olahraga terbesar di Asia Asian Games 2018 membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk bisa memasarkan produknya sekaligus menembus pasar ekspor.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pertama Kali, Upacara HUT RI Ke-73 di PLBN Entikong Berlangsung Khidmat

ENTIKONG, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat yang tinggal di perbatasan di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di lapangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Jumat (17/8/2018). Sejak diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2016 lalu, PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat telah menjadi ikon dan pusat pertumbuhan ekonomi baru di perbatasan.

Read more...

KAMMI Desak Kapolri Usut Dugaan TPPU oleh Oknum Pejabat Polda Metro Jaya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Jakarta Ahmad Najmu mendesak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut secara tuntas indikasi TPPU oleh oknum pejabat Polda Metro Jaya.

Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Jakarta Ahmad Najmu mendesak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut secara tuntas indikasi TPPU oleh oknum pejabat Polda Metro Jaya.

"Kami mendesak agar Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut tuntas dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang diduga dilakukan oleh oknum pejabat  Polda Metro Jaya berinisial  MI, sesuai dengan laporan LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kepada Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri tertanggal 11 Februari 2017,"  kata Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Jakarta Ahmad Najmu dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (12/3/ 2017).

Menurut Ahmad Najmu, sebagaimana laporan dari LSM MAKI, terdapat dugaan ditemukannya warga Tegal berinisial SUB yang memiliki harta melimpah dengan nilai sebesar Rp 80 miliar yang tidak sesuai dengan profilnya sebagai warga biasa, sehingga patut diduga merupakan hasil TPPU.

"Bahwa harta melimpah tersebut diduga berasal dari seorang oknum pejabat  Polda Metro Jaya dengan modus penyembunyian asal usul harta dan uang, penyamaran, serta dititipkan ke orang lain atau meminjam nama," tutur Ahmad.

Menurut Ahmad, berdasarkan data dari LSM MAKI, harta melimpah milik oknum itu berbentuk tanah yang begitu luas, hingga mencapai ratusan hektar.

"Harta kekayaan oknum penegak hukum yang pernah berdinas di Tegal ini berbentuk lahan kebun, lahan sawah, rumah mewah dan tanah yang cukup luas, dan harta tersebut disembunyikan atas nama warga Tegal itu. Ini diduga merupakan modus penyembunyian harta yang terkategori sebagai tindak pidana pencucian uang (TPPU)," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PD KAMMI Jakarta Selatan, Abdullah Mas’ud, menyatakan bahwa sosok SUB, nama yang dititipi harta oleh oknum pejabat itu, sangat aneh dan janggal.

"SUB ini adalah warga Tegal, yang diketahui oleh banyak orang sebagai pengangguran, namun memiliki aset yang bernilai puluhan miliar. Hal ini sangat membingungkan, sehingga ada indikasi TPPU oleh oknum itu yakni dengan menitipkan hartanya ke SUB agar tidak terungkap oleh penyidik," tambahnya.

Lalu ketua Umum PD KAMMI Jakarta Timur, Jimmy Julian, mendesak agar Kapolri membuka secara transparan kasus indikasi TPPU yang melibatkan jajarannya, karena hal tersebut akan semakin merusak citra kepolisian.

"Dugaan kasus TPPU ini harus segera diungkap, apa lagi oknum pejabat itu saat ini memiliki posisi strategis di Polda Metro Jaya, sehingga sangat mungkin akan membuat citra kepolisian semakin jatuh di hadapan masyarakat jika hal ini tidak diungkap,” terangnya.

Seperti  diketahui, LSM MAKI mengeluarkan temuan dan indikasi TPPU yang disampaikan kepada Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri melalui surat No 46/MAKI/II/ 2017 tertanggal 11 Februari 2017.  Surat temuan tersebut juga disampaikan ke Pimpinan KPK dan Jaksa Agung.

“Kami akan terus mendesak terusutnya kasus ini. Jika Kapolri tetap diam, Selasa (14/3/2017) besok secara langsung kami akan turunkan 500 orang massa aksi di depan kantor Mabes Polri," pungkas Jimmy. (*/Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...