yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Skala Bisnis Bank Sampah Capai Rp18 Miliar

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Bisnis daur ulang sampah melalui bank sampah dinilai cukup potensial. Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM bidang Ekonomi Makro Hasan Djauhari. Ia juga mengatakan bahwa ada sekitar 4.000 bank sampah yang sudah beroperasi dengan mengumpulkan sampah rumah tangga, untuk kemudian dipisahkan berdasarkan jenisnya dan didaur ulang menjadi produk craft atau pupuk siap jual.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bangun Rumah Bagi Nelayan, Presiden: Agar Kehidupan Mereka Lebih Baik

PANGANDARAN, JURNAL IBUKOTA: Sebelum meninggalkan Kabupaten Pangandaran untuk kembali ke Jakarta, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan rumah khusus nelayan di Desa Prapat, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah membangun sebanyak 204 unit rumah yang disediakan bagi para nelayan yang berada di Kabupaten Pangandaran.

Read more...

Setya Novanto Divonis 15 Tahun Penjara

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Memvonis terdakwa Setya Novanto 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan penjara.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Memvonis terdakwa Setya Novanto 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan penjara.

Read more...

Kemenko PMK: Whistleblower Penting untuk Ungkap Kasus Korupsi, Tetapi Integritas Lebih Penting

 

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Nyoman Shuida menilai, whistleblower atau pelapor, saksi merupakan hal penting dalam kasus-kasus kejahatan korupsi. Namun, bagi Nyoman, korupsi akan terus terjadi jika tidak dibenahi dengan menanamkan nilai-nilai integritas di dalam diri seseorang.

"Jika kita ingin memberantas korupsi sampai akarnya, maka tanamkanlah integritas dalam diri seseorang. Orang yang memiliki integritas, kredibilitasnya pasti diakui," ujar Nyoman Shuida di Kantor Kemenko PMK.

Menurut Nyoman, pelaku korupsi karakteristiknya selalu tersembunyi dan terorganisir. Hal ini dikarenakan para pelaku tidak memiliki kredibilitas, tanggung jawab dan integritas yang mendukung. "Membangun bangsa tanpa korupsi itu dimulai dengan membangun cara pikir, cara bertindak yang baik untuk kemajuan pembangunan Indonesia yang lebih baik," tutur Nyoman. 

Lebih lanjut, Nyoman menjelaskan bahwa whistleblower atau terjemahan bebasnya pelapor pelanggaran itu di bentuk karena banyak palaku yang minim integritas. Banyak diantara mereka yang integritasnya hilang jadi tidak sungkan untuk menilep uang rakyat secara sembunyi-sembunyi, tidak jujur, bahkan korupsi berjamaan dilakukan. "Kita harus bersatu untuk memberantas korupsi, khususnya whistleblower untuk bersama-sama memberikan informasi baru kepada penegak hukum," terang Nyoman lagi.

Nyoman juga mengharapkan kepada masyarakat untuk berperan dan menjaga integritasnya. “Bagaimana kita bisa menyiapkan sekolah yang baik, pelayanan kesehatan yang prima, membangun infrastruktur yang berkualitas atau meningkatkan daya saing bangsa bila para korupsi kita biarkan merajarela dan integritas hilang begitu saja," ujarnya.

Terkait whistleblower ini adalah instrumen bantuan di luar aparat penegak hukum dan sangat diperlukan. Whistleblower bukanlah pelapor biasa karena mereka harus memiliki informasi valid serta rinci terkait suatu dugaan kasus korupsi. (***)

 

Pakar Hukum Pidana: Pimpinan & Penyidik KPK Bisa Ditangkap Jika Terbitkan Sprindik Baru

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Pakar Hukum Pidana Dr. Fredrich Yunadi mengatakan, jika KPK menerbitkan sprindik baru, menentang putusan praperadilan Setya Novanto, maka dapat dianggap melawan putusan hukum sehingga dapat dipidanakan.

Read more...

Kurmin Halim Bantah Tudingan Mainkan Hukum Karena Kedekatannya dengan Kapolda Sumsel

Prof Dr Suhandi Cahaya SH MH MBA selaku kuasa hukum Dirut PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, Kurnia Halim SH menyatakan keberatan terhadap pemberitaan di dua media online, terkait kliennya. Ia menilai berita yang dimuat oleh kedua media online itu sangatlah populis dan akibatnya sangatlah mendiskreditkan serta akan merusak nama baik kliennya terhadap para pejabat atau pihak-pihak tertentu.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Prof Dr Suhandi Cahaya SH MH MBA selaku kuasa hukum Dirut PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, Kurmin Halim SH menyatakan keberatan terhadap pemberitaan di dua media online, terkait kliennya. Ia menilai berita yang dimuat oleh kedua media online itu sangatlah populis dan akibatnya sangatlah mendiskreditkan serta akan merusak nama baik kliennya terhadap para pejabat atau pihak-pihak tertentu.

Read more...

Dinilai Langgar UU ITE, Bong Parnoto Akan Pidanakan Pembuat Berita Bohong yang Pojokkan Dirinya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Kuasa hukum Presiden Direktur PT Rajawali Parama Konstruksi Bong Parnoto, Partahi Sihombing SH dan Arno Gautama Harjono SH akan melakukan tindakan hukum kepada pihak-pihak yang selama ini membuat berita-berita bohong dan tanpa dasar dimana pemberitaan tersebut mencatut/menggunakan nama anggota Komisi III DPR, Kompolnas, IPW maupun pihak lain yang seolah-olah meminta penyidik melakukan penahanan terhadap Bong Parnoto.

Read more...

Fredrich Yunadi: KPK Jangan Menghasut Opini Masyarakat dengan Pendapat Hukum Sesat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pakar hukum pidana Dr.Fredrich Yunadi, Rabu, (04/10/2017) mengatakan Penyimpangan pemahaman hukum oleh juru bicara KPK Febri Diansyah dan ICW antara lain : KPK selalu mengklaim instansinya adalah Lex specialis derogat legi generali, sehingga segala tindakan KPK yang dilakukan bisa mengabaikan satu-satunya hukum acara pidana (KUHAP) Undang2 No 8/1981.

Read more...

KAMMI Desak Kapolri Usut Dugaan TPPU oleh Oknum Pejabat Polda Metro Jaya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Jakarta Ahmad Najmu mendesak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut secara tuntas indikasi TPPU oleh oknum pejabat Polda Metro Jaya.

Read more...

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK Tegas Tangani Kasus Pencemaran Lingkungan

Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.

Read more...

Transportasi

Kecepatan Kendaraan Meningkat 35,04% Pada Pekan Pertama Pemberlakuan Paket Kebijakan di Jalan Tol Janger

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru  mengatakan paket kebijakan yang diterapkan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang (Janger) pada pekan pertama, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat adanya peningkatan kecepatan kendaraan yang signifikan di segmen Kunciran-Kembangan arah Jakarta pada periode tanggal 16-20 April 2018 pukul 06.00-09.00 WIB, dari sebelumnya 22,09 Km/jam naik sebesar 35,04%, menjadi 29,83 Km/jam.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru  mengatakan paket kebijakan yang diterapkan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang (Janger) pada pekan pertama, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat adanya peningkatan kecepatan kendaraan yang signifikan di segmen Kunciran-Kembangan arah Jakarta pada periode tanggal 16-20 April 2018 pukul 06.00-09.00 WIB, dari sebelumnya 22,09 Km/jam naik sebesar 35,04%, menjadi 29,83 Km/jam.

Read more...