yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Suparno: Kembalikan Jati Diri Koperasi Diperlukan Pengawasan Ketat

BENGKULU, JURNAL IBUKOTA: Koperasi harus dikembalikan sebagai lembaga yang memberikan kesejahteraan kepada para anggotanya. Oleh karena itu, ke depannya diperlukan pengawasan yang lebih ketat agar koperasi bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pembangunan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa (PBJ) agar pembangunan infrastruktur mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. 

Read more...

Agar Tidak Pusing, Ini 10 Tips Mengasuh Anak Saat Libur

Buat Anda yang setiap tahunnya libur saat lebaran, perjalanan memang membutuhkan waktu. Meskipun Anda menggunakan transportasi udara sekalipun. Namun bagi Anda yang akan menjalani mudik lebaran bersama si kecil, tentu saja diperlukan beberapa persiapan ekstra karena boleh jadi si kecil bisa tidak betah di jalan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Buat Anda yang setiap tahunnya libur saat lebaran, perjalanan memang membutuhkan waktu. Meskipun Anda menggunakan transportasi udara sekalipun. Namun bagi Anda yang akan menjalani mudik lebaran bersama si kecil, tentu saja diperlukan beberapa persiapan ekstra karena boleh jadi si kecil bisa tidak betah di jalan.

 

 

Namun, apakah Anda sudah mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk mengusir kebosanannya? Untuk membantu Anda dalam mempersiapkannya, sebaiknya simak beberapa tipsnya berikut ini.

 

1. Bawa salah satu benda favorit anak

 

Setiap anak pada umumnya memiliki benda favorit. Benda yang terus ia cari dan ia dekap meskipun sudah kotor, kumal, atau bau. Biasanya berupa boneka, selimut, atau guling. Sebelum berangkat, sebaiknya Anda pastikan benda tersebut Anda bawa karena dapat membantu menenangkan anak yang sedang rewel.

 

2. Bawakan ia mainan

 

Apabila Anda tidak membawakan benda favorit si buah hati, maka jangan lupa membawa mainan anak. Tidak harus mainan berupa boneka atau action figure, bisa juga berupa kertas dan pensil warna. Harapannya adalah anak dapat teralihkan kebosanannya karena ia sedang mengerjakan sesuatu yang menyenangkan.

 

3. Jauhkan dari gadget

 

Gadget seperti smartphone atau tablet memang ampuh membuat anak terdiam namun Anda harus memahami bahwa gadget adalah short term solution dengan long term impact. Anak Anda mungkin akan tenang saat ini, namun ia akan kecanduan dengan gadget karena telah terpatri dalam pikirannya bahwa gadget adalah satu-satunya alat pengusir kebosanan. Para ahli pun berpendapat bahwa kecanduang gadget pada usia dini kurang baik untuk proses perkembangan anak.

 

4. Ajak bercerita

 

Anak kecil sangat menyenangi cerita karena mampu merangsang imajinasinya. Mereka senang untuk bercerita dan diceritakan oleh orang tuanya. Terlebih lagi apabila anak Anda baru saja lancar berbcara, setiap hari ia akan menelurkan cerita pendek baru. Oleh karena itu, apabila Anda melihat anak Anda mulai rewel karena dilanda kebosanan, ajaklah ia untuk bercerita atau setidaknya Anda bacakan sebuah cerita yang ia senangi.

 

5. Rangkul

Tidak ada yang menandingi ketenangan dari pelukan orang tua. Rangkul lah anak Anda apabila ia mulai rewel. Tunjukkan ia pemandangan-pemandangan baru yang ada baik itu di pesawat atau di bandara. Perkenalkan ia dengan dunia baru yang dapat memancing ketertarikannya.  Namun tentu saja tanpa melanggar peraturan keselamatan.

 

6. Gunakan fasilitas in-flight entertainment

 

Jika Anda memutuskan untuk naik pesawat, beberapa maskapai penerbangan kini berlomba lomba memberikan pelayanan yang prima kepada para penumpangnya. Salah satu layanan yang diberikan kepada penumpang adalah in-flight entertainment dengan menggunakan panel layar di hadapan masing masing kursi, seperti yang disediakan oleh Garuda Indonesia.

 

Dengan panel layar ini, Anda bisa temukan berbagai hiburan yang sesuai dengan umur anak. Baik itu musik, film, maupun permainan. Untuk mengusir kebosanan si buah hati, Anda bisa memutar hiburan yang ramah untuk anak-anak seperti film atau permainan yang sesuai dengan usianya.

 

7. Biarkan ia duduk di dekat jendela

 

Baik menggunakan kereta, mobil, ataupun pesawat, duduk di dekat jendala adalah salah satu cara untuk menghibur si kecil. Dengan begitu, perhatiannya teralihkan dengan melihat pemandangan di luar. Biarkan ia berimajinasi, misalnya dengan mengajaknya bermain tebak bentuk awan, atau melihat pemandangan sekitar.

 

Tidak hanya dapat mengusir kebosanan anak, Anda juga bisa menambah wawasan si kecil. Namun perlu diingat bahwa jangan sampai Anda mengganggu kenyamanan penumpang lain, seperti memaksa penumpang lain untuk bertukar kursi atau berbicara terlalu lantang.

 

8. Bawakan camilan sehat

 

Makanan yang disediakan di dalam penerbangan mungkin kurang disenangi oleh anak Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membawa camilan buatan Anda sendiri yang menjadi favorit si kecil. Apabila tidak sempat untuk menyiapkannya dan harus membelinya, maka pilih makanan yang tidak mengandung gula olahan terlalu tinggi untuk menjaga kesehatan si kecil.

 

9. Sesuaikan jam terbang

 

Usahakan mencari jadwal keberangkatan yang sesuai dengan jam biologis anak Anda. Artinya, pilih jadwal yang sesuai dengan jam tidurnya seperti penerbangan malam hari. Suasana perjalanan di malam hari lebih temaram, sejuk, dan tenang sehingga membuat tidur anak Anda bisa lebih nyenyak.

 

10. Siapkan kejutan

Semua anak kecil menyukai kejutan. Oleh karena itu Anda juga dapat menyiapkan kejutan-kejutan kecil yang disimpan di tas Anda. Dengan demikian, apabila buah hati Anda mulai rewel, bisa Anda keluarkan satu per satu. Rasa kesenangan si kecil terhadap kejutan Anda akan mampu mengatasi kebosanan sang buah hati.

 

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _Elevated_ Akan Komisioning _Launcher Gantry_ untuk _Erection Steel Box Girder_

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.

Read more...