yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Mengembalikan Peran Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Ajak Masyarakat Jaga Kompleks dan Venue GBK Yang Dibangun dengan Uang Pajak

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin pagi (19/2/2018) mengecek fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang mengalami kerusakan usai Pertandingan Sepakbola Final Piala Presiden yang berlangsung Sabtu (17/2/2018). Menteri Basuki mengatakan euphoria masyarakat untuk menyaksikan pertandingan sepakbola dengan fasilitas bagus ternyata menyisakan kerusakan sejumlah fasilitas di Kompleks dan Venues GBK. Padahal renovasi venue dan penataan kawasan GBK dibiayai dengan menggunakan pajak yang dihimpun dari masyarakat. 

Read more...

Lebih dari 4.000 Orang Meriahkan Festival Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Menjelang diresmikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar Festival Jalan Tol (FJT). Gelaran bertajuk “Sundown Loop” ini dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Madiun, Sabtu (06/01). Sesuai namanya, pelaksanaan FJT Sundown Loop berlangsung menjelang matahari tenggelam, yakni dimulai pada pukul 15.00 WIB.MADIUN, JURNAL IBUKOTA: Menjelang diresmikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar Festival Jalan Tol (FJT). Gelaran bertajuk “Sundown Loop” ini dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Madiun, Sabtu (06/01). Sesuai namanya, pelaksanaan FJT Sundown Loop berlangsung menjelang matahari tenggelam, yakni dimulai pada pukul 15.00 WIB.

 

Kegiatan yang digelar sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 Km ini dimulai dengan persembahan hiburan dari marching band para pelajar Madiun. Dilanjutkan dengan pelepasan _loop cycling_ sepanjang 40 Km, fun bike sepanjang 16 Km, lomba _sundown run_ sepanjang 10 Km, dan _fun walk_ sepanjang 5 Km.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi, Kepala Korps Lantas Royke Lumowa, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, Bupati Madiun Muhtarom, Komisaris Utama Jasa Marga Refly Harun, didampingi Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Utama PT NKJ Iwan Moedyarno beserta jajaran Direksi.

PT NKJ selaku pengelola jalan tol yang tergabung ke dalam Jalan Tol Trans Jawa ini, menyatakan gembira menyaksikan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan FJT ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mengikuti lomba FJT, yakni sebanyak 4.000 peserta.

Apresiasi pun diberikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang turut menghadiri acara rutin menjelang peresmian jalan tol ini. Menurutnya, festival ini merupakan bentuk syukur atas rampungnya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, dan dapat menjadi ajang sosialisasi bagi masyarakat.

“Festival Jalan Tol ini merupakan bentuk rasa syukur kita bersama atas hadirnya Jalan Tol baru, Ngawi-Kertosono. Dengan terselenggaranya acara ini, kita mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk memiliki dan menjaga bersama Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang akan diresmikan pada bulan Januari 2018 ini. Keberadaan ruas baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan geliat perekonomian di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya,” ujar Desi.

 

Kemeriahan FJT dilanjutkan dengan festival kuliner, hiburan dari band Ibu Kota, pembagian hadiah _door prize_, dan ditutup oleh pesta kembang api. Masyarakat terlihat gembira dan antusias dalam mengikuti rangkaian acara FJT ini. 

Sementara itu, hingga minggu awal di bulan Januari 2018, pembangunan konstruksi Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono yang dikerjakan oleh PT NKJ sepanjang 49,50 Km telah mencapai 98,5%. Serta mencatatkan persentase pembebasan lahan sebesar 99,88%. Dengan progress yang sudah dikerjakan PT NKJ, diproyeksikan jalan tol ini akan rampung sepenuhnya pada tanggal akhir bulan Januari 2018, dan dapat beroperasi penuh pada awal bulan Februari 2018.

Dengan digelarnya Festival Jalan Tol ini, diharapkan masyarakat secara umum mendapatkan informasi tentang pengoperasian serta mendapatkan manfaat dari Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono yang tergabung ke dalam proyek Jalan Tol Trans Jawa. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau Program Kotaku di Ambon

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff. 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...