yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

NEW YORK, JURNAL IBUKOTA: Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki: Ramadhan Bulan Penuh Berkah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: _Marhaban Ya Ramadhan_. Mengawali bulan Ramadhan 1439 Hijriah tahun 2018, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa kepada seluruh Keluarga Besar Kementerian PUPR yang ada di seluruh Indonesia.

Read more...

Lebih dari 4.000 Orang Meriahkan Festival Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Menjelang diresmikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar Festival Jalan Tol (FJT). Gelaran bertajuk “Sundown Loop” ini dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Madiun, Sabtu (06/01). Sesuai namanya, pelaksanaan FJT Sundown Loop berlangsung menjelang matahari tenggelam, yakni dimulai pada pukul 15.00 WIB.MADIUN, JURNAL IBUKOTA: Menjelang diresmikannya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar Festival Jalan Tol (FJT). Gelaran bertajuk “Sundown Loop” ini dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Madiun, Sabtu (06/01). Sesuai namanya, pelaksanaan FJT Sundown Loop berlangsung menjelang matahari tenggelam, yakni dimulai pada pukul 15.00 WIB.

 

Kegiatan yang digelar sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 Km ini dimulai dengan persembahan hiburan dari marching band para pelajar Madiun. Dilanjutkan dengan pelepasan _loop cycling_ sepanjang 40 Km, fun bike sepanjang 16 Km, lomba _sundown run_ sepanjang 10 Km, dan _fun walk_ sepanjang 5 Km.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi, Kepala Korps Lantas Royke Lumowa, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, Bupati Madiun Muhtarom, Komisaris Utama Jasa Marga Refly Harun, didampingi Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Utama PT NKJ Iwan Moedyarno beserta jajaran Direksi.

PT NKJ selaku pengelola jalan tol yang tergabung ke dalam Jalan Tol Trans Jawa ini, menyatakan gembira menyaksikan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan FJT ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mengikuti lomba FJT, yakni sebanyak 4.000 peserta.

Apresiasi pun diberikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang turut menghadiri acara rutin menjelang peresmian jalan tol ini. Menurutnya, festival ini merupakan bentuk syukur atas rampungnya Jalan Tol Ngawi-Kertosono, dan dapat menjadi ajang sosialisasi bagi masyarakat.

“Festival Jalan Tol ini merupakan bentuk rasa syukur kita bersama atas hadirnya Jalan Tol baru, Ngawi-Kertosono. Dengan terselenggaranya acara ini, kita mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk memiliki dan menjaga bersama Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang akan diresmikan pada bulan Januari 2018 ini. Keberadaan ruas baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan geliat perekonomian di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya,” ujar Desi.

 

Kemeriahan FJT dilanjutkan dengan festival kuliner, hiburan dari band Ibu Kota, pembagian hadiah _door prize_, dan ditutup oleh pesta kembang api. Masyarakat terlihat gembira dan antusias dalam mengikuti rangkaian acara FJT ini. 

Sementara itu, hingga minggu awal di bulan Januari 2018, pembangunan konstruksi Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono yang dikerjakan oleh PT NKJ sepanjang 49,50 Km telah mencapai 98,5%. Serta mencatatkan persentase pembebasan lahan sebesar 99,88%. Dengan progress yang sudah dikerjakan PT NKJ, diproyeksikan jalan tol ini akan rampung sepenuhnya pada tanggal akhir bulan Januari 2018, dan dapat beroperasi penuh pada awal bulan Februari 2018.

Dengan digelarnya Festival Jalan Tol ini, diharapkan masyarakat secara umum mendapatkan informasi tentang pengoperasian serta mendapatkan manfaat dari Jalan Tol Ruas Ngawi-Kertosono yang tergabung ke dalam proyek Jalan Tol Trans Jawa. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK Tegas Tangani Kasus Pencemaran Lingkungan

Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.

Read more...

Transportasi

Dalam Waktu Dekat, Akan Diimplementasikan Satu Tarif Merata di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA :  Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Read more...