yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

NEW YORK, JURNAL IBUKOTA: Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki: Ramadhan Bulan Penuh Berkah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: _Marhaban Ya Ramadhan_. Mengawali bulan Ramadhan 1439 Hijriah tahun 2018, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa kepada seluruh Keluarga Besar Kementerian PUPR yang ada di seluruh Indonesia.

Read more...

Unit pertama dari PLTP Sarulla Mulai Pasok Listrik dengan 110 MW Energi Bersih, Terbarukan

*Salah Satu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Terbesar di Dunia Memulai Operasi Komersial

*Unit pertama dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla Mulai Memasok Indonesia dengan 110 MW Energi Bersih, Terbarukan;

Pembangkit Listrik menggabungkan teknologi flash Toshiba dan biner Ormat untuk memaksimalkan efisiensi

 

Toshiba Corporation (TOKYO: 6502) dan Ormat Technologies Inc. (NYSE: ORA) hari ini mengumumkan bahwa unit pertama dari PLTP Sarulla, salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia, berlokasi di Sumatra Utara Indonesia, telah beroperasi secara komersial.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Toshiba Corporation (TOKYO: 6502) dan Ormat Technologies Inc. (NYSE: ORA) hari ini mengumumkan bahwa unit pertama dari PLTP Sarulla, salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia, berlokasi di Sumatra Utara Indonesia, telah beroperasi secara komersial.

Pembangkit listrik dengan kapasitas sekitar 110 MW, yang menggabungkan teknologi flash dan biner menghasilkan pembangkit listrik dengan efisiensi tinggi dan menginjeksikan kembali 100% dari uap panas bumi yang sudah terpakai, dioperasikan oleh Sarulla Operations Ltd (SOL). Sebagai salah satu peserta dalam proyek ini, Toshiba menyediakan turbin dan generator uap (STGs) panas bumi untuk sistem flash, sementara Ormat membuat desain konseptual dari pembangkit listrik tenaga panas bumi unit siklus gabungan (GCCU) dan menyediakan Ormat Energy Converter (OEC) nya, yang berfungsi sebagai unit kondensasi bagi turbin-turbin uap dan memanfaatkan brine terpisah untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya dan memaksimalkan daya keluaran.

Toshiba dan Ormat akan terus bekerja sama secara strategis untuk mempromosikan pembangkit siklus gabungan dari flash dan sistem biner panas bumi yang sangat efisien secara global, dan kedua perusahaan terus berusaha untuk memanfaatkan dan mempromosikan energi terbarukan secara global.

Kebutuhan listrik di Indonesia meningkat seiring dengan pembangunan ekonomi yang cepat. Dalam Cetak Biru Energi Nasional 2005-2025, pemerintah mengarah pada diversifikasi bauran energi nasional dan meningkatkan energi yang dihasilkan oleh sumber panas bumi menjadi lebih dari 5% dari total kapasitas.

Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 40% dari cadangan energi panas bumi dunia. Toshiba dan Ormat akan terus bekerja sama dalam berkontribusi untuk memenuhi permintaannya yang terus meningkat.

Mengomentari peresmian tersebut, Mr. Takao Konishi, Wakil Presiden Toshiba untuk Perusahaan Sistem Energi & Solusi mengatakan, "kami sangat bangga telah memasang STGs panas bumi kami yang sangat handal di salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia. Toshiba memiliki pangsa pasar nomor satu di sektor panas bumi. Kami terus mendukung pengembangan solusi listrik dan infrastruktur di Indonesia. Kami mendirikan PT. Toshiba Asia Pacific Indonesia pada tahun 2014 untuk mengerahkan sumber daya dan keahlian Toshiba dalam mendukung pengembangan solusi listrik dan infrastruktur di Indonesia".

Isaac Angel, CEO Ormat, menambahkan, "dimulainya operasi komersial di Sarulla adalah tonggak penting bagi Ormat, baik sebagai pemilik SOL dan sebagai pemasok teknologi biner kami yang sudah teruji selama 25 tahun. Kontrak pasokan Sarulla adalah kontrak tunggal terbesar yang telah Ormat tandatangani sampai sekarang. Kami memproduksi dan mengirimkan peralatan kami lebih cepat dari jadwal, terutama disebabkan oleh perbaikan-perbaikan yang diimplementasikan di seluruh rantai nilai dan tim profesional kami. Kami terus berbagi keahlian kami sejalan dengan berlanjutnya pekerjaan unit kedua dan ketiga dari proyek Sarulla yang diharapkan dapat beroperasi masing-masing pada 2017 dan 2018. Teknologi GCCU Ormat yang sudah teruji yang juga dimanfaatkan di proyek Sarulla, akan menjamin pemanfaatan yang optimal dan berkelanjutan dari sumber daya dalam memberikan Indonesia energi yang bersih, hemat biaya dan kapasitas baseload".

Toshiba dan Ormat telah membina hubungan kerja sama melalui proyek Sarulla. Setelah menandatangani Perjanjian Kerjasama Strategis pada 2015, kedua perusahaan ini, masing-masing, juga memenangkan pesanan untuk penyediaan STG dan OEC, untuk Unit 2 dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Unit Siklus Gabungan Kizildere III di Turki. Proyek ini sekarang berjalan lancar.

Garis Besar Proyek

1. Proyek

Sarulla Geothermal Power Plant Project, Indonesia

2. Perusahaan Operasi

Sarulla Operations Ltd.

3. Sponsor

Itochu Corporation - 25%

Kyushu Electric Power Co. Inc. Jepang – 25%

PT Medco Power Indonesia Indonesia - 18.9975%

INPEX CORPORATION – 18.2525%*

ORMAT International, Inc. – 12.75%

Catatan: * INPEX bergabung dalam proyek ini dengan mengakuisisi 49% saham di anak perusahaan Medco pada 2015.

4. Kontraktor EPC

Hyundai Engineering and Construction Co., Ltd.

5. Lokasi

Sarulla, Propinsi Sumatera Utara, Indonesia

6. Kapasitas

320.8 MW , total dari tiga unit

(Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK Tegas Tangani Kasus Pencemaran Lingkungan

Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.

Read more...

Transportasi

Dalam Waktu Dekat, Akan Diimplementasikan Satu Tarif Merata di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA :  Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Read more...