yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM Dorong Koperasi Memanfaatkan Pembiayaan UMi

LOMBOK, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, AAGN  Puspayoga mendorong para Gubernur, Bupati, dan Kepala Dinas terkait agar koperasi di wilayahnya memanfaat pembiayaan atau kredit ultra mikro (UMi). Dengan mengakses kredit berbunga sangat rendah ini diharapkan koperasi semakin maju dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mengurangi angka kemiskinan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi: Pemerintah Tahun Depan Akan Bangun 300 Unit Jembatan Gantung

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan.

Read more...

Menkop dan UKM Dorong Koperasi Memanfaatkan Pembiayaan UMi

LOMBOK, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, AAGN  Puspayoga mendorong para Gubernur, Bupati, dan Kepala Dinas terkait agar koperasi di wilayahnya memanfaat pembiayaan atau kredit ultra mikro (UMi). Dengan mengakses kredit berbunga sangat rendah ini diharapkan koperasi semakin maju dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mengurangi angka kemiskinan.

Read more...

Sesmenkop dan UKM: Baru 12% Koperasi Gunakan Jaringan Online

Penggunaan jaringan teknologi online di kalangan koperasi masih rendah. Hanya sebanyak 9.429 atau sekitar 12% dari total jumlah koperasi yang memanfaatkan teknologi tersebut. Hambatan peralihan ke jaringan teknologi di antaranya ketidaktahuan manfaat dan pandangan negatif terhadap efek yang ditimbulkannya.

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Penggunaan jaringan teknologi online di kalangan koperasi masih rendah. Hanya sebanyak 9.429 atau sekitar 12% dari total jumlah koperasi yang memanfaatkan teknologi tersebut. Hambatan peralihan ke jaringan teknologi di antaranya ketidaktahuan manfaat dan pandangan negatif terhadap efek yang ditimbulkannya.

Read more...

Kemenkop dan UKM Buat Dua Skema Pendanaan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM membuat skema baru program bantuan kewirausahaan pada tahun anggaran 2018. Skema itu disusun untuk memperluas peserta penerima bantuan kewirausahaan dari tahun sebelumnya.

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM membuat skema baru program bantuan kewirausahaan pada tahun anggaran 2018. Skema itu disusun untuk memperluas peserta penerima bantuan kewirausahaan dari tahun sebelumnya.

Read more...

I Wayan Dipta: Untuk Majukan Sektor UMKM, Indonesia Berperan Aktif di APEC

Delegasi Indonesia yang dipimpin Deputi Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta menghadiri pertemuan APEC SME Ministerial Meeting (MM) ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group (SMEWG) ke-45 yang berlangsung di di Ho Chi Minh City, Vietnam, 10 -15 September 2017. Pada pertemuan tersebut, salah satu isu penting yang dibahas adalah peningkatan akses pasar melalui digitalisasi.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Delegasi Indonesia yang dipimpin Deputi Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta menghadiri pertemuan APEC SME Ministerial Meeting (MM) ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group (SMEWG) ke-45 yang berlangsung di di Ho Chi Minh City, Vietnam, 10 -15 September 2017. Pada pertemuan tersebut, salah satu isu penting yang dibahas adalah peningkatan akses pasar melalui digitalisasi.

Read more...

Kemenkop UKM dan Universitas Indonesia Kembangkan Web Portal UKM

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Universitas Indonesia menjalin kerja sama untuk mengembangkan koperasi dan UMKM di Indonesia. Di antaranya, kerja sama pengembangan UMKM berbasis web portal, membangun pilot project penyaluran kredit Ultra Mikro (UMi), serta dalam jangka panjang akan membangun Pusat Studi Koperasi Indonesia.

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM bersama Universitas Indonesia menjalin kerja sama untuk mengembangkan koperasi dan UMKM di Indonesia. Di antaranya, kerja sama pengembangan UMKM berbasis web portal, membangun pilot project penyaluran kredit Ultra Mikro (UMi), serta dalam jangka panjang akan membangun Pusat Studi Koperasi Indonesia.

Read more...

Bahrain Ingin Belajar Soal Pemberdayaan UKM pada Indonesia

Bahrain menyatakan ingin belajar dari Indonesia dalam hal pemberdayaan UKM khususnya pengelolaan Smesco Center di Tanah Air.

MANAMA​, BAHRAIN, JURNAL IBUKOTA: Bahrain menyatakan ingin belajar dari Indonesia dalam hal pemberdayaan UKM khususnya pengelolaan Smesco Center di Tanah Air.

Read more...

LPDB-KUMKM akan Tambah Porsi Pembiayaan Syariah

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo berharap ke depan porsi pembiayaan syariah harus lebih banyak dibandingkan pola konvensional. Pola syariah mempunyai jaminan kualitas lebih baik dari sisi manajemen, tata kelola, kesehatan, maupun pengembalian.

BATAM, JURNAL IBUKOTA: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo berharap ke depan porsi pembiayaan syariah harus lebih banyak dibandingkan pola konvensional. Pola syariah mempunyai jaminan kualitas lebih baik dari sisi manajemen, tata kelola, kesehatan, maupun pengembalian.

Read more...

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Krinjing

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. “Pembangunan jembatan gantung di perdesaan sangat penting artinya untuk menggerakkan potensi masyarakat dan mempermudah warga dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” kata Presiden Joko Widodo seusai menandatangani prasasti peresmian dua jembatan gantung yakni Jembatan Mangunsuko dan Krinjing di Kabupaten Magelang, Senin (18/9/2017). Dalam acara tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggota Komisi V DPR Soedjadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta ribuan warga Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kab. Magelang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementan Minta Peternak Terapkan Kesrawan dalam Budidaya Ternak Sapi Potong

BANDA ACEH, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan produksi sapi eks impor yang dipelihara oleh kelompok peternak di Provinsi Aceh, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Drh. I. Ketut Diarmita, MP meminta kepada peternak agar menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (Kesrawan) dalam budidaya ternak sapi potong.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera Secara Bertahap Terapkan 100% Pembayaran Non Tunai

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).MEDAN, JURNAL IBUKOTA: Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Read more...