yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pembangunan Bendungan Logung Kudus Rampung, Siap Digenangi Air pada Akhir November 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018. Bendungan ini merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2015-2019 untuk mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional. 

Read more...

Kemenkop dan UKM Perkuat Pengawasan Koperasi di Wilayah Banyumas

Kementerian Koperasi dan UKM berupaya memperkuat pengawasan koperasi-koperasi di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, dan sekitarnya melalui bimbingan teknis bagi para anggota satgas pengawasan koperasi di daerah itu.PURWOKERTO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM berupaya memperkuat pengawasan koperasi-koperasi di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, dan sekitarnya melalui bimbingan teknis bagi para anggota satgas pengawasan koperasi di daerah itu.

 

 

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno dalam acara Bimbingan Teknis Pengawasan Koperasi di Hotel Wisata Niaga Purwokerto, Kamis (13/9), mengatakan pengawasan terhadap koperasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak terelakkan.

 

"Ini bukan untuk menghambat perkembangan koperasi melainkan untuk menjaga marwah koperasi tetap pada jati diri dan prinsip-prinsipnya," kata Suparno.

 

Oleh karena itu, pihaknya menggelar bimbingan teknis terhadap satgas pengawasan koperasi di 16 dinas kabupaten/kota dan provinsi sebagai upaya menyamakan persepsi penilaian pengawasan koperasi.

 

Di satu sisi, kesempatan itu juga diharapkan agar satgas semakin memahami aspek kepatuhan, aspek kelembagaan, usaha simpan pinjam, penilaian kesehatan lembaga simpan pinjam, dan penerapan sanksi bagi koperasi yang menyimpang dari prinsip-prinsip koperasi.

 

"Pengawasan koperasi yang baik dan patuh terhadap regulasi yang ada termasuk UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian diharapkan mampu mendorong koperasi kita semakin kuat, sehat, dan mandiri," katanya.

 

Pihaknya memilih Kota Purwokerto salah satunya karena kota tersebut menjadi cikal bakal berkembangnya bank rakyat dan penerapan kredit bagi petani melalui konsep koperasi Raiffeisen ketika era Patih Wiriatmaja pada zaman kolonial Belanda.

 

Pada kesempatan itu, sebanyak 59 satgas pengawasan koperasi dan pengurus koperasi turut serta dalam acara tersebut.

 

Pejabat Bupati Banyumas Budi Wibowo yang membuka acara itu mengatakan dengan pelatihan dan bimbingan teknis terhadap satgas pengawasan koperasi di wilayah Jawa Tengah diharapkan koperasi semakin berkiprah dan eksis bagi perekonomian di wilayahnya.

 

Apalagi kata dia, Kabupaten Banyumas masih tercatat sebagai salah satu dari 15 kabupaten termiskin di Provinsi Jawa Tengah.

 

Oleh karena itu, pihaknya berharap koperasi dapat mengambil peran pemerataan kesejahteraan di wilayahnya yang kini semakin bertumbuh koperasinya.

 

"Ada 32 koperasi primer berskala nasional dan provinsi, dan 527 koperasi berskala kabupaten/kota. Terkait upaya pengawasan di bidang koperasi, ini sesuatu yang penting sebagai bagian dari reformasi birokrasi," katanya.

 

Budi melihat potensi koperasi yang amat besar sebagai instrumen pemerataan pendapatan sekaligus wadah usaha yang sudah terbukti tetap eksis di tengah goncangan krisis global yang pernah melanda.

 

"Ini juga sesuai dengan akar budaya, sesuai dengan UUD 1945, dari kita, oleh kita, dan untuk kita," katanya.

 

Pada kesempatan itu juga dilakukan kunjungan ke beberapa koperasi yang dianggap mampu memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja sekaligus pertumbuhan ekonomi di wilayah Banyumas.

 

Salah satu yang dikunjungi yakni Koperasi Serba Usaha (KSU) Nira Satria Kabupaten Banyumas yang beralamat di Desa Pernasidi RT03/01 Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

 

Koperasi dengan Akta notaris Nomor 240/BH/XIV.2/2011 itu memproduksi gula semut yang telah diekspor ke Jepang, China, Korea, Amerika Serikat, dan berbagai negara lain.

 

"Ada sekitar 1.200 petani kelapa yang menjadi anggota koperasi kami," kata Ketua KSU Nira Satria, Nartam Andrea Nusa. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Ini Rencana Aksi Kemenhub Urai Kepadatan Tol Jakarta-Cikampek

Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).CIKARANG, JURNAL IBUKOTA: Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).

Read more...