yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Lakukan Sinergitas Kegiatan Pemulihan UMK Pasca Bencana di Provinsi NTB dan Sulteng

MATARAM, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM melakukan sinergitas kegiatan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng dan Nusa Tenggara Barat (NTB) guna pemulihan usaha bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di kedua provinsi tersebut, yang terdampak gempa bumi (NTB) dan bencana tsunami likuifasi dan gempa bumi (Sulteng).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dukung Program Citarum Harum, Kementerian PUPR Intensifkan Pembangunan Infrastruktur

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan keberhasilan Program Citarum Harum memerlukan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat.

Read more...

Kemenkop dan UKM Berikan Bantuan Bagi Penyuluh Koperasi Korban Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengakibatkan ratusan orang korban jiwa meninggal dan luka-luka serta kerusakan bangunan yang sangat parah.  Warga yang selamat dan terdampak gempa kini banyak tinggal di pengungsian. Simpati mendalam serta bantuan kepada para korban terus mengalir dari pemerintah serta rakyat Indonesia.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Gempa berkekuatan 7SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengakibatkan ratusan orang korban jiwa meninggal dan luka-luka serta kerusakan bangunan yang sangat parah.  Warga yang selamat dan terdampak gempa kini banyak tinggal di pengungsian. Simpati mendalam serta bantuan kepada para korban terus mengalir dari pemerintah serta rakyat Indonesia.

 

 

 

Sebanyak tujuh Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) turut menjadi korban gempa. Rumah mereka hancur dan kini harus tinggal di tenda-tenda pengungsi bersama para keluarganya. Mengetahui penyuluh koperasi menjadi korban gempa, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga langsung menginstruksikan Deputi Bidang Kelembagaan, Untung Tri Basuki memberikan bantuan untuk meringankan beban para penyuluh. Para PPKL di berbagai  daerah juga menunjukkan solidaritas dengan mengumpulkan bantuan bagi teman-teman mereka korban gempa Lombok.

 

 

“PPKL adalah ujung tombak di lapangan dari tugas pembinaan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah kepada Gerakan Koperasi dan Masyarakat yang akan mendirikan koperasi melalui tugas penyuluhan perkoperasian dan pemasyarakatan koperasi.  Untuk itulah Bapak Menteri selalu peduli dan perhatian kepada keberadaan PPKL yang tersebar di 33 Provinsi di Indonesia,” kata  Untung, Senin (13/8).

 

 

Ia menjelaskan pada Jumat, 10 Agustus tim dari Kemenkop dan UKM yang dipimpin Asisten Deputi Penyuluhan Bagus Rachman bersama perwakilan PPKL berangkat ke Lombok mengunjungi PPKL  yang menjadi korban gempa.

“Kunjungan tim kepada PPKL yang menjadi korban gempa Lombok merupakan kepedulian dan respon cepat untuk mengurangi beban hidup yang sedang mereka alami. Tim telah menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai, obat-obatan dan makanan,” jelas Untung.

 

 

Di antara korban, seorang PPKL bernama Baiq Nurhadayati Sarah ternyata melahirkan  bersamaan dengan terjadi gempa susulan berkekuatan 6,2 SR yang terjadi Kamis, 9 Agustus.  Kini,  Baiq Nurhadayati Sarah, warga Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara tinggal bersama suami di tenda pengungsi bersama bayi yang berusia baru beberapa hari.

Kondisi memprihatinkan juga dialami Yuli Wardani, PPKL yang sedang hamil 4 bulan ini, turut mengungsi dengan keluarga setelah gempa menghancurkan rumah mereka di Dusun Teluk Kode, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang.

 

 

“Semoga PPKL di daerah Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat yang menjadi korban dapat melewati masa-masa sulit tersebut dan kembali dapat bertugas,” kata Untung.

Pengumpulan donasi oleh PPKL terus berlanjut melalui rekening Tintin Rustiani sebagai salah satu Ketua Forum PPKL untuk provinsi Jawa Barat. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kunjungi Tol Trans Jawa, Komisi VI DPR RI Tekankan Soal Sosialisasi Tarif

Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. SOLO, JURNAL IBUKOTA: Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. 

Read more...