yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menteri Puspayoga : Peran Koperasi Bisa Tekan Angka Pengiriman TKW Ilegal

TULUNGAGUNG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengatakan apabila koperasi dikelola secara baik (koperasi berkualitas) akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan begitu, kata Puspayoga, peran koperasi bisa menekan angka pengiriman tenaga kerja Indonesia, maupun wanita (TKI/TKW) secara ilegal ke luar negeri.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Terus Mendorong Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 di Semarang merupakan salah satu bentuk nyata keseriusan Pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau dan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Read more...

Menteri Puspayoga : Penting Merawat Gagasan Bung Hatta tentang Koperasi

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan koperasi di era kekinian bisa menjadi wadah ekonomi untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Menurut Puspayoga pemikiran Bung Hatta tentang pentingnya berkoperasi sangat relevan untuk terus diperjuangkan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan koperasi di era kekinian bisa menjadi wadah ekonomi untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Menurut Puspayoga pemikiran Bung Hatta tentang pentingnya berkoperasi sangat relevan untuk terus diperjuangkan.

 

 

“Nah di sini pemikiran Bung Hatta sangat kelihatan, yakni salah satu solusi pemerataan itu adalah memang koperasi,” kata Puspayoga usai beziarah ke makam Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang merupakan Bapak Koperasi Indonesia di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Rabu (11/7/2018). 

 

Puspayoga menyitir pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mengatakan bahwa keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak diikuti oleh pemerataan kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat. 

 

“Jadi kalau pertumbuhan bisa saja meningkat, cuma belum tentu bisa diikuti oleh pemerataan kesejahteraan masyarakat, maka solusinya di sini adalah koperasi,” tandasnya. 

 

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid sependapat dengan Puspayoga. Namun, kata Nurdin pemerintah dan stakeholder terkait harus menjadikan koperasi sebagai pelaku ekonomi dominan agar bisa mempersempit kesenjangan, maupun mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang selama ini menjadi kekhawatiran bersama. 

 

“Karena dengan koperasi maka pasti kesenjangan akan dipersempit, pengangguran dan kemiskinan juga akan berkurang,” ujar Nurdin. 

 

Ziarah ke makam Bung Hatta merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang puncaknya akan dilaksanakan di Gedung Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten pada 12 Juli 2018 besok. Rencananya Presiden Jokowi akan hadir dalam acara tersebut. 

 

Turut hadir dalam Kegiatan ziarah ini antara lain Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Sekjen Dekopin Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno, Muthya Hatta yang juga putri Bung Hatta, serta para pegiat dan pelaku koperasi. 

 

Rombongan tiba di TPU Tanah Kusir pukul 08.00 WIB. Diawali dengan upacara bendera dan memanjatkan doa bersama atas perjuangan Bung Hatta yang telah meletakkan pondasi awal berdirinya koperasi di Indonesia. Sebelum menutup acara ziarah Puspayoga dan rombongan menabur bunga bersama, diakhiri dengan menandatangani buku tamu.

 

“Kita ziarah ke sini satu tanda bahwa generasi penerus bangsa ini, pemerintah dan juga Dekopin tentu tetap konsisten dalam melanjutkan perjuangan Bung Hatta. Gagasan beliau untuk mendorong koperasi menjadi koperasi yang sesuai yang diamanatkan beliau tentu kita perjuangkan,“ ucap Neddy. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Penjelasan Jasa Marga Terkait Waktu Pemberlakuan Integrasi JORR

Sehubungan dengan maraknya infografis terkait pemberlakuan integrasi JORR, dapat kami sampaikan bahwa tanggal pemberlakuan integrasi Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tercantum dalam infografis tersebut bukan merupakan tanggal pemberlakuan resmi integrasi JORR.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sehubungan dengan maraknya infografis terkait pemberlakuan integrasi JORR, dapat kami sampaikan bahwa tanggal pemberlakuan integrasi Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tercantum dalam infografis tersebut bukan merupakan tanggal pemberlakuan resmi integrasi JORR.

Read more...