yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Muslimpreneur Dinilai Cocok bagi Wirausaha Baru Generasi Millenial

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA: Muslimpreneur yang merupakan konsep berwirausaha yang Halalan Thayyiban, karena nilai yang dianut adalah perilaku jujur dan amanah sebagaimana perilaku Nabi Muhammad SAW, dinilai  cocok bagi generasi muda khususnya kalangan santri dan mahasiswa.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Gondang Akan Mensuplesi Irigasi Seluas 4.680 Hektare di Karanganyar dan Sragen

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penyelesaian akhir pembangunan Bendungan Gondang yang terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Kehadiran bendungan yang membendung Sungai Garuda ini akan mengalirkan air irigasi lebih kontinu daripada yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan. 

Read more...

Koperasi Sebagai Pemutus Mata Rantai Kesenjangan Sosial

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menilai koperasi sangat potensial untuk menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan sosial dan pendapatan di kalangan masyarakat.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menilai koperasi sangat potensial untuk menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan sosial dan pendapatan di kalangan masyarakat.

 

 

"Koperasi merupakan wadah kelembagaan yang cocok untuk pemberdayaan, maka saya menyarankan agar dibentuklah koperasi ini untuk menindaklanjuti upaya menghilanhkan kesenjangan, pemberdayaan ekonomi umat," kata Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu.

 

Ia mendorong koperasi di Indonesia semakin meningkatkan kualitasnya sejalan dengan program pemerintah yakni Kementerian Koperasi dan UKM yang berupaya untuk meningkatkan kualitas koperasi di Tanah Air dari waktu ke waktu.

 

Ma'ruf ingin masyarakat turut serta mendukung pemerintah untuk terus menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional.

 

Sebab menurut dia, dengan koperasilah maka perekonomian Indonesia tidak akan mudah digoyahkan oleh pengaruh eksternal ekonomi global.

 

"Dengan kuatnya ekonomi umat melalui koperasi, perekonomian kita tidak akan mudah dipengaruhi kondisi pasar global yang tidak menentu," katanya.

 

Sementara itu, wartawan dan presenter televisi Andy F. Noya yang mengaku semula ragu koperasi mampu mengambil peran di era digital justru kini semakin meyakini koperasi sangat potensial.

 

"Banyak pertanyaan mengenai posisi koperasi di era digital di era milenium yang sering saya terima. Tetapi setelah berkomunikasi atau sering berkomunikasi dengan Menteri Koperasi dan UKM, saya melihat bagaimana peran koperasi di era kekinian, jadi saya tadinya ragu tapi sekarang saya melihat peran koperasi terhadap zaman bisa menjadi tumpuan terutama bagi anak-anak muda, bagi UKM, bagi mereka yang ingin memulai usaha," katanya.

 

Ia juga berpendapat bahwa bentuk koperasi adalah salah satu pilihan yang menarik.

 

"Dan saya pribadi sekarang mulai tertarik pada koperasi karena saya ingin tinggal di desa dimana desa ini saya yakini bisa bergerak ekonominya berdasarkan konsep koperasi," katanya.

 

Dan kata dia, koperasi sekarang bukan cuma menghimpun uang-uang kecil tapi bahkan ada koperasi sekarang dengan perputaran sampai Rp5 triliun.

 

"Ini sesuatu yang perlu digalakkan semoga koperasi sebagai soko guru ekonomi kita kembali kepada khittahnya, kepada prinsip-prinsipnya tanpa mengabaikan bahwa zaman sudah berubah, sekarang eranya era digital," katanya.

 

Andy berharap koperasi di usianya yang ke-71 tahun ini bisa semakin bermanfaat untuk rakyat di Tanah Air. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Libur Panjang Paskah 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak Ajak #AyokeBanten

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Menghadapi libur Paskah 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak siaga memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Berlakukan Contraflow untuk Urai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Memasuki hari terakhir libur panjang dalam rangka Pemilu dan  Hari Raya Paskah, terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Jakarta yang signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.KARAWANG, JURNAL IBUKOTA: Memasuki hari terakhir libur panjang dalam rangka Pemilu dan  Hari Raya Paskah, terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Jakarta yang signifikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Read more...