yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Suparno: Kembalikan Jati Diri Koperasi Diperlukan Pengawasan Ketat

BENGKULU, JURNAL IBUKOTA: Koperasi harus dikembalikan sebagai lembaga yang memberikan kesejahteraan kepada para anggotanya. Oleh karena itu, ke depannya diperlukan pengawasan yang lebih ketat agar koperasi bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pembangunan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa (PBJ) agar pembangunan infrastruktur mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. 

Read more...

Resmikan 3 Kantor Koperasi di Flores, Deputi Pengawasan Kemenkop dan UKM Ingatkan Agar Waspadai Rentenir

Dalam rangka mendukung perkembangan Koperasi di Provinsi NTT, Kementerian Koperasi dan UKM hadir meresmikan kantor baru dari tiga Koperasi yang beroperasi di tiga wilayah Pulau Flores. Tiga koperasi tersebut adalah KSP Kopkardios Ruteng - Kab. Manggarai, kantor baru Kopdit  Abdi Manggarai Timur (AMT) - Kab. Manggarai Timur, dan Kopdit Boa Wae di Kab. Nagekeo. RUTENG, JURNAL IBUKOTA: Dalam rangka mendukung perkembangan Koperasi di Provinsi NTT, Kementerian Koperasi dan UKM hadir meresmikan kantor baru dari tiga Koperasi yang beroperasi di tiga wilayah Pulau Flores. Tiga koperasi tersebut adalah KSP Kopkardios Ruteng - Kab. Manggarai, kantor baru Kopdit  Abdi Manggarai Timur (AMT) - Kab. Manggarai Timur, dan Kopdit Boa Wae di Kab. Nagekeo. 

 

 

Peresmian kantor baru dari tiga koperasi tersebut menjadi bagian dari rangkaian upacara Peringatan HUT Koperasi Tingkat Provinsi NTT ke-71 yang dilaksanakan di Ruteng, Kabupaten Manggarai.

 

Ketiga gedung baru tersebut secara simbolis diresmikan oleh  Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM, Suparno dalam seremoni peresmian kantor baru Kopkardios Ruteng pada hari Sabtu 7 Juli 2018. 

 

Sementara acara pengguntingan pita peresmian kantor baru KSP Kopkardios sendiri dilakukan secara bersama-sama oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Deputi Pengawasan Kemenkop dan UKM, didampingi Bupati Manggarai, Deno Kamelus.

 

Usai menggunting pita di depan pintu utama kantor Kopkardios Ruteng, para pejabat itu melakukan pemeriksaan beberapa ruangan di dalam gedung tiga lantai itu. Frans Lebu Raya, Suparno dan Deno Kamelus secara  berurutan mengisi buku tamu.

 

Menariknya, pada kesempatan itu Gubernur Frans Lebu Raya secara spontan menawarkan diri untuk menjadi anggota Kopkardios. Tawaran itu  langsung direspon oleh  pihak manajemen dan saat itu juga menerbitkan buku nasabah. Untuk beberapa menit  Frans Lebu Raya terlihat mengisi lembar registrasi. Manajemen kemudian mengumumkan nomor nasabah untuk Lebu Raya yakni 11147. 

 

Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno dalam sambutannya mengatakan,  pertumbuhan dan perkembangan koperasi sangat cepat dari waktu ke waktu. Kepada dewan pengurus dan manajemen Kopkardios ia berpesan agar terus memainkan peran mengajak masyarakat cara berkoperasi yang benar.

 

“Ketika di sekitar kita ini masih banyak rentenir, di sana banyak persoalan terjadi, masyarakat dicekik dan kita harus berjuang melawan orang-orang seperti ini,” kata Suparno.

 

“Koperasi merupakan wadah  pengembangan ekonomi dalam rangka untuk perbaikan kehidupan pribadi masing-masing anggota. Namun lebih dari itu juga memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di negara kita,” ujarnya menambahkan.

 

Ketua Kopkardios Ruteng, Kanisius Theobald Deki menyampaikan terima kasih untuk kesediaan Deputi Pengawas Kemenkop-UKM, Gubernur NTT dan jajarannya serta pemerintah kabupaten Manggarai yang mendukung peresmian kantor Kopkardios yang beralamat di Jalan Pelita Kelurahan Bangka Watu, Kabupaten Manggarai ini.

 

Deki selanjutnya menjelaskan sejarah terbentuknya Kopkardios yang awalnya hanya untuk karyawan dioses (Keuskupan Ruteng), tepatnya pada tahun 1991 dengan 25 orang, dan jumlah dana tidak mencapai Rp 12 juta rupiah. "Tapi hari ini Kopkardios telah menmbukukan aset sebesar Rp 50 miliar dengan jumlah anggota lebih dari 11.000 orang  dengan latar belakang lintas agama, suku dan etnis ,” ungkap Deki.

 

Dia menegaskan, semangat yang dibangun di lingkungan Kopkardios adalah semangat perjuangan untuk mensejahterakan dunia dan manusia. “Salah satu terminologi kesuksesan sebuah koperasi ialah kesejahteraan para anggotanya. Lebih dari itu koperasi harus bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa,” katanya.

 

Sementara Petrus Lengi, Ketua Kopdit Boawae mengungkapkan, koperasi yang berdiri sejak 1974 di Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo ini telah melayani 15.016 anggota hingga saat ini dengan jumlah aset Rp 126 miliar.

 

"Saat berdiri pada tahun 1974, Kopdit Boawae bermodal 63 orang. Kami terus tumbuh dan diterima masyarakat. Kami targetkan akhir 2018 nanti anggota kami tembus 17.000 dan aset menyentuh Rp 130 miliar," ungkap Petrus yang juga menjabat Wakil Puskopdit Flores Mandiri ini usai seremoni peresmian. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _Elevated_ Akan Komisioning _Launcher Gantry_ untuk _Erection Steel Box Girder_

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.

Read more...