yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Korea Tawarkan Perluasan Akses Pembiayaan UMKM Indonesia

NUSA DUA, JURNAL IBUKOTA: Korea Selatan melalui Industrial Bank of Korea menawarkan perluasan akses pembiayaan bagi UMKM di Indonesia dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Mitigasi Bencana : Kepatuhan Pembangunan Sesuai Zonasi Tata Ruang Perlu Ditegakkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pentingnya masyarakat untuk bisa hidup harmonis dengan bencana. Terlebih Indonesia merupakan negara yang berada di cincin api sehingga rawan gempa bumi dan tsunami. 

Read more...

LPDB Akan Bantu Pembiayaan bagi Sekolah untuk Memiliki Komputer guna Menyukseskan UNBK

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan pihaknya akan membantu sekolah-sekolah untuk memiliki komputer melalui skema biaya operasional sekolah (BOS).BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan pihaknya akan membantu sekolah-sekolah untuk memiliki komputer melalui skema biaya operasional sekolah (BOS).

 

 

"Saya kira sudah tepat, kalau salah satu koperasi yang merupakan vendor Telkom yaitu Koperasi Pegawai Telkom (Kopegtel) yang cukup bagus, sehingga memungkinkan dana bergulir kepada Kopegtel," kata Dirut LPDB Braman Setyo seusai pertemuan dengan Jamkrindo di Hotel Ibis Transmart Bandung, Kamis (7/6/2018) malam.

 

Menurut Braman, dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 yang lalu, banyak sekolah yang belum memiliki komputer, sehingga ada siswa sekolah yang menumpang ujian di sekolah tetangganya.

 

"Kami akan menjadikan sekolah di kota Bandung sebagai pilot proyek untuk bantuan pembiayaan computer UNBK melalui dana bergulir," katanya.

 

Menurut Braman, apabila pilot proyek ini berhasil, bukannya tidak mungkin dilakukan hal yang sama ke berbagai sekolah di kota lainnya.

 

Menurut dia, program ini untuk membantu program Pemerintah di bidang Pendidikan. Pada saat UNBK yang lalu, banyak siswa yang diminta membawa komputer, padahal tidak semua siswa memiliki komputer.

 

"Sehingga sudah tepat kalau LPDB membiayai salah satu koperasi yang merupakan vendor Telkom," katanya.

 

Menurut dia, Kopegtel adalah koperasi yang cukup bagus, sehingga wajar apabila LPDB membiayai koperasi tersebut.

 

"Kemudian Kopegtel bekerja sama dengan koperasi-koperasi guru yang ada di sekolah-sekolah. Biaya pembelian komputer tersebut diambil dari dana BOS," ujarnya.

 

Menurut dia, Telkom akan menghitung berapa kebutuhan komputer di kota Bandung dan berapa kebutuhan biayanya dan bagaimana kemampuan Kopegtel untuk menyediakan komputer tersebut.

 

"Saya kira kalau membiayai pembelian komputer semua sekolah, tidak mungkinlah. Tapi kami ingin melihat analisa kelayakan usahanya. Ini merupakan momentum yang sangat bagus untuk menyediakan komputer bagi sekolah- sekolah dalam menyongsong UNBK tahun berikutnya," tambahnya.

 

Braman mengatakan proyek pengadaan komputer untuk UNBK merupakan proyek rintisan dalam pengadaan komputer untuk UNBK di Bandung.

 

"Ke depannya, pola ini akan kami terapkan ke berbagai kota lainnya," ujarnya lagi.

 

Koperasi Kopi

 

Dalam pertemuan Jamkrindo tersebut, kata Braman, ada Koperasi yang bergerak di bidang perkopian.

 

"Koperasi tersebut adalah BMT ITcon yang mempunyai 4.000 anggota yang 60% di antaranya adalah petani kopi dari Kabupaten Bandung. Saya kira sangat prospektif karena sesuai dengan misi LPDB untuk membiayai koperasi yang bergerak di sektor produktif," ujarnya.

 

Menurut Braman, pihaknya ingin membuat kelompok- kelompok yang bergerak di bidang perkopian.

 

"Nanti LPDB membiayai kelompok- kelompok tersebut dengan sistem tanggung renteng," tuturnya.

 

Dia mengatakan hasil produksi petani kopi akan dijual ke pembeli yang akan mengekspornya ke Maroko.

 

"Jadi pasarnya sudah ada. Nanti akan kita kerja samakan dengan BUMN. Nanti ada koperasi yang melakukan rousting (pengupasan kulit kopi). Nanti produknya akan dijual ke Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Sehingga mereka tidak sulit untuk memasarkannya," tuturnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Sambut Kepulangan Tim Relawan, Jasa Marga Siap Salurkan Bantuan Tahap ke-2 untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyambut kepulangan Tim Relawan Jasa Marga Peduli di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (11/10). Tim Relawan Jasa Marga Peduli tersebut baru saja menjalani tugas kemanusiaan di Palu, Sulawesi Tengah.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyambut kepulangan Tim Relawan Jasa Marga Peduli di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (11/10). Tim Relawan Jasa Marga Peduli tersebut baru saja menjalani tugas kemanusiaan di Palu, Sulawesi Tengah.

Read more...