yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Koperasi Edukarya Negeri Lestari, Semangat Berbagi Pendidikan

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pernah mendengar Wikikopi? Bagi banyak kalangan muda di Yogyakarta mungkin akrab dengan nama ini. Wikikopi adalah sekolah koperasi. Jangan membayangkan Wikikopi seperti sekolah formal dengan ruang- ruang kelas. Wikikopi diklaim sebagai sekolah berpikir yang terletak di sebuah kios di pojokan lantai 2, Pasar Kranggan, Yogyakarta.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Lakukan Upaya Tanggap Darurat Pascabencana Banjir di Sulawesi Tenggara

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya penanganan tanggap darurat pascabencana banjir yang menggenangi sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak awal Juni 2019 ini mengakibatkan kerusakan rumah warga, jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya. 

Read more...

Bantuan Wirausaha Pemula “Pecah Telor” di Kabupaten Kolaka Utara

Sejak tahun 2011 program bantuan untuk pengembangan Wirausaha Pemula (WP) diluncurkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, baru tahun 2018 Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara menerima kucuran bantuan pemerintah dalam rangka menumbuh kembangkan WP. LASUSUA, JURNAL IBUKOTA: Sejak tahun 2011 program bantuan untuk pengembangan Wirausaha Pemula (WP) diluncurkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, baru tahun 2018 Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara menerima kucuran bantuan pemerintah dalam rangka menumbuh kembangkan WP. 

 

 

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Permodalan, pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop dan UKM, Luhur Pradjarto di hadapan 54 pelaku usaha mikro penerima dana bantuan pemerintah untuk pengembangan usaha Wirausaha Pemula di Kabupaten Kolaka Utara. 

 

Luhur pun berpesan kepada para penerima bantuan agar memaksimalkan penggunaan dana untuk pengadaan peralatan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Luhur mengatakan dengan meningkatnya produktivitas diharapkan skala usaha UMKM juga dapat meningkat. 

 

“Saya berharap bantuan ini dapat dipergunakan sesuai peruntukannya agar memberikan manfaat bagi peningkatan usaha masing-masing,” kata Luhur Selasa (5/6/2018).

 

Wakil Bupati Kolaka Utara H. Abas, menyambut baik upaya Kemenkop dan UKM dalam memberikan dukungan kepada UKM di Kabupaten Kolaka Utara. Abas berharap, UKM agar tumbuh dan berkembang sehingga dapat menumbuhkan perekonomian lokal.

 

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kolaka Utara, Budi Raharjo, meminta kepada penerima bantuan WP agar kreatif dan mampu untuk mengembangkan usahanya. Untuk itu, pihaknya akan membentuk Tim Monitoring dan Evaluasi terhadap pemanfaatan bantuan yang telah diterima.

 

Sedangkan Ahmad (26), salah satu penerima yang usahanya sebagai pengrajin kayu merasa senang, proposalnya disetujui sehingga dapat memperoleh bantuan. Dengan memanfaatkan limbah kayu, Ahmad bisa mendapat tambahan sekitar Rp 4 juta per bulan. 

 

Ahmad akan menggunakan dana bantuan untuk membeli peralatan-peralatan pembuatan kerajinan kayu seperti mesin amplas, mesin bor, dan mesin serut. Dengan demikian ia optimis pendapatan yang diperoleh akan meningkat.

 

“Karena peralatan/mesin yang diangan-angankan akan segera dimiliki, tegas Ahmad.

 

Potensi perkebunan cengkeh, juga dimanfaatkan oleh Wahyu (28), penerima bantuan lainnya. Dengan mengolah sekitar 300 kg daun cengkeh pilihan melalui proses penyulingan secara sederhana menjadi minyak cengkeh telah menghasilkan keuntungan bersih sekitar Rp 2 juta per pekan. 

 

“Dana bantuan pemerintah yang diperoleh akan dipergunakan untuk membeli peralatan penyulingan mini sehingga daun cengkeh yang disuling akan lebih banyak,” kata Wahyu. (Agus)

 

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung, Denpasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, pasar modern, hingga Mal.

 

"Oleh karena itu, dengan program revitalisasi pasar, saya berharap pasar tradisional atau pasar rakyat bisa dikelola dengan manajemen yang baik dan bagus. Kebersihan pasar, termasuk kebersihan para pedagangnya, harus tetap dijaga. Jangan sampai becek, kotor, dan bau", tegas Presiden Jokowi saat meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3/2019).

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Dukung Kementerian BUMN: Djakarta Lloyd Berangkatkan 600 Pemudik

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perusahaan pelayaran nasional, PT Djakarta Lloyd (Persero), hari ini (31/5) kembali memberangkatkan 600 pemudik secara gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, dengan mengerahkan 11 unit armada bus yang diberangkatkan dari Kawasan Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.  

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Jasa Marga Tempati Peringkat 28 Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 _brand_ dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.

Read more...