yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pembangunan Bendungan Logung Kudus Rampung, Siap Digenangi Air pada Akhir November 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018. Bendungan ini merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2015-2019 untuk mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional. 

Read more...

Dekranas Siap Dukung UMKM Manfaatkan Momentum Asian Games untuk Pasarkan Produk Lokal

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla menyatakan pihaknya siap mendukung para pelaku UMKM memanfaatkan momentum Asian Games untuk memasarkan produk lokal terbaik mereka.PALEMBANG, JURNAL IBUKOTA: Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla menyatakan pihaknya siap mendukung para pelaku UMKM memanfaatkan momentum Asian Games untuk memasarkan produk lokal terbaik mereka.

 

 

Mufidah Kalla secara resmi membuka "Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional dan Tim Penggerak PKK Kota Palembang", Jumat (11/5/2018).

 

Mufidah menyampaikan dia memandang penting untuk mengembangkan UMKM yang ada di Sumsel, hal itu mengingat potensi produk kerajinan yang ada di masa mendatang dengan kualitas yang berdaya saing.

 

Terlebih kerajinan membuat Songket, ujar dia, adalah kerajinan yang telah diwariskan secara turun-temurun itu memiliki berbagai keunggulan yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat setempat.

 

“Sektor UKM masih memiliki keterbatasan permodalan, pemasaran dan sarana promosi, maka perlu sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan pemasaran serta meningkatkan mutu dan kualitas produk lokal daerah,” papar dia.

 

Pada kesempatan yang sama Bintang Puspayoga Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas menyampaikan ada kendala masih lemahnya daya saing hasil kerajinan dan kendala desain produk, oleh karena itu pihaknya akan melakukan bimbingan untuk meningkatkan hasil usaha yang mampu berdaya saing tinggi.

 

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pelaku usaha di Sumsel,” pungkasnya.

 

Dalam sinergi tersebut juga ketemu dengan para pelaku perajin songket Sumsel di Gedung Griya Agung. Intan salah satu  perajin songket mengatakan saat ini kendala yang dihadapi perajin adalah ketersediaan bahan baku. 

 

Menurut dia, bahan baku perajin untuk benang emas dan sutera masih bergantung impor dari China.

 

Dekranas, ujar Bintang Puspayoga, akan mengomunikasikan dengan Disperindag untuk memfasilitasi hal tersebut. Pihaknya berpesan agar perajin songket di Palembang membuat koperasi songket. 

 

"Untuk sementara kita masih impor dari China, tapi kita tidak boleh ketergantungan dari impor. Pengolahan dari bahan baku alam kita sudah lakukan, seperti perajin tenun Tuban yang menggunakan bahan baku lokal seperti kapas, bahan pewarna alam, dan kekhasan motifnya,” sebutnya.

 

Sementara itu, Gubenur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin mendorong kepada 30 ribu pelaku UKM Palembang untuk turut memasarkan produk kerajinan terbaiknya dalam momentum Asian Games 2018.

 

Sebabnya, perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut diikuti oleh 45 negara, lebih dari 40 ribu atlet, official dan 13 cabang olahraga yang akan berlaga di Jakabaring Sport Center. 

 

Dalam kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dekranas dan Tim Penggerak PKK ini juga dibahas meliputi Konsultasi dan Pemberkasan Standarisasi Mutu dan Sistem Mutu Produk KUMKM yang potensial ekspor, Temu konsultasi kemitraan usaha KUMKM berbasis rantai/nilai pasok, dan Pelatihan Perkoperasian.

 

Selain itu sejumlah kegiatan lain pun digelar di antaranya Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Vokasional bagi SDM KUMKM, dan Sosialisasi dana bergulir bagi koperasi dan UKM. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Ini Rencana Aksi Kemenhub Urai Kepadatan Tol Jakarta-Cikampek

Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).CIKARANG, JURNAL IBUKOTA: Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).

Read more...