yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Lakukan Sinergitas Kegiatan Pemulihan UMK Pasca Bencana di Provinsi NTB dan Sulteng

MATARAM, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM melakukan sinergitas kegiatan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng dan Nusa Tenggara Barat (NTB) guna pemulihan usaha bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di kedua provinsi tersebut, yang terdampak gempa bumi (NTB) dan bencana tsunami likuifasi dan gempa bumi (Sulteng).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dukung Program Citarum Harum, Kementerian PUPR Intensifkan Pembangunan Infrastruktur

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan keberhasilan Program Citarum Harum memerlukan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat.

Read more...

Firmansyah: Dinas Koperasi UKM Kota Tasikmalaya Ingin Mendapat Bimtek tentang KUR dan IUMK

Kepala Dinas Koperasi UKM, Desa Tertinggal, dan Perindag Kota Tasikmalaya HM Firmansyah mengatakan pihaknya ingin mendapat bimbingan teknis (Bimtek) kredit usaha rakyat (KUR) dan IUMK dari Kementerian Koperasi UKM.TASIKMALAYA, JURNAL IBUKOTA : Kepala Dinas Koperasi UKM, Desa Tertinggal, dan Perindag Kota Tasikmalaya HM Firmansyah mengatakan pihaknya ingin mendapat bimbingan teknis (Bimtek) kredit usaha rakyat (KUR) dan IUMK dari Kementerian Koperasi UKM.

 

 

"Beberapa bulan lalu, kami diminta menyiapkan 50 orang untuk menjadi peserta Bimtek KUR dan IUMK oleh pihak Kementerian Koperasi dan UKM. Kami sudah siapkan peserta dan tempat acara. Namun tiga hari menjelang pelaksanaan, acara dibatalkan karena ada acara yang lebih besar di Manokwari, Papua," kata Kepala Dinas Koperasi UKM, Desa Tertinggal, dan Perindag Kota Tasikmalaya HM Firmansyah kepada media di Tasikmalaya, Kamis (29/3/2018). Dalam penjelasan tersebut, Firmansyah didampingi Kepala Seksi Usaha Mikro Teti Rahmawati Chandra.

 

Menurut Firmansyah, sampai sekarang belum ada kabar, apakah acara Bimtek KUR dan IUMK tersebut jadi dilaksanakan atau tidak.

 

"Kami sangat berharap kegiatan Bimtek KUR tersebut jadi dilaksanakan di Kota Tasikmalaya, karena kami baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala Dinas dan Staf kami juga baru ditempatkan di sini," katanya.

 

Menurut dia, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia (SDM) menjadi kendala dalam menggalakkan KUR kepada Koperasi dan UKM di wilayahnya.

 

Firmansyah mengatakan di kota Tasikmalaya terdapat sedikitnya 270 koperasi, sedangkan koperasi yang aktif sebanyak 115 koperasi.

 

Menurut dia, Peraturan Walikota (Perwal) yang mengatur tentang kewenangan kecamatan untuk menyetujui perizinan izin usaha mikro kecil (IUMK) baru sepekan ini keluar.

 

Sehingga pihak kecamatan juga masih belum yakin untuk menerbitkan perizinan tersebut.

 

"Kendala lainnya, tenaga SDM di kecamatan juga belum sesuai standar yang dibutuhkan, apa lagi sinyal internet di daerah pinggiran masih kurang baik. Sehingga untuk mengunggah maupun mengunduh file yang diperlukan masih sangat lamban," katanya.

 

Menurut Firmansyah, dalam ketentuan KUR disebutkan bahwa syarat untuk memperoleh KUR adalah adanya IUMK. Namun berdasarkan pengecekannya, ternyata mereka bisa memperoleh KUR hanya dengan surat keterangan usaha (SKU).

 

"Pihak bank kurang konsisten dalam menerapkan persyaratan IUMK tersebut," tuturnya.

 

*KUR di Tasikmalaya*

 

Asisten Manager Bisnis Mikro Bank BRI Kota Tasikmalaya Yusuf Qodar mengatakan pada 2017 pihaknya menyalurkan KUR Mikro sedikitnya Rp 478,13 miliar kepada 33.264 debitur.

 

"Angka tersebut 107% dibandingkan dengan target yang sebesar Rp 447 miliar," tuturnya.

 

Menurut Yusuf, pada 2018 pihaknya akan menyalurkan kredit KUR Mikro sedikitnya Rp 599,472 miliar dan KUR TKI sebesar Rp 800 juta.

 

"Jadi total penyaluran kredit KUR Mikro dan KUR TKI dari BRI Tasikmalaya sebesar Rp 600,272 miliar," ujarnya.

 

Menurut dia, KUR Mikro yang sudah disalurkan sampai dengan bulan Februari 2018 mencapai Rp 94,71 miliar kepada 6.059 debitur.

 

"Kami optimistis bisa menyalurkan KUR sebesar Rp 600,272 miliar," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kunjungi Tol Trans Jawa, Komisi VI DPR RI Tekankan Soal Sosialisasi Tarif

Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. SOLO, JURNAL IBUKOTA: Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. 

Read more...