yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Diharapkan Fokus pada Upaya Reformasi Total

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM diharapkan fokus pada upaya reformasi total koperasi termasuk memperbaiki kelembagaan koperasi yang ada.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

17.500 Rumah MBR di Kota Padang Manfaatkan Program Hibah Air Minum Kementerian PUPR

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya terus berupaya meningkatkan cakupan pelayanan air bersih  di Indonesia. Pada tahun 2014, cakupan air bersih di Indonesia 68% dan berhasil meningkat sebesar 73,6% pada 2018. Tahun 2019 ditargetkan cakupan layanan air bersih mencapai 76,2%. 

Read more...

Kementerian PUPR Laksanakan Padat Karya Tunai Irigasi Kecil di 43 Desa di Cirebon

Program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus bergulir. Tahun 2018, program PKT dianggarkan Rp 11,28 triliun yang akan melibatkan 280.288 orang dengan porsi belanja upah pekerja mencapai Rp 2,42 triliun. CIREBON, JURNAL IBUKOTA: Program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus bergulir. Tahun 2018, program PKT dianggarkan Rp 11,28 triliun yang akan melibatkan 280.288 orang dengan porsi belanja upah pekerja mencapai Rp 2,42 triliun. 

 

 

Sejak dimulai awal tahun 2018, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah meninjau 9 lokasi Padat Karya PUPR secara berturut-turut mulai dari Tegal, Tasikmalaya, Lampung Selatan, Musi Banyuasin, Dharmasraya, Tanah Datar, Seram Bagian Barat, Gowa dan Tabanan. Untuk kunjungan kesepuluh, pada Minggu (11/3/2018), Presiden Jokowi meninjau Desa Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon yang melaksanakan PKT irigasi kecil dan jalan produksi. 

 

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa PKT di Desa Kempek utamanya berupa pembangunan jalan produksi dan peningkatan saluran irigasi yang kita harapkan bisa mengalirkan air ke sawah secara maksimal. 

 

“Upah yang diberikan sebesar Rp 100 ribu untuk tukang dan Rp 80 ribu untuk pembantu tukang. Selain memperbaiki jalan produksi dan irigasi, yang paling penting bisa menambah daya beli masyarakat di desa dan daerah sehingga tingkat konsumsi juga akan naik,” jelas Presiden Joko Widodo. 

 

Tampak ikut serta dalam peninjauan tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

 

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jumlah PKT irigasi kecil se Indonesia yakni 5.000 lokasi dengan anggaran per lokasinya Rp 225 juta.  “PKT bertujuan untuk mendistribusikan uang ke desa tetapi dengan cara bekerja (membangun infrastruktur yang akan meningkatkan produktivitas),” jelasnya. 

 

PKT irigasi kecil di Desa Kempek merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3TGAI) dilaksanakan dengan pembuatan saluran irigasi kecil sepanjang 590 meter dengan anggaran Rp 225 juta. Luas area sawah 85 ha yang merupakan bagian dari daerah irigasi Jamblang dengan luas 2.272 ha. 

 

Pekerja yang terlibat 112 orang yang merupakan anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Swasembada dengan masa kerja 60 hari. 

 

Di Kabupaten Cirebon, Kementerian PUPR melaksanakan PKT irigasi kecil di 43 desa  dengan anggaran Rp 9,45 miliar. 

 

PKT jalan produksi merupakan program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew). Pembuatan jalan produksi sepanjang 800 meter dengan anggaran Rp 600 juta bersumber dari Ditjen Cipta Karya. Pekerjaan dilakukan selama 3 bulan oleh 20 orang setiap harinya. 

 

Di Desa Kempek juga terdapat PKT bedah rumah sebanyak 40 unit dengan anggaran Rp 600 juta. Untuk Kabupaten Cirebon PKT bedah rumah dilakukan di 19 desa berjumlah 782 unit dengan tenaga kerja 19.550 hari orang kerja. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 11,73 miliar.

 

Untuk PKT pemeliharaan jalan di Cirebon sebesar Rp 5,5 miliar berupa pembersihan rumput, drainase dan pengecatan bahu jalan. 

 

Turut mendampingi Menteri Basuki yakni Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Agung Djuhartono, Direktur Rumah Swadaya Johny F. Subrata, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Bob Arthur Lambogia dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja. (***) 

 

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) Jalani Uji Laik

Setelah beroperasi secara fungsional pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) menjalani uji laik pada tanggal 10 dan 11 Januari 2019. Uji laik ini merupakan kewajiban sebelum suatu ruas tol resmi beroperasi penuh.TEBING TINGGI, JURNAL IBUKOTA: Setelah beroperasi secara fungsional pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) menjalani uji laik pada tanggal 10 dan 11 Januari 2019. Uji laik ini merupakan kewajiban sebelum suatu ruas tol resmi beroperasi penuh.

Read more...