yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Fasilitasi 18 KUKM Potensial Ekspor untuk Ikut TEI 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk  berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung 24-28 Oktober di ICE BSD Tangerang.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pembangunan Bendungan Sidan, Tiga Dihaji, dan Bener Dimulai

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan pada periode 2015-2019. Selain bendungan, Kementerian PUPR juga menargetkan pembangunan 1.088 embung di berbagai wilayah di Indonesia.  

Read more...

Strategi Pemasaran Produk UKM Indonesia Harus Menyerang Pasar Global

Menghadapi gempuran produk impor, pelaku UMKM Tanah Air dituntut membuat strategi menyerang. Di samping harus mempertahankan produk UMKM dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk impor, pelaku usaha juga harus menggempur pasar global.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menghadapi gempuran produk impor, pelaku UMKM Tanah Air dituntut membuat strategi menyerang. Di samping harus mempertahankan produk UMKM dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk impor, pelaku usaha juga harus menggempur pasar global.

 

 

Pernyataan itu dikemukakan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik dalam acara Focus Group Discussion, dengan tema “Produk UMKM Dalam Gempuran Produk Impor di Pasar Global” di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

 

“Ada dua hal kalau kita melihat gempuran produk impor.  Artinya kalau main bola itu posisinya bertahan, padahal pertahanan terbaik dalam sepakbola itu adalah menyerang,” kata Damanik.

 

Damanik mengatakan gempuran produk impor  ke dalam negeri mulai ramai terjadi ketika dibuka pasar perdagangan bebas pada tahun 2016. Momentum ini menjadi tantangan bagi pelaku UMKM Indonesia supaya bagaimana bisa merebut pasar global. 

 

“Ketika MEA dibuka pasar yang ingin kita serang itu ada 600 ribu di luar sana. Sedangkan di dalam tetap harus kita pertahankan. Gempuran produk itu tidak hanya bertahan tetapi perlu juga menyerang ke pasar lain,” tandasnya.

 

Hanya saja, menurut Damanik agar bisa diterima di pasar global, produk UMKM harus terlebih dahulu go modern. Pertama dengan memperhatikan aspek kualitas dan kuantitas produk, serta memanfaatkan sarana teknologi informasi (IT) dalam melakukan kegiatan pemasaran. 

 

“Setelah itu, baru masuk go online. Dengan begitu, produk UMKM kita bisa go global, yang lebih penting harus dikelola dalam pendataan yang besar,” ujar Damanik.

 

Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmad Handoyo saat menjadi pembicara dalam FGD tersebut, mengatakan e-commerce merupakan sarana yang mudah bagi pembeli maupun penjual untuk bertransaksi melakui sistem jaringan internet. E-commerce juga dapat menjangkau pasar yang sangat luas. 

 

“Hanya dengan bantuan jangkauan internet, e-commerce dapat menaklukan pasar lebih luas,” kata Handoyo.

 

Namun, langkah yang harus disiapkan dalam mengembangkan UMKM melalui e-commerce, yakni dengan meningkatkan daya saing, serta untuk mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan IT, dan mengembangkan website.

 

“Permasalahan UMKM dalam memperluas akses pasar dan menembus pasar ekspor bisa diatasi dengan menggunakan e-commerce. Jangkauan media internet yang sangat luas menjadi peluang bagi UMKM untuk menembus pasar internasional,” tukas dia.

 

Di tempat yang sama, Ketua Umum Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo), Pendi Yusuf mengungkapkan bahwa perkembangan UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan sehingga menyebabkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Antara lain soal keterbatasan infrastruktur dan akses  pemerintah terkait dengan perizinan.

 

“Meskipun UMKM dikatakan mampu bertahan dari adanya krisis global, namun pada kenyataannya permasalahan-permasalahan yang dihadapi sangat banyak dan lebih berat,” ungkap Pendi. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Bersinergi Membangun Jalan Tol Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang Merak) Krist Ade Sudiyono terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI). Sebagai Sekjen ATI Krist berkolaborasi dengan Desi Arryani Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai Ketua Umum ATI dalam kepengurusan periode 2018-2023.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Pembebasan Lahan dan Konstruksi Hampir Rampung, Jalan Tol Batang-Semarang Siap Beroperasi Awal Tahun Depan

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), adalah kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol Batang-Semarang, sepanjang 75 km. Hingga awal Oktober 2018, pengerjaan konstruksi jalan tol tersebut mencapai 92,95%, sedangkan pembebasan lahannya mencapai 89,36%.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA: PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), adalah kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol Batang-Semarang, sepanjang 75 km. Hingga awal Oktober 2018, pengerjaan konstruksi jalan tol tersebut mencapai 92,95%, sedangkan pembebasan lahannya mencapai 89,36%.

Read more...