yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Peresmian Kampung Nelayan Teknologi Warnai Baksos Dharma Pertiwi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Peresmian Kampung Nelayan Teknologi di Tanjung Kait desa Tanjung Anom Kec Mauk kab Tangerang, mewarnai bakti sosial Darma Pertiwi Pusat yang dilakukan oleh ketua umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahyanto, Senin (17/12/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tingkatkan Konservasi Lahan dan Air, Kementerian PUPR Tanam 126 Ribu Pohon

JATIGEDE, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong implementasi infrastruktur hijau untuk merespon deforestasi hutan dan lahan, sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air. 

Read more...

Muhadjir: Pada 2019 Anggaran untuk Pendidikan Kesenian melalui DAK

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan pada 2019 alokasi anggaran untuk pendidikan kesenian akan disalurkan melalui dana alokasi khusus.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan pada 2019 alokasi anggaran untuk pendidikan kesenian akan disalurkan melalui dana alokasi khusus.

 

 

"Pada 2019 dana tersebut langsung disalurkan ke daerah dan sekolah yang mendapat anggaran kesenian," kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika membuka workshop bantuan pemerintah fasilitasi Saar Kesenian di Satuan Pendidikan tahun 2017, di Jakarta, Rabu (7/3/ 2018).

 

Menurut dia, dengan adanya Undang-undang No 5/ 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan maka sudah ada payung hukum untuk memajukan kebudayaan.

 

"Operasional pemajuan kebudayaan itu ditangani oleh Kemendikbud, sedangkan koordinasinya di bawah Kemenko PMK," katanya.

Muhadjir berharap anggaran kebudayaan itu dapat diberikan eksklusif untuk Kebudayaan, tidak numpang di anggaran pendidikan.

 

Menurut dia, Kemendikbud melalui Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan bantuan pemerintah fasilitasi sarana kesenian di satuan pendidikan setiap tahun sejak tahun 2012.

 

"Bantuan pemerintah fasilitasi sarana kesenian di satuan pendidikan dimaksudkan untuk membantu sekolah dalam melengkapi sarana prasarana kesenian sebagai penunjang pembelajaran di sekolah dan mengenalkan kesenian tradisional," ujarnya.

 

Dengan demikian, katanya, tumbuh sikap apresiasi bagi siswa terhadap kesenian tradisional.

 

"Selain itu juga sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan kesenian tradisional dan perlindungan kekayaan budaya yang dimulai dari dunia pendidikan sekolah," tambahnya.

 

Menurut dia, pemberian bantuan pemerintah fasilitasi sarana kesenian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan kondisi bahwa sarana prasarana untuk berkesenian yang tersedia di sekolah saat ini masih sangat kurang, khususnya kesenian tradisional.

 

"Sementara sekolah merupakan entitas pendidikan dan pembudayaan yang ideaalnya memiliki sarana prasarana memadai dan juga memiliki tenaga pengajar seni yang kompeten," tambahnya.

 

Menurut dia, bantuan pemerintah fasilitasi sarana kesenian di satuan pendidikan pada tahun 2018 ini merupakan tahun ke-7 dan total satuan pendidikan yang sudah terfasilitasi sebanyak 4.300 sekolah.

 

"Angka tersebut sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah sekolah pada tingkat pendidikan dasar dan menengah sebanyak lebih dari 200.000 di seluruh Indonesia," katanya.

 

Menurut dia, tentu hal itu merupakan tugas berat manakala beban itu hanya dibebankan kepada pemerintah dalam hal ini Dit Kesenian Ditjen Kebudayaan. (Agus)

primi sui motori con e-max

Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kenalkan Jalan Tol Batang-Semarang, PT JSB Lakukan Sepeda Santai

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). SEMARANG, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). 

Read more...