yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Industri Kentang Lewat Koperasi

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Petani Kentang Melalui Penguatan Koperasi, di Kota Bogor, Selasa (20/2).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Menerima Herman Johannes Award 2018

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Read more...

Agung: Koperasi Harus Fokus pada Pengembangan Bisnis

Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Agung Sudjatmoko mengatakan koperasi harus fokus pada pengembangan bisnis.BANDAR LAMPUNG, JURNAL IBUKOTA: Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Agung Sudjatmoko mengatakan koperasi harus fokus pada pengembangan bisnis.

 

"Karena maju mundurnya koperasi ditentukan oleh kemajuan pengembangan bisnisnya," kata  Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Agung Sudjatmoko di sela-sela peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 Tingkat Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Rabu (9/8/ 2017).

Menurut Agung, ada empat hal yang berpengaruh terhadap kemajuan koperasi, yang pertama  adalah perbaikan manajemen, karena kepercayaan anggota terhadap koperasi adalah adanya sarana prasarana yang dimiliki oleh koperasi.

"Itu hanya dapat dilakukan dengan menggunakan  manajemen modern," katanya.

Yang tak kalah pentingnya adalah konsolidasi usaha koperasi, melalui aplikasi dan teknologi informasi.

Yang keempat adalah kerja sama antar koperasi dengan membangun network, karena salah satu yang bisa menghasilkan profit bagi koperasi diperoleh dari kerja sama antar koperasi.

"Koperasi yang kecil-kecil harus dibangun dengan empat hal tersebut yang sudah dimulai oleh Dekopin. Kami sudah meluncurkan aplikasi dan IT-nya. Dalam kerja sama itu terdapat 32 koperasi yang beranggotakan sekitar 200.000 orang dan sudah tergabung dalam jaringan Cooplink itu," ujarnya.

Menurut Agung, dengan mengikuti kerja sama IT dan aplikasi, seorang anggota koperasi A, bisa berbelanja ke Koperasi B yang sudah bergabung ke Cooplink.

"Jadi tidak perlu mencari anggota sebanyak- banyaknya," tambahnya.

Anggota Koperasi A bisa berbelanja ke koperasi B, Koperasi C dan seterusnya yang sudah tergabung ke Cooplink.

"Mengenai Sisa Hasil Usaha (SHU) tidak terpengaruh, yang terpengaruh adalah fee base. Misalnya fee base-nya Rp 1.000 dibagi dua antara koperasi yang menjual produk dan koperasi yang anggotanya membeli produk tersebut," ujarnya.  (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Raih Herman Johannes Award 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...