yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM Dorong Koperasi Memanfaatkan Pembiayaan UMi

LOMBOK, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, AAGN  Puspayoga mendorong para Gubernur, Bupati, dan Kepala Dinas terkait agar koperasi di wilayahnya memanfaat pembiayaan atau kredit ultra mikro (UMi). Dengan mengakses kredit berbunga sangat rendah ini diharapkan koperasi semakin maju dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mengurangi angka kemiskinan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi: Pemerintah Tahun Depan Akan Bangun 300 Unit Jembatan Gantung

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan.

Read more...

Agung: Koperasi Bisa Jadi Solusi Optimalkan Dana Desa

Munculnya kebijakan dana desa memberikan angin segar untuk pembangunan masyarakat desa. Namun, sayangnya ada banyak penyimpangan penggunaan dana desa untuk keperluan di luar pemberdayaan rakyat desa dan sebagian dikorupsi oleh oknum pemerintah di daerah dan desa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Munculnya kebijakan dana desa memberikan angin segar untuk pembangunan masyarakat desa. Namun, sayangnya ada banyak penyimpangan penggunaan dana desa untuk keperluan di luar pemberdayaan rakyat desa dan sebagian dikorupsi oleh oknum pemerintah di daerah dan desa.

 

Penggelontoran dana ke desa sejak tahun 2015 dimulai sebesar Rp 20,76 triliun (untuk 74.093 desa), tahun 2016 sebesar Rp 46,98 triliun (untuk 74.754 desa) dan 2017 sebesar Rp 60 triliun (untuk 74.954 desa). Bahkan direncanakan dana desa tahun 2018 sebesar Rp 120 triliun.

“Angka yang sangat besar untuk alokasi anggaran pembangunan di desa. Jika dana ini dilaksanakan dengan baik untuk peningkatan infrastruktur desa, operasional pembangunan desa, program dana bergulir maka akan mempercepat pembangunan desa sesuai dengan Nawacita Presiden yang ketiga membangun Indonesia dari pinggiran,” kata Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko, Jumat (11/8).

Agung mengatakan perlu solusi perubahan sistem alokasi penggunaan dana desa. Ada empat langkah yang bisa dilakukan, yaitu 1) pecah sistem penyaluran menjadi 4 bagian yaitu untuk pembangunan infrastruktur desa, pendidikan pelatihan, operasional dan modal bergulir di pedesaan, 2) masing-masing bagian di atas dimasukkan ke rekening institusi yang berbadan hukum di desa sesuai dengan peruntukan, 3) lakukan pengawasan penggunaan anggaran secara demokratis dengan melibatkan rakyat desa.

Khusus untuk modal bergulir Dekopin menganjurkan agar pemerintah menggunakan instrumen koperasi untuk menyelamatkan dan mengoptimalkan dana desa.

“Kenapa harus menggunakan koperasi, karena dengan koperasi dana desa tersebut dapat digulirkan ke kelompok sasaran di desa. Masyarakat desa tercatat sebagai anggota, koperasi di desa yang ditunjuk mempunyai syarat koperasi yang sehat dan akuntabilitas penggunaan dana desa di koperasi akan dipertanggung jawabkan dengan mekanisme yang jelas di rapat anggota. Semua kemajuan, perkembangan dan permasalahan diungkap secara umum pada rapat anggota. Dengan demikian dana desa tersebut dapat digunakan secara optimal,” jelas Agung.

Dekopin, dikemukakan, siap untuk membangun transparansi penggunaan dana desa khususnya untuk alokasi modal bergulir pemberdayaan masyarakat desa selama koperasi diberi peran yang benar dan proporsional untuk mengurai carut marut masalah dana desa. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Krinjing

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. “Pembangunan jembatan gantung di perdesaan sangat penting artinya untuk menggerakkan potensi masyarakat dan mempermudah warga dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” kata Presiden Joko Widodo seusai menandatangani prasasti peresmian dua jembatan gantung yakni Jembatan Mangunsuko dan Krinjing di Kabupaten Magelang, Senin (18/9/2017). Dalam acara tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggota Komisi V DPR Soedjadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta ribuan warga Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kab. Magelang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementan Minta Peternak Terapkan Kesrawan dalam Budidaya Ternak Sapi Potong

BANDA ACEH, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan produksi sapi eks impor yang dipelihara oleh kelompok peternak di Provinsi Aceh, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Drh. I. Ketut Diarmita, MP meminta kepada peternak agar menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (Kesrawan) dalam budidaya ternak sapi potong.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera Secara Bertahap Terapkan 100% Pembayaran Non Tunai

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).MEDAN, JURNAL IBUKOTA: Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Read more...