yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Industri Kentang Lewat Koperasi

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Petani Kentang Melalui Penguatan Koperasi, di Kota Bogor, Selasa (20/2).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Menerima Herman Johannes Award 2018

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Read more...

2018 Kemenkop dan UKM Targetkan Seluruh Koperasi Harus RAT

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan keseriusannya untuk membenahi koperasi di seluruh Tanah Air melalui program reformasi total koperasi. Mulai tahun 2018, seluruh koperasi diharuskan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai syarat disebut koperasi sehat.BANDUNG JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan keseriusannya untuk membenahi koperasi di seluruh Tanah Air melalui program reformasi total koperasi. Mulai tahun 2018, seluruh koperasi diharuskan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai syarat disebut koperasi sehat.

 

"Karena RAT itu mencerminkan tidak hanya aktif, tapi partisipasi anggota berkontribusi kepada koperasi itu sendiri," ujar Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram dalam pembukaan Cooperative Fair ke-14 tahun 2017 di Bandung, Jabar, Kamis (10/8/2017).

Program reformasi total koperasi yaitu rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan dicanangkan sejak Menteri Koperasi dan UKM dijabat oleh Puspayoga. Program ini dibarengi dengan pembubaran terhadap koperasi yang hanya tinggal papan nama.

Hingga saat ini sebanyak 43 ribu koperasi yang sudah dibubarkan sebagai bentuk pengembangan koperasi. Dan sekarang masih ada 150 ribu koperasi. 75 ribu di antaranya yang sehat dan 75 ribu sisanya sakit. Yang sakit terus diperbaiki supaya koperasi bagus sehat berkualitas dan bisa meningkatkan PDB.

"Pesan Pak Menteri supaya sisanya 150 ribu itu dibina. Target kami pada 2018 koperasi sudah harus RAT bila tidak terpaksa diambil tindakan tegas," tandas Agus.

Yang diberikan award itu Pemerintah  daerahnya dan bagi koperasi yang melaksanakan RAT akan diberikan NIK

"Kami akan memberikan award pada saat kami menggelar Rapat Koordinasi Nasional pada bulan Desember atau Januari, kepada koperasi yang telah melaksanakan RAT," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menyampaikan terima kasih kepada para stakeholders terutama Kemenkop dan UKM dalam memberikan dukungan terhadap pengembangan koperasi di Jabar.

Ia mengakui kontribusi koperasi dan UKM turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, mengatasi kemiskinan dan pengangguran serta memperkecil angka kesenjangan sosial.

"Harusnya kita bisa lebih berkembang agar berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan kesenjangan dapat dipangkas," ungkap Deddy.

Tahun ini 4 koperasi Jawa Barat menerima penghargaan dari pemerintah yang diserahkan langsung dari Presiden Jokowi pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 Tahun 2017 di Makassar, yakni KSP Rukun Mekar, KPRI Sasakadana, KUD Sawargi, dan KPBS Pangalengan.

Tidak hanya itu, tiga tokoh Jabar juga diganjar penghargaan, masing-masing Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher), Wagub Jabar Deddy Mizwar, dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jabar Netty Prasetiyani Heryawan.

Aher meraih penghargaan sebagai Tokoh Utama Penggerak Koperasi Tahun 2017, sedangkan Deddy Mizwar meraih penghargaan Tanda Kehormatan "Satyalancana Pembangunan" Bidang Koperasi. Kemudian Netty menerima Tanda Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. (Agus).

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Raih Herman Johannes Award 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...