yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Bersama IBM Sasar Perempuan dan Disabilitas

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan IBM menggelar pemasyarakatan dan pelatihan kewirausahaan bagi para perempuan dan penyandang disabilitas. Pelatihan bagi perempuan dan penyandang disabilitas penting karena merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Kuningan Mampu Menampung 25 juta m3, Sumber Irigasi dan Air Baku Baru di Pantura Jawa

CIREBON, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Cirebon untuk mengecek perkembangan proyek strategis bidang sumber daya air yang tengah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jumat (20/10/2017).

Read more...

Kemenkop UKM Dorong KWIQ Jadi Model Koperasi Diaspora Indonesia

Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, mendorong Koperasi Warga Indonesia Qatar (KWIQ) menjadi model pengembangan koperasi yang beranggotakan para WNI di luar negeri (diaspora).DOHA, JURNAL IBUKOTA. COM: Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, mendorong Koperasi Warga Indonesia Qatar (KWIQ) menjadi model pengembangan koperasi yang beranggotakan para WNI di luar negeri (diaspora).

 

Hal itu diungkapkan Meliadi saat dirinya bersama Asisten Deputi Keanggotaan Koperasi, Kemenkop UKM Salekan memberikan pengarahan kepada anggota KWIQ di hotel Intercontanental, Doha, Qatar, Jumat (16/6/2017) waktu setempat.

"Diharapkan dapat dijadikan contoh bagi para diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara," kata Meliadi.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut Meliadi memberikan pengarahan, agar KWIQ dikelola secara profesional, oleh orang-orang yang memiliki kompetensi bidang perkopersian dan bisnis, sehingga usahanya fokus dan dengan system yang baik.

Disampaikan bahwa koperasi menjadi pilihan diaspora Indonesia, karena koperasi dianggap sebagai badan hukum dan badan usaha yang sesuai. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah bahwa koperasi dibangun berdasarkan kekuatan anggota minimal 20 orang.

"Saat ini WNI di Qatar di perkirakan berjumlah sekitar 30.000 orang, dan diharapkan sedikitnya 600 orang bisa menjadi anggota KWIQ secara bertahap," harapnya.

KWIQ dibentuk pada 26 Juni 2016 oleh komunitas diaspora Indonesia di Qatar dan baru pada bulan Februari 2017 resmi disahkan. Pendirian koperasi ini menjadi sarana untuk mensejahterakan anggota dan rakyat Indonesia pada umumnya serta menjadi "networking dan bridging" bagi pelaku usaha di Indonesia dan Qatar.

Koperasi yang dimotori Indonesian Business Asscociation in Qatar (IBAQ) serta difasilitasi dan didukung KBRI Doha itu menjadi wadah untuk mengintegrasikan komunitas diaspora dan pelaku usaha Indonesia yang memiliki usaha di Qatar.

Core bisnis atau bisnis inti yang dijalankan koperasi ini yakni di bidang usaha jasa (perdagangan/retail, tourism, manpower supply), pariwisata, dan ekspor-impor.

Sebagai langkah awal dimulainya pengembangan usaha retail Meliadi bersama Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi akan meresmikan minimarket baru milik koperasi pada Sabtu, 17 Juni 2017 di Doha.

Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi mengapresiasi pembentukan koperasi guna meningkatkan diplomasi ekonomi kedua negara khususnya dalam rangka peringatan hubungan diplomatik RI-Qatar

Menurut Dubes Basri, koperasi harus bermanfaat bagi komunitas diaspora dengan memanfaatkan peluang kebijakan look east policy yang diterapkan Qatar. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Akses Keluar via GT Karawang Barat 2 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kembali Normal

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.

Read more...